11 Manfaat Jagung Giling Untuk Ayam Aduan

Manfaat Jagung Giling Untuk Ayam Aduan – Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis ayam yang sering dijadikan sebagai ayam aduan. Diantaranya seperti ayam bangkok, ayam burma, ayam saigon, ayam siam, ayam philipine dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Nah, dalam membentuk karakter ayam aduan agar bisa menjadi petarung yang handal, pemberian pakan juga perlu diperhatikan. Agar ayam aduan bisa menjadi jagoan, maka pemberian pakan harus sesuai agar bisa memberikan manfaat untuk ayam aduan itu sendiri.

Selain beras merah, dimana MANFAAT BERAS MERAH UNTUK AYAM BANGKOK akan meningkatkan kemampuan bertarung, ternyata jagung giling juga memiliki banyak manfaat. Manfaat jagung giling untuk ayam aduan sendiri juga sangat beragam.

Dimana jagung giling memberikan manfaat untuk kesehatan dan kekuatan ayam aduan. Lantas, apa saja manfaat jagung giling untuk ayam aduan? Adapun beberapa manfaat jagung giling bagi ayam bangkok, silahkan simak langsung ulasan lengkap di bawah ini.

Manfaat Jagung Giling Untuk Ayam Aduan

Manfaat Jagung Giling Untuk Ayam Aduan
Advertisements

Dengan banyak manfaat yang bisa dirasakan, tentu saja jagung giling sangat cocok untuk diberikan ke ayam aduan kesayangan Anda. Dengan manfaat yang diterima, tentunya sudah semestinya ayam petarung Anda akan lebih jago dalam bertarung saat bertanding sabung ayam.

Oleh sebab itu, bagi Anda pecinta ayam aduan untuk mengetahui manfaat dari jagung giling. Adapun beberapa manfaat jagung giling untuk ayam aduan yaitu sebagai berikut.

1. Menyehatkan Mata Ayam Aduan

1. Menyehatkan Mata Ayam Aduan
Advertisements

Ayam bangkok aduan memerlukan penglihatan yang baik dan tajam, agar bisa hidup serta bertarung dengan baik. Kandungan senyawa lutein pada jagung giling memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan retina mata sekaligus menghindarkannya dari penyakit katarak.

2. Menjaga Berat Badan Ayam

2. Menjaga Berat Badan Ayam
Advertisements

Ayam bangkok aduan akan sangat kesulitan bergerak apabila memiliki berat badan yang berlebihan. Nah dalam hal ini, jagung giling sangat tepat untuk diberikan ke ayam aduan yang memiliki berat badan berlebihan.

Kandungan serat yang tinggi memungkinkan ayam tidak mudah lapar, sehingga tidak makan secara berlebihan dan kandungan lemaknya yang rendah membuat ayam tidak kegemukan.

3. Memperlancar Pencernaan Ayam

Tak hanya menjaga berat badan, jagung giling juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ayam. Hal ini dikarenakan kandung serat pada jagung giling yang sangat baik, sehingga makanan bisa diserap dengan baik serta sisa pencernaan berupa fases juga dapat dikeluarkan dengan lancar.

4. Menambah Sumber Energi

Ayam aduan sangat memerlukan stamina dan energi yang cukup agar bisa beraktivitas maupun mengikuti berbagai perlombaan dengan baik. Dalam hal ini kandungan karbohidrat sangat bermanfaat sebagai sumber energi untuk menunjang stamina ayam aduan.

5. Memperkuat Tulang Ayam Aduan

5. Untuk Memperkuat Tulang Ayam Aduan
Advertisements

Dengan kondisi tulang yang kuat, maka ayam aduan dapat bergerak lincah serta memiliki kekuatan untuk melompat. Jagung giling menjadi pilihan pakan paling tepat karena kandungan mineral berupa kalsium dan magnesium yang sangat baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang ayam bangkok.

6. Sebagai Makanan Pokok Ayam

6. Manfaat Jagung Giling Sebagai Makanan Pokok Ayam Aduan
Advertisements

Manfaat jagung giling untuk ayam aduan yaitu bisa dijadikan sebagai pakan pokok. Dimana jagung giling merupakan jenis pakan paling baik untuk jangka panjang serta juga baik diberikan untuk anak ayam aduan maupun ayam aduan dewasa.

7. Meningkatkan Masa Otot Ayam

7. Meningkatkan Masa Otot Ayam
Advertisements

Manfaat lainnya yaitu meningkatkan masa otot ayam aduan. Pemberian pakan jagung giling membantu pembentukan otot ayam dengan cepat, terlebih lagi otot merupakan bagian terpenting ayam aduan, terlebih lagi untuk ayam tipe pukul.

8. Menguatkan Nafas Ayam Aduan

Ayam aduan juga harus memiliki nafas panjang agar bisa menang di arena saat bertanding. Jagung giling sangat bermanfaat untuk menguatkan stamina ayam serta juga sebagai penambah asupan energi bagi ayam laga.

9. Menguatkan Daya Tahan Tubuh Ayam

9. Menguatkan Daya Tahan Tubuh Ayam
Advertisements

Berbagai penyakit mungkin akan menyerah ayam aduan dengan daya tahan tubuh rendah. Nah, kandungan vitamin B (B1, B2, B3, B9, B12) pada biji jagung akan membantu menjaga daya tahan tubuh ayam aduan sehingga kebal terhadap penyakit.

10. Sumber Kalium yang Baik

Kelebihan cairan tumbuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan ayam bangkok serta mudah terserang penyakit seperti diare, berak darah, berak kapur dan lainnya. Pemberian jagung akan membantu keseimbangan cairan ayam, karena tinggi sumber kalium.

11. Sumber Vitamin K

Kandungan vitamin K pada biji jagung berguna untuk menyehatkan bulu pada ayam aduan. Kondisi bulu terlihat sehat, akan menunjukan karisma ayam di arena saat bertanding.

Bukan hanya itu saja, vitamin K juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit ayam bangkok sekaligus dapat mencegah penyakit kulit seperti kurap dan kudis pada ayam aduan.

Nah, itulah informasi dari Inspired2write.com terkait manfaat jagung giling bagi ayam petarung. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan, jagung giling menjadi pilihan paling tepat untuk meningkatkan kekuatan ayam dalam bertarung. Demikian, semoga artikelnya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.