10 Manfaat Gabah Untuk Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Gabah Untuk Ayam Bangkok – Dalam perawatan ayam bangkok aduan, pemberian pakan jelas harus diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ayam bangkok itu sendiri.

Pasalnya setiap jenis pakan, memiliki manfaat tersendiri terhadap ayam bangkok. Misalnya seperti meningkatkan kemampuan bertarung, membuat tubuh ayam kekar dan lain sebagainya.

Seperti halnya MANFAAT BERAS PUTIH UNTUK AYAM BANGKOK aduan, gabah juga memiliki beragam manfaat. Dimana manfaat gabah untuk ayam bangkok dapat meningkatkan kemampuan bertarung.

Lantas, apa saja manfaat gabah untuk ayam aduan? Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka Anda bisa langsung mengetahui manfaatnya pada ulasan dari inspired2write di bawah ini.

Manfaat Gabah Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Gabah Untuk Ayam Bangkok
Advertisements

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, jika Anda memberi makan ayam bangkok dengan gabah. Adapun manfaat gabah untuk ayam bangkok aduan yaitu sebagai berikut ini.

1. Membentuk Tubuh Ayam Bangkok

Bukan hanya jagung dan beras merah yang dapat membentuk tubuh ayam bangkok, namun gabah juga akan membentuk tubuh ayam aduan menjadi lebih ideal. Gabah dapat dijadikan sebagai makanan utama ayam yang kelebihan berat badan.

Kandungan serat pada gabah membantu merubah lemak pada ayam bangkok menjadi otot. Tubuh ayam bangkok ideal artinya yakni tidak terlalu gemuk ataupun kurus melainkan ramping dan terlihat kekar, sehingga gerakan dan pukulan ayam akan lebih efektif.

2. Membentuk Otot Ayam Bangkok

Manfaat gabah berikutnya yaitu membentuk otot. Pembentukan otot tak hanya didapatkan dari MANFAAT BERAS MERAH UNTUK AYAM BANGKOK saja, melainkan juga gabah.

Dimana kandungan serta pada gabah akan mengubah lemak menjadi otot. Gabah sangat cocok untuk ayam bangkok muda yang awalnya hanya diberi pakan kosentrat atau voer.

3. Membuat Ayam Bangkok Lincah

Dengan bentuk tubuh yang ideal dan ramping, tentu saja ayam bangkok akan memiliki gerakan yang lincah dan cepat. Hal ini dikarenakan gabah memiliki kandungan nutrisi lebih kompleks.

Ayam bangkok aduan, tak hanya sekedar memiliki pukulan keras, namun juga harus memiliki kecepatan agar bisa menang di arena sabung ayam. Oleh sebab itu, gabah sangat cocok untuk meningkatkan kecepatan serta kelincahan gerakan ayam pada saat pertandingan.

4. Meningkatkan Akurasi Pukulan Ayam Aduan

Selain membuat gerakan ayam bangkok lebih lincah, gabah juga dapat membantu meningkatkan akurasi pukulan. Dengan gerakan yang lincah dan akurasi yang akurat, tentu saja kesempatan untuk menang semakin besar.

Selain itu, bagi tipe ayam jalu, ketepatan pukulan juga sangat diperlukan, karena saat bertanding akan sangat diburu oleh waktu. Telat sedikit saja melakukan serangan, bisa saja terkena serangan lawan lebih dulu.

5. Kandungan Nutrisi Lebih Kompleks

Gabah diklaim memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Meskipun kandungannya mirip dengan yang ada pada beras merah, namun gabah memiliki nutrisi yang lebih kompleks.

Dimana kandungan nutrisi pada gabah dapat menjadikan gerakan ayam lebih ringan, ramping serta mempunyai gerakan yang lebih lincah dan cepat.

6. Pakan Ideal Untuk Ayam Jalu

Manfaat lainnya yaitu dijadikan sebagai pakan paling ideal untuk ayam jalu. Ayam bangkok tipe jalu wajib memiliki gerakan lincah dan agresif pada saat melakukan serangan.

Ayam jalu jagoan memiliki kualitas pada kecepatan melumpuhkan lawan, itu jelas berbeda dengan ayam pukul yang notabene membutuhkan waktu lama dalam melumpuhkan lawan. Ayam jalu biasanya diberi pakan beras merah, tapi Anda juga bisa memberi gabah sebagai makanan pelengkap.

7. Untuk Kombinasi Pakan

Gabah sangat cocok dijadikan sebagai makanan kombinasi dengan jagung ataupun beras merah. Pakan kombinasi dapat menambah meningkatkan ayam bangkok aduan.

Selain itu, kombinasi pakan juga lebih menghemat biaya. Dimana harga pakan ayam seperti beras merah, jagung dan dedak cukup bervariasi. Oleh sebab itu, gabah bisa dijadikan sebagai pakan tambahan.

8. Harga Gabah Murah

Salah satu keuntungan dari gabah adalah harganya yang relatif murah, jika dibandingkan dengan pakan lainnya. Ini tentunya dapat menghemat pengeluaran.

Harga 1kg gabah berkualitas kurang lebih sekitar Rp. 5.000. Sedangkan untuk gabah yang sudah siap diberikan kepada ayam bangkok umumnya dibanderol dengan harga Rp. 10.000 per kilonya.

Ciri Ciri Gabah Berkualitas

Ciri Ciri Gabah Berkualitas
Advertisements

Meskipun gabah memberikan banyak manfaat untuk ayam bangkok, namun untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, maka gabah harus berkualitas. Adapun ciri ciri gabah berkualitas yaitu sebagai berikut.

  1. Gabah sudah kering, tidak lembab maupun tidak berjamur.
  2. Tidak bubukan atau dimakan rayap, karena gabah yang sudah menggumpal tidak sehat untuk ayam.
  3. Gabah masih berisi beras, sehingga tidak kopong.
  4. Tidak mengapung jika dimasukkan ke dalam air.

Pola Pemberian Gabah Untuk Ayam Bangkok Aduan

Pola Pemberian Gabah Untuk Ayam Bangkok Aduan
Advertisements

Walaupun memberikan banyak manfaat, sebaiknya pemberian pakan gabah perlu disesuaikan. Adapun pola pemberian gabah untuk ayam bangkok aduan yaitu sebagai berikut.

  • Untuk ayam aduan tipe jalu, pemberian gabah bisa dilakukan setiap hari dengan mengkombinasikannya dengan pakan lain seperti beras merah atau jagung.
  • Sedangkan untuk ayam pukul, sebaiknya tidak terlalu sering, melainkan diberikan pada saat ayam pukul sudah kelebihan berat badan.
  • Untuk anak ayam dan ayam lancuran, gabah sebaiknya diberikan dengan dicampur kosentrat, nasi puti, dedak serta beras jagung sebagai makanan harian.

Cara mengolah gabah untuk pakan Ayam Aduan

Cara mengolah gabah untuk pakan Ayam Aduan
Advertisements

Selanjutnya, untuk pengolahan gabah sebagai pakan ayam bangkok aduan, sebenarnya sangat gampang. Namun, pengolahan harus benar agar aman dikonsumsi oleh ayam bangkok. Adapun cara mengolah gabah agar aman dikonsumsi ayam bangkok yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama, siapkan gabah dan 1 ember air bersih.
  2. Kemudian, tuangkan gabah ke dalam ember yang berisi air bersih. Lalu, tinggal cuci gabah hingga bersih.
  3. Setelah itu, buang gabah kosong tidak berisi yang mengapung. Lakukan beberapa kali sampai bersih.
  4. Setelah gabah kosong bersih, maka tinggal buang semua air dari ember dan disisakan gabahnya saja.
  5. Setelah itu, rendam gabah bersih menggunakan air mendidih kurang lebih selama 2-3 jam.
  6. Jika sudah, tinggal jemur gabah sampai kering.
  7. Setelah kering, maka gabah siap diberikan ke ayam bangkok. Anda bisa menambahkan beras merah atau jagung sebagai kombinasi.

Nah, itulah beberapa manfaat gabah untuk ayam bangkok aduan yang dapat inspired2write.com sajikan. Demikianlah informasi dari kami, semoga artikelnya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.