7 Manfaat Beras Putih Untuk Ayam Bangkok Aduan

Manfaat Beras Putih Untuk Ayam Bangkok – Bagi Anda yang hobi memelihara ayam ataupun gemar adu ayam, pastinya sudah tidak asing lagi dengan ayam bangkok. Jenis ayam ini dikenal sebagai ayam jagoan aduan karena memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis lainnya.

Ayam bangkok memiliki postur tubuh yang gagah, sehingga banyak pecinta ayam menjadikannya sebagai koleksi hewan peliharaan. Selain itu, ayam bangkok juga punya sifat pantang menyerah dan tangguh, jadi pantas sekali untuk dijadikan sebagai ayam aduan.

Sementara itu, untuk soal perawatan ayam bangkok itu sendiri terbilang cukup mudah. Meskipun mudah, namun agar bisa menjadi jagoan sabung ayam, pemberian pakan ayam bangkok harus benar dan sesuai, dimana pakan harus memberikan manfaat bagi ayam tersebut.

Salah satu jenis pakan yang memberikan banyak manfaat bagi ayam bangkok yaitu beras putih. Lantas, apa saja manfaat beras putih untuk ayam bangkok? Adapun untuk mengetahui manfaat dari beras putih untuk ayam aduan, maka silahkan simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Beras Putih Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Beras Putih Untuk Ayam Bangkok
Advertisements

Pemberian pakan beras merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam merawat ayam bangkok. Pasalnya besar memiliki beragam manfaat, baik itu beras merah maupun putih.

Seperti sudah Anda ketahui bahwasanya ada banyak MANFAAT BERAS MERAH UNTUK AYAM BANGKOK. Lalu, bagaimana dengan beras putih? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwasanya manfaat beras putih untuk ayam bangkok cukup beragam, yaitu :

1. Menjadikan Tubuh Ayam Bangkok Ringan

1. Menjadikan Tubuh Ayam Bangkok Ringan
Advertisements

Kandungan pada beras putih dapat bermanfaat untuk menjadikan tubuh ayam bangkok menjadi lebih ringan. Maksud dari tubuh menjadi ringan ialah ayam bangkok lebih mudah dalam melakukan kegiatan, dengan kata lain menjadi lebih lincah dalam bergerak.

2. Membuat Ayam Bangkok Lebih Kekar

2. Membuat Ayam Bangkok Lebih Kekar
Advertisements

Manfaat selanjutnya yaitu akan membuat ayam bangkok lebih kekar serta sehat. Hal ini dikarenakan beras putih mengandung banyak vitamin dan mineral.

Jika ayam bangkok sering digunakan untuk bertanding, maka memiliki tubuh kekar adalah keharusan. Oleh sebab itu, beras putih sangat cocok untuk menjaga kekekaran tubuh ayam bangkok.

3. Menambah Berat Badan Ayam Bangkok

3. Menambah Berat Badan Ayam Bangkok
Advertisements

Tak hanya membuat ayam aduan menjadi lebih kekar, akan tetapi beras putih juga dapat menambah berat badan. Dengan demikian, maka ayam bangkok akan terlihat berisi, tidak kurus.

Bukan itu saja, berbicara soal menambah berat badan ayam bangkok, Anda juga bisa memberikan telur puyuh, sebagai tambahan untuk meningkatkan berat badan ayam bangkok.

4. Memperkuat Bulu Ayam Bangkok

4. Memperkuat Bulu Ayam Bangkok
Advertisements

Manfaat lainnya yaitu memperkuat bulu. Beras putih ternyata tidak hanya bermanfaat untuk tubuh sang ayam, melainkan juga akan memberikan manfaat bagi bulu ayam itu sendiri.

Memberi pakan ayam bangkok dengan beras putih akan meningkatkan kekuatan bulu. Dengan begitu, maka bulu ayam tetap kuat, tidak mudah rontok serta tetap terjaga kesehatannya.

5. Memperlincah Terbang Ayam Bangkok

5. Memperlincah Terbang Ayam Bangkok
Advertisements

Seperti halnya mengkonsumsi beras merah, beras putih juga bermanfaat untuk memperlincah terbang ayam bangkok. Apabila terbang ayam lebih lincah, tentu saja itu akan membantu ayam dalam menyerang musuh ketika melakukan pertandingan sabung ayam bangkok.

6. Menambah Kekuatan Ayam Bangkok

6. Menambah Kekuatan Ayam Bangkok
Advertisements

Manfaat beras putih berikutnya yaitu dapat membantu menambah kekuatan sekaligus kesehatan ayam bangkok. Dalam hal aduan, tentu saja kekuatan sangat dibutuhkan.

Oleh sebab itu, beras putih merupakan pakan yang pas untuk meningkatkan kekuatan ayam. Selain itu, beras putih juga akan membuat ayam lebih sehat, sehingga tidak mudah sakit.

7. Sebagai Sumber Energi

7. Sebagai Sumber Energi
Advertisements

Sebagai ayam aduan, tentu saja harus memiliki tenaga dan energi yang cukup, baik saat sabung ayam ataupun ketika menjalani proses pelatihan. Nah, kecukupan energi ayam bangkok bisa didapat dengan memberinya pakan berupa beras putih ataupun nasi putih.

Pola Pemberian Beras Putih Untuk Ayam Bangkok Aduan

Pola Pemberian Beras Putih Untuk Ayam Bangkok Aduan
Advertisements

Meskipun memiliki sejumlah manfaat, namun dalam pemberian pakan beras putih juga harus diiperhatikan. Jangan terlalu sering ataupun berlebihan dalam memberi makan ayam bangkok dengan beras putih. Kurang lebih seperti ini pola pemberian beras putih untuk ayam bangkok.

  • Beras putih bisa diberikan setiap hari untuk ayam aduan tipe jalu, bisa dikombinasikan dengan pakan lain seperti jagung dan beras merah.
  • Untuk ayam bangkok pukul, sebaiknya jangan terlalu sering, terutama jika sudah kelebihan berat badan.
  • Sedangkan bagi anak ayam, sebaiknya berikan beras putih berukuran kecil (menir beras putih).

Nah, itulah informasi dari inspired2write.com terkait manfaat beras putih untuk ayam bangkok. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga ulasan di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.