3 Macam Macam Otot Manusia Beserta Ciri ciri dan Fungsinya

Macam Macam Otot Manusia – Otot merupakan jaringan dalam tubuh manusia yang memiliki peranan penting dalam setiap gerak manusia. Dengan kata lain otot adalah sistem jaringan pada tubuh manusia, berupa alat gerak aktif untuk menggerakan tulang sehingga menimbulkan suatu organisme atau individu bergerak.

Menurut Encyclopaedia Britannica otot merupakan jaringan kontraktil yang dikelompokan ke dalam sistem terkoordinasi untuk menghasilkan efisiensi yang lebih besar. Efisiensi kerja dari otot manusia yaitu sekitar 18%-26%. Efisiensi diartikan sebagai rasio metabolisme, berdasarkan penggunaan oksigen.

Gerak organ tubuh terjadi karena adanya kerjasama yang rumit dari serabut otot dengan otot. Dengan adanya otot, maka rangka tubuh akan dapat digarakan, sehingga akan menghasilkan gaya dan gerak. Rangka tubuh manusia dibungkus oleh kumpulan otot-otot yang biasa disebut dengan daging. Otot pada manusia sendiri memiliki beberapa macam.

Lantas apa saja jenis otot pada manusia? Nah, untuk infomasi lebih jelasnya berikut ini inspired2write akan menyajikan informasi tentang macam macam otot pada manusia. Jadi bagi yang belum tahu atau mungkin sudah lupa dengan pelajaran kelas 5 tentang sebutkan dan jelaskan macam macam otot pada manusia, maka inilah penjelasan lebih lengkapnya.

Macam Macam Otot Manusia Beserta Ciri ciri dan Fungsinya

Macam Macam Otot Manusia Beserta Ciri ciri dan Fungsinya
Advertisements

Pastinya anda sudah pernah mendapati soal sebutkan dan jelaskan macam macam otot pada manusia saat duduk di bangku SD kelas 5. Otot sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Setiap jenis otot memiliki ciri dan fungsinya masing-masing. Seperti yang kita ketahui bahwa otot masuk dalam TEORI BELAJAR Biologi. Nah, untuk unformasi lebih lengkapanya tentang otot, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Otot Lurik

Otot Lurik

Otot Lurik adalah jenis otot yang menempel pada rangka tubuh dan membentuk sebagian besar jaringan otot tubuh yang digunakan untuk penggerak. Otot Lurik disebut juga otot rangka. Otot lurik bergerak dari sinyal motorik yang berasal dari otak dan bersifat sadar. Jenis otot ini diberi nama otot lurik, karena adanya sisi gelap (miosin) dan terang (aktin) yang berselang-seling. Otot lurik bergerak dengan cepat namun cepat lelah karena disebabkan oleh penumpukan asam laktat pada sel-selnya. Contoh otot lurik yaitu otot lengan, otot betis, otot perut, otot paha.

Ciri Ciri Otot Lurik

  • Berbentuk silindris dengan garis gelap dan terang.
  • Menempel pada rangka tubuh atau tulang.
  • Bekerja dengan sadar atas perintah otak.
  • Cepat mudah lelah.
  • Berbentuk panjang dan memiliki banyak inti sel (multinuklei).
  • Memiliki pigmen mioglobin.
  • Inti sel berada di tepi.

Fungsi Otot Lurik

Sedangkan untuk fungsinya sendiri, otot lurik berfungsi untuk menggerakan rangka tubuh manusia yang berasal dari otak, sehingga tubuh dapat digerakan sesuai kehendah kita.

Otot Polos

Otot Polos

Otot polos adalah otot yang bekerja secara tidak sadar atau refleks yang dipengaruhi oleh sistem saraf otonom atau tidak sadar. Otot polos bisa ditemukan pada organ pencernaan dan pembuluh darah. Otot polos terbentuk dari sel-sel yang berbentuk gelendong, dimana dikedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel. Otot ini memiliki gerakan seperti gelombang yang mendorong melalui sistem tubuh. Otot polos berkontraksi lebih lambat dibandingkan otot lurik. Contoh otot polos yaitu urat nadi, lambung dan usus.

Ciri Ciri Otot Polos

  • Waktu kontraksi antara 3-180 detik.
  • Berbentuk gelendong dengan kedua ujungnya yang runcing.
  • Terletak di oragan dalam.
  • Memiliki 1 inti sel yang ada di tengah.
  • Bergerak lebih lambat dan mudah lelah.
  • Bekerja diluar kesadaran.

Fungsi Otot Polos

Otot polos berfungsi untuk memindahkan zat melalui organ atau pembuluh darah dan bekerja dengan keontraksi dalam gelombang.

Otot Jantung

Otot Jantung

Otot jantung merupakn otot lurik khusus yeng terdiri dari sel-sel memanjang yang terletak di pusat. Otot ini bekerja untuk memompa darah pada jantung. Otot jantung berkontaksi secara terus menerus tanpa berhanti. Otot ini membentuk dinding jantung dan menciptakan denyut secara teratur dan berirama yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui sinyal dari otak. Selain itu, otot ini juga mampu menciptakan implus listrik yang menghasilkan kontraksi otak. Contoh otak jantung yaitu jantung.

Ciri Ciri Otot Jantung

  • Sel otot bebentuk lurik yang bercabang-cabang.
  • Sel memiliki satu atau banyak inti sel yang terketak di tengah serabut sel.
  • Bekerja terus menerus tanpa berhanti.
  • Bekerja tanpa kesadaran manusia.

Fungsi Otot Jantung

Fungsi otot jantung ini berada di daerah fital bagi tubuh karena merupakan kunci nyawa manusia. Fungsi utama jantung yaitu memompa jantung. Lebih jelasnya otot jantung berfungsi untuk meremas dara sehingga darah dapat keluar dari jantung saat berkontraksi dan mengambil darah pada relaksasi menunjang kerja dari organ jantung.

Itulah beberapa macam macam otot yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Secara keseluruhan, otot merupakan bagian yang penting pada tubuh manusia. Tanpa adanya otot, maka kita tidak dapat menggerakan tubuh kita. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat,

Tinggalkan komentar