5 Cara Tukar Uang di Bank BCA 2022 : Jadwal, Syarat & Batas Penukaran

Cara Tukar Uang di Bank BCA – Beberapa hari lagi seluruh umat muslim di Dunia akan bertemu lagi dengan Hari Raya Idul Fitri. Nah, pada hari nan suci tersebut banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, salah satunya adalah dengan tradisi bagi-bagi angpau.

Ya, selain kuliner wajib berupa Opor Ayam dan sajian kue kering, pada hari Lebaran juga banyak sanak saudara yang berbagai uang jajan pada anak kecil sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita. Kita semua tentu pernah mengalami masa-masa menerima angpau ketika masih kecil.

Citayam

Bicara soal bagi-bagi angpau, belakangan ini Bank BCA melayani cukup banyak melayani proses penukaran uang dalam bentuk pecahan 2000 sampai dengan 20.000. Tidak lain dan tidak bukan, tujuan nasabah melakukan tukar uang adalah untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri.

Lalu apakah kalian merupakan nasabah BCA yang juga sedang ingin menukar uang tapi belum tahu cara melakukannya? Baiklah, jika demikian silahkan simak penjelasan selengkapnya melalui artikel dibawah ini.

Jadwal Penukaran Uang

Jadwal Penukaran Uang

Sebelum kami jelaskan seperti apa cara tukar uang di Bank BCA, terlebih dahulu kalian perlu tahu kapan transaksi tersebut bisa dilakukan. Pada tahun ini Bank Indonesia telah merilis jadwal TUKAR UANG DI BANK BRI, MANDIRI, BCA dan Bank lainnya sejak tanggal 12 April sampai dengan 11 Mei mendatang, jadi jangan sampai terlewatkan.

Syarat Menukar Uang di Bank BCA

Syarat Menukar Uang di Bank BCA

Kemudian pada proses tukar uang juga tidak boleh sembarang, Bank BCA punya beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi. Syarat dan ketentuan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Keaslian Uang

Syarat pertama adalah pastikan semua uang yang akan di tukar 100% asli (bukan uang palsu). Disamping itu, kondisi fisik dari uang tersebut juga harus layak pakai atau tidak memiliki kerusakan lebih dari 50%.

2. Kartu Identitas

Pada proses tukar uang di Bank BCA kalian juga akan dimintai identitas berupa KTP atau sejenisnya. Hal ini tentu saja dilakukan guna menghindari segala bentuk tindakan tidak diinginkan.

3. Rekening BCA

Terakhir, jika ingin tukar uang di Bank BCA berarti kalian wajib memiliki rekening BCA.

Cara Tukar Uang di Bank BCA

Cara Tukar Uang di Bank BCA

Setelah mengetahui jadwal hingga persyaratan yang diperlukan untuk tukar uang baru di Bank BCA, sekarang sampailah kita pada tata cara melakukan transaksi tersebut. Tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Kunjungi Kantor Cabang Bank BCA

Langkah pertama adalah datang ke Kantor Cabang Bank BCA terdekat. Sesampainya disana silahkan ambil nomor antrian CS BCA.

2. Jelaskan Maksud Kedatangan

Setelah tiba giliran untuk bertemu petugas CS (Customer Service) katakanlah bahwa kalian ingin menukarkan uang. Kemudian petugas bakal meminta data persyaratan berupa KTP dan buku rekening BCA.

3. Serahkan Uang

Jika sudah, selanjutnya serahkan sejumlah uang yang akan di tukar. Tunggu beberapa saat, petugas akan melakukan pengecekan pada uang yang kalian berikan sebelumnya. Apabila semuanya tidak bermasalah, maka lanjut ke proses penukaran.

4. Ikuti Instruksi Petugas

Sampai disini kalian tinggal mengikuti instruksi dari petugas. Biasanya, untuk pengambilan yang sudah di tukar dilakukan melalui Teller BCA.

5. Proses Penerimaan Uang

Terakhir, petugas bakal memberikan sejumlah uang dengan pecahan tertentu (sesuai permintaan) dengan nominal sama dengan yang disetorkan sebelumnya.

Batas Maksimal Penukaran Uang di Bank BCA

Batas Maksimal Penukaran Uang di Bank BCA

Sekarang kalian sudah tahu seperti apa cara menukar uang di Bank BCA lengkap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di tahun. Namun mungkin banyak dari kalian yang belum mengenai batas maksimal atau limit tukar uang di Bank BCA.

Nah, dalam hal ini Bank BCA menerapkan ketentuan limit sebesar Rp. 3.900.000 (Tiga Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah). Ketentuan serupa juga berlaku pada limit TUKAR UANG DI BANK MANDIRI dan beberapa Bank di Indonesia lainnya.

Dengan jumlah tersebut, kalian bisa menukar uang dalam bentuk pecahan 2.000, 5.000, 10.000 dan 20.000 rupiah. Nominal pecahan tersebut bebas kalian pilih sesuai keinginan, dan khusus untuk pecahan uang baru senilai Rp. 75.000 biasanya ada prosedur khusus. Jika tertarik memilikinya, kalian bisa menanyakan informasi lebih lanjut pada CS BCA.

KESIMPULAN

Kurang lebih seperti itulah tata cara tukar uang di Bank BCA yang berhasil Inspired2Write.com rangkum untuk kalian. Namun sebelum melakukan cara diatas, terlebih dahulu kalian akan diminta untuk memenuhi segala persyaratan menukar uang di Bank BCA. Semoga dengan adanya artikel cara menukarkan uang di Bank BCA bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.