√ Tukar Uang Baru Ditolak Oleh Bank 2021 : Penyebab & Cara Mengatasi

Tukar Uang Baru Ditolak Oleh Bank – Menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri, banyak nasabah dari hampir semua Bank di Indonesia melakukan penukaran uang. Sebagai umat muslim, tentu kalian tidak asing dengan tradisi bagi-bagi uang pada sanak saudara untuk merayakan suka cita di Hari Lebaran.

Proses tukar uang sendiri bisa dilakukan di Bank BRI, BCA, Mandiri, BNI dan lain sebagainya. Setiap Bank bisa dibilang menerapkan syarat ketentuan yang sama terkait transaksi tukar uang baru, salah satunya yaitu kondisi atau keaslian uang.

Nah, bicara soal ketentuan tukar uang di Bank, belum lama ini kami menerima pertanyaan mengenai proses tukar Uang baru di ditolak oleh Bank. Kenapa bisa terjadi demikian? Tentu saja ada beberapa faktor penyebab transaksi kalian ditolak ketika ingin menukar uang baru di Bank.

Penjelasan mengenai apa saja penyebab dari masalah tersebut telah kami siapkan dibawah ini. Bukan hanya itu, kami juga bakal menjelaskan beberapa cara agar tukar uang tidak ditolak oleh Bank.

Tukar Uang Baru Ditolak Oleh Bank

Tukar Uang Baru Ditolak Oleh Bank
Advertisements

Ketika ingin MENUKAR DI BANK BRI, Mandiri, BCA dan lain sebagainya untuk keperluan Lebaran, tapi ternyata ditolak oleh Bank tentu kalian kecewa bukan? Nah, penolakan itu sendiri terjadi pada uang, berkas persyaratan hingga jam operasional.

Biasanya ketika proses penukaran ditolak, nantinya kalian akan menerima penjelasan oleh pihak Bank. Pada intinya tukar uang tidak mungkin ditolak tanpa alasan tertentu. Disamping itu, pihak Bank juga bakal menjelaskan bagaimana solusinya.

Penyebab Tukar Uang di Bank Tidak Disetujui

Penyebab Tukar Uang di Bank Tidak Disetujui
Advertisements

Jadi seperti kami singgung diatas bahwa ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab tukar uang Baru ditolak oleh Bank. Nah, berikut adalah informasi lengkap mengenai penyebab dari masalah diatas, antara lain :

1. Kondisi Uang Tidak Layak

Pertama, penyebab dari tukar uang ditolak adalah karena uang yang kalian memiliki rusak terlalu parah (lebih dari 50%) atau bahkan palsu. Jika demikian, sudah pasti proses penukaran akan ditolak oleh Bank.

2. Berkas Persyaratan Tidak Lengkap

Kedua, ketika berkas persyaratan untuk tukar uang tidak lengkap juga akan ditolak oleh Bank. Misal, kalian kurang satu berkas saja maka Bank tetap tidak mau mengurus transaksi tukar uang baru.

3. Melebihi Jam Operasional

Ketiga, proses tukar uang baru juga bakal ditolak oleh Bank apabila kalian datang ke lokasi ketika Bank sudah tutup. Bank tentu hanya melayani nasabah sesuai jam operasional yang berlaku. Untuk urusan ini mungkin beberapa Bank memiliki ketentuan berbeda-beda.

4. Lokasi Bank

Keempat, lokasi Bank untuk tukar uang baru juga bisa jadi alasan transaksi tersebut ditolak oleh Bank. Jadi ada kasus nasabah Mandiri yang ditolak melakukan tukar uang baru di lokasi Kantor Cabang yang bukan tempat nasabah tersebut membuka rekening Mandiri. Namun untuk hal ini mungkin tidak berlaku pada semua Bank.

Cara Mengatasi Penolakan Menukar Uang di Bank

Cara Mengatasi Penolakan Menukar Uang di Bank
Advertisements

Sekarang sudah tahu kenapa proses tukar uang baru ditolak oleh Bank, demikian kalian tentu penasaran bagaimana cara menangani masalah tersebut. Tenang, sesuai janji diatas kami telah menyiapkan ulasan seputar beberapa cara guna menangani penukaran uang tidak disetujui oleh Bank, antara lain :

1. Gunakan Uang yang Layak

Cara pertama adalah menyiapkan uang yang akan di tukar dan pastikan kondisi uang tersebut layak, tidak rusak apalagi palsu. Jangan lupa untuk menghitung total uang yang akan di tukar sebelum datang ke Bank.

2. Lengkapi Berkas Persyaratan

Selanjutnya kalian juga bisa menghubungi Call Center Bank yang kalian gunakan untuk menanyakan berkas persyaratan pada transaksi tukar uang baru. Jika sudah menerima informasi yang dibutuhkan, selanjutnya siapkan persyaratan sesuai instruksi.

3. Datang Sesuai Jam Operasional

Datanglah ke Bank sebelum jam operasional, namun supaya lebih aman silahkan datang lebih awal, sekitar pukul 07:30 – 08:00 waktu setempat. Kemudian jika bisa datanglah ke lokasi Bank tempat kalian buka rekening, karena bisa jadi transaksi ditolak oleh Bank karena kalian buka nasabah yang buka rekening di Kantor Cabang Bank tersebut.

KESIMPULAN

Sekian informasi dari Inspired2Write.com seputar penyebab transaksi penukaran uang baru ditolak oleh Bank. Namun dari sekian banyak penyebab, menurut kami hal tersebut paling utama terjadi karena kondisi uang rusak atau palsu, sehingga Bank tidak mau menerimanya. Nah, jika kalian juga sedang mengalami masalah serupa, silahkan simak artikel diatas untuk mengatasi transaksi tukar uang baru tidak ditolak.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.