√ 5 Cara Tukar Uang di Bank Mandiri 2021 : Syarat & Limit Penukaran

Cara Tukar Uang di Bank Mandiri 2021 – Hari Raya Idul Fitri di tahun 2021 tinggal beberapa hari lagi, dimana hal tersebut membuat banyak orang melakukan penukaran uang di Bank Mandiri. Hal semacam ini seolah sudah menjadi tradisi menjelang lebaran dimana orang-orang ingin memiliki uang pecahan untuk dibagikan pada sanak saudara.

Bicara soal tukar uang di Bank Mandiri, beberapa dari kalian mungkin ada yang belum pernah melakukan transaksi tersebut. Oleh karena itu, melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan tata cara menukarkan uang di Bank Mandiri.

Namun sebelum kami jelaskan lebih lanjut, kalian juga perlu tahu bahwa Bank Mandiri menerapkan beberapa syarat penukaran uang. Selain itu, di tahun 2021 Bank Mandiri juga menerima penukaran uang baru dalam pecahan 75 ribu rupiah (Rp. 75.000).

Tapi pada momen menjelang lebaran seperti ini masyarakat lebih banyak yang menukarkan uang dalam pecahan kecil, antara 2.000 sampai dengan 20.000 rupiah. Nah, penasaran apa saja persyaratan lengkap dan tata cara tukar uang di Bank Mandiri 2021? Jika demikian, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Syarat Menukar Uang di Bank Mandiri 2021

Syarat Menukar Uang di Bank Mandiri 2021
Advertisements

Jadi seperti kami singgung diatas bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menukar uang di Bank Mandiri. Sebenarnya syarat ini tidak beda jauh dengan proses TUKAR UANG DI BANK BRI maupun Bank lainnya di Indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Kondisi Uang

Syarat pertama adalah uang yang akan di tukar wajib dalam kondisi layak pakai. Artinya uang kalian tidak robek serta bukan uang palsu. Nantinya petugas akan melakukan pengecekan melalui mesin sebelum proses penukaran.

2. Memiliki Rekening Mandiri

Karena disini kalian ingin tukar uang di Bank Mandiri maka kalian perlu memiliki rekening Mandiri. Selain pada proses ini kami sarankan untuk membawa juga kartu ATM Mandiri yang dimiliki.

3. Membawa Kartu Identitas

Terakhir, pada proses tukar uang di Bank Mandiri juga perlu bahkan wajib membawa kartu identitas berupa KTP, Paspor, SIM dan sejenisnya. Nantinya kartu identitas berguna untuk memastikan data nasabah.

Cara Tukar Uang di Bank Mandiri 2021

Cara Tukar Uang di Bank Mandiri 2021
Advertisements

Setelah tahu apa saja syarat tukar uang di Bank Mandiri, sekarang mari lanjut ke bagaimana tata cara melakukan transaksi tersebut. Sebelum itu perlu diketahui bahwa cara ini lebih baik dilakukan sendiri tanpa diwakilkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian proses tukar uang hanya bisa dilakukan secara Offline dengan cara datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat sesuai jam operasional yang berlaku. Sesampainya disana, kalian tinggal ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Ambil Nomor Antrian

Silahkan ambil nomor antrian untuk pelayanan Customer Service. Setelah itu tunggu hingga nomor kalian dipanggil.

2. Jelaskan Maksud & Tujuan

Jika sudah, temui petugas lalu sampaikan bahwa kalian ingin tukar uang baru dengan nominal tertentu (sesuai ketentuan). Bank Mandiri menyediakan pilihan tukar uang dalam pecahan sebagai berikut :

  • Rp. 2000
  • Rp. 5000
  • Rp. 10.000
  • Rp. 20.000

3. Serahkan Uang

Selanjutnya serahkan uang yang akan ditukar. Nantinya petugas akan menghitung serta melakukan pengecekan keaslian uang tersebut menggunakan mesin.

4. Sebutkan Nominal Pecahan

Sebutkan jenis pecahan yang ingin kalian terima (sesuai ketentuan diatas). Jika sudah, petugas bakal melakukan proses berikutnya. Silahkan tunggu beberapa saat.

5. Proses Penerimaan Uang

Terakhir, kalian akan menerima pecahan uang dengan jumlah sesuai uang yang disetorkan. Misal, kalian menukarkan uang Rp. 2.000.000 menjadi pecahan Rp. 20.000, maka kalian akan menerima pecahan uang tersebut sebanyak 100 lembar.

Catatan : Pada cara tukar uang di Bank Mandiri kalian tidak akan dikenai tarif dalam bentuk apapun alias Gratis.

Limit Penukaran Uang di Bank Mandiri

Limit Penukaran Uang di Bank Mandiri
Advertisements

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara tukar uang di Bank Mandiri? Meskipun demikian, beberapa dari kalian mungkin masih penasaran dengan limit tukar uang di Bank Mandiri. Tenang, penjelasannya telah kami siapkan berikut ini.

Jadi, pada tahun 2021 Bank Mandiri menerapkan limit tukar uang sesuai kebijakan dari Bank Indonesia, yaitu Rp. 3.900.000. Dengan nominal tersebut kalian bisa menukar uang dalam bentuk pecahan Rp. 2000 sampai dengan Rp. 20.000.

KESIMPULAN

Seperti itulah tata cara tukar uang di Bank Mandiri 2021 yang berhasil Inspired2Write.com rangkum. Jadi, proses tersebut Bank Mandiri tidak memberlakukan BIAYA ADMIN dalam bentuk apapun. Disamping itu, pada tahun 2021 Bank Mandiri menerapkan kebijakan baru terkait limit tukar uang maksimal 3,9 juta rupiah. Kebijakan tersebut mengacu pada peraturan dari Bank Indonesia.

2 pemikiran pada “√ 5 Cara Tukar Uang di Bank Mandiri 2021 : Syarat & Limit Penukaran”

  1. Saya mau nukar uang baru di cabang mandiri cikarang jababeka capitol ditolak security katanya atm dan tabungan harus di cabang itu,sedang buku tabungan saya mandiri kantor cabang karawang.padahal.tahun lalu sy pernah nukar uang di situ dan tanpa syarat yg ribet.

    Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.