25 Cara Pengambilan BPKB BCA Finance Setelah Lunas 2023

Inspired2Write.com – Setelah melunasi pembayaran cicilan kendaraan, biasanya nasabah akan menerapkan Cara Pengambilan BPKB BCA Finance. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana serangkaian prosedur pengambilannya?

BCA Finance memang dikenal sebagai leasing dengan beragam dealer mitra di berbagai wilayah Indonesia. Tentunya setiap nasabah yang sudah membeli kendaraan secara kredit melalui leasing tersebut, akan tiba saatnya untuk melakukan cara pengambilan BPKB BCA Finance.

Namun, hal penting tersebut nampaknya kurang diimbangi dengan penyebaran informasi yang merata ke seluruh publik. Alhasil, masih ada beberapa pihak yang belum memahami tentang cara pengambilan BPKB BCA Finance.

Agar dapat membantu Anda yang saat ini tengah mencari informasi mengenai Cara Pengambilan BPKB BCA Finace tersebut, maka Inspired2Write akan coba jelaskan secara rinci. Jadi simak dengan seksama setiap poin pembahasan supaya prosedur pengambilan BPKB berjalan lancar.

Syarat Pengambilan BPKB BCA Finance

Syarat Pengambilan BPKB BCA Finance

Sebelum menerapkan cara pengambilan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat yang dibutuhkan. BCA Finance sendiri mengharuskan nasabah untuk melakukan reservasi sebelum mengambil BPKB.

Cara Reservasi Pengambilan BPKB akan dijelaskan pada poin berikutnya sebagai panduan bagi para nasabah. Kemudian setelah berhasil melakukan Reservasi, maka siapkan beberapa dokumen sebagai syarat pengambilan lainnya.

Berikut beberapa syarat pengambilan BPKB BCA Finance jika dilakukan secara mandiri.

  • KTP Asli (Data masih sama pada saat Anda melakukan pengajuan).

  • Surat Pernyataan Beda Alamat jika alamat di KTP berbeda dengan alamat tinggal sekarang Download

  • Surat Pernyataan Beda Nama dan Akta Kelahiran Asli atau Surat Keterangan Beda Nama dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (diperlukan ketika terdapat perbedaan nama di KTP saat ini dengan data KTP ketika pengajuan) Download

  • Surat Pernyataan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir serta melampirkan Surat Keterangan Beda Tempat dan/atau Tanggal/Bulan/Tahun Lahir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (diperlukan ketika terdapat perbedaan nama di KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan) Download

  • Surat Pernyataan Beda Tanda Tangan (diperlukan ketika ada perbedaan pada KTP saat ini dengan KTP saat pengajuan) Download

  • Melampirkan bukti kuitansi asli pembayaran angsuran terakhir (lunas normal) atau kuitansi asli pelunasan dipercepat sesuai prosedur BCA Finance.

Jika berkas di atas sudah Anda persiapkan, maka kita hanya perlu melakukan cara Reservasi Pengambilan. Nantinya prosedur Reservasi akan dilakukan melalui aplikasi dan juga Whatsapp BCA Finance.

Cara Reservasi Pengambilan BPKB BCA Finance Online

Sebelum menerapkan cara Reservasi, ada baiknya jika Anda instal terlebih dahulu Aplikasi BCA Finance. Apabila sudah berhasil menginstal aplikasinya di HP, berikut langkah-langkah pada cara melakukan reservasi Pengambilan BPKB BCA Finance melalui aplikasi.

  • Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi BCA Finance di HP Anda.
  • Kemudian pada halaman utama, silahkan tap menu Layanan Konsumen.
silahkan tap menu Layanan Konsumen
  • Selanjutnya tap opsi Reservasi BPKB.
Selanjutnya tap opsi Reservasi BPKB
  • Berikutnya pilih data kendaraan yang ingin dilakukan pengambilan BPKB.
Berikutnya pilih data kendaraan yang ingin dilakukan pengambilan BPKB
  • Kemudian isikan Detail Pengambilan BPKB sesuai dengan keterangan di setiap kolom.
  • Jika akan diambil secara mandiri, maka pastikan untuk nonaktifkan “Apakah Pengambilan BPKB Anda Dikuasakan?”.
Jika akan diambil secara mandiri maka pastikan untuk nonaktifkan
  • Silahkan isikan Lokasi Pengambilan BPKB.
Silahkan isikan Lokasi Pengambilan BPKB
  • Kemudian tentukan Tanggal Pengambilan BPKB.
tentukan Tanggal Pengambilan BPKB
  • Jika sudah ditentukan, maka selanjutnya pilih opsi Jam yang tersedia di tanggal Reservasi.
pilih opsi Jam yang tersedia di tanggal Reservasi
  • Apabila semua data sudah diisi, maka silahkan tap Lanjutkan.
Apabila semua data sudah diisi maka silahkan tap Lanjutkan
  • Cara Reservasi pengambilan BPKB sudah berhasil dilakukan.

Setelah berhasil melakukan Reservasi, maka berikutnya kita bisa menerapkan cara pengambilan BPKB. Prosedur ini akan dilakukan melalui kantor BCA Finance jadi pastikan semua syarat sudah terkumpul terlebih dahulu.

Cara Pengambilan BPKB BCA Finance Setelah Lunas

Cara Pengambilan BPKB BCA Finance Setelah Lunas

Tibalah saatnya untuk membahas tentang cara pengambilan BPKB. Siapkan semua berkas syarat terlebih dahulu, kemudian usahakan untuk datang sebelum jadwal Reservasi. Apabila semua hal tersebut sudah dipenuhi, berikut langkah-langkah pada cara pengambilan BPKB BCA Finance.

1. Kunjungi Kantor BCA Finance Sesuai Reservasi

Langkah pertama pada cara pengambilan adalah mengunjungi kantor BCA Finance sesuai dengan reservasi. Sebelumnya siapkan berkas persyaratan dan jadikan dalam satu wadah agar tidak tercecer ketika dibutuhkan.

2. Lakukan Registrasi Ulang

Setelah tiba di tujuan, lakukan registrasi ulang melalui petugas jaga. Nantinya Anda akan dicek kelengkapan syarat dan identifikasi kendaraan untuk pengambilan BPKB. Apabila sudah tidak ada tagihan apapun ketika pengambilan, maka Anda bisa langsung menuju Customer Service.

3. Lakukan Pembayaran Denda Jika Ada

Jika setelah dilakukan identifikasi ternyata ada Denda, maka petugas jaga akan mengarahkan nasabah ke loket untuk pembayaran Denda tersebut. Silahkan bayarkan denda sesuai dengan nominalnya.

4. Konfirmasi Pembayaran Denda

Apabila denda sudah dibayarkan, kasir loket akan mengarahkan Anda kembali ke petugas jaga BFI Finance. Nantinya petugas jaga akan mengkonfirmasi pembayaran denda dan akhirnya nasabah diizinkan untuk menemui Customer Service.

5. Menuju Customer Service BCA Finance

Setibanya di area Customer Service, silahkan utarakan maksud dan tujuan pengambilan BPKB. Serahkan juga seluruh berkas persyaratan untuk dilakukan verifikasi lebih lanjut. Jika sudah nantinya Anda akan diminta untuk menandatangani Surat Penyerahan.

6. Tanda Tangan Pengambilan BPKB BCA Finance

Silahkan lakukan tanda tangan di atas surat penyerahan tersebut dan tunggu beberapa saat sembari Customer Service kembali melakukan Verifikasi.

7. BPKB Resmi Berada di Tangan Nasabah

Jika semua prosedur sudah selesai, maka BPKB BCA Finance sudah resmi berada di tangan nasabah. Nantinya akan ada berkas lain selain BPKB untuk diserahkan kepada nasabah.

Dokumen yang Akan Diterima Setelah Pengambilan BPKB

Pada pembahasan cara sebelumnya dijelaskan jika kita akan menerima sejumlah berkas dari BCA Finance. Berkas ini akan diserahkan bersamaan dengan BPKB kendaraan yang kreditnya sudah kita lunasi.

Berikut beberapa dokumen yang akan diterima dalam cara pengambilan BPKB BCA Finance.

1. Dokumen Diterima untuk Kendaraan Baru

  • BPKB
  • Faktur Kendaraan
  • Blanko Kuitansi dengan tanda tangan nasabah

2. Dokumen Diterima untuk Kendaraan Bekas

  • BPKB
  • Faktur Kendaraan
  • Blanko Kuitansi dengan tanda tangan nasabah
  • Copy KTP dari pemilik lama/atas nama BPKB sebelumnya.
  • Blanko Kuitansi dengan tanda tangan pemilik lama.

Biaya Pengambilan BPKB BCA Finance

Biaya juga jadi hal penting untuk nasabah ketahui. Pasalnya pengambilan BPKB tersebut dilakukan secara gratis tanpa pungutan biaya. Namun, BCA Finance menganjurkan pengambilan BPKB maksimal 90 hari setelah kewajiban dilunasi.

Apabila pengambilan dilakukan lebih dari 90 hari, maka akan berlaku biaya penitipan sebesar Rp. 5.000,00 per hari. Itulah mengapa sangat dianjurkan bagi Anda semua yang telah melakukan pelunasan untuk segera menerapkan cara pengambilan BPKB di atas.

Call Center Resmi BCA Finance

Jika Anda ingin melakukan reservasi melalui layanan Call Center, maka hal tersebut bisa dilakukan. Ada beberapa layanan Call Center yang bisa digunakan untuk terhubung dengan BCA Finance dan juga reservasi.

Berikut beberapa layanan Call Center Resmi BFI Finance.

Jam Operasional Astari BCA Finance

Jika ingin melakukan Chatbot Whatsapp dengan ASTARI BCA Finance, maka terdapat jam operasional pelayanannya. ASTARI BCA Finance akan melayani pertanyaan Anda melalui Whatsapp setiap hari Senin – Jumat pukul 08.45 – 15.00 WIB.

Jam Kerja Kantor Pengambilan BPKB BCA Finance

Apabila ingin mengunjungi kantor BCA Finance guna melakukan pengambilan, maka ada baiknya nasabah ketahui jadwal atau jam kerja kantor. Berikut rincian mengenai jam kerja BCA Finance.

Senin08.45 – 15.00
Selasa08.45 – 15.00
Rabu08.45 – 15.00
Kamis08.45 – 15.00
Jumat08.45 – 15.00
SabtuTutup
MingguTutup

KESIMPULAN

Sekarang Anda sudah bisa merasa tenang berkat adanya Cara Pengambilan BPKB BCA Finance di atas. Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan antrian di tanggal yang dikehendaki.

Sekian pembahasan mengenai Cara Pengambilan BPKB BCA Finance dari Inspired2Write. Nantikan informasi mengenai dunia leasing dan berbagai macam topik hangat lainnya dari kami. Semoga pembahasan ini bisa memberikan panduan bermanfaat bagi nasabah BCA Finance.

Sumber Gambar: Admin Inspired2Write, BCAFinance.co.id

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.