15 Cara Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance & Simulasi

Bankir.id – Meringankan beban keuangan dengan Cara Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance merupakan keputusan yang bijak dalam dunia Leasing. Kira-kira apa yang dibutuhkan dalam percepatan pelunasan tersebut?

Mandiri Tunas Finance memang sudah menjadi andalan masyarakat yang saat ini ingin mengajukan kredit kendaraan maupun pinjaman multiguna. Menariknya lagi, pihak perusahaan juga memiliki cara pelunasan dipercepat Mandiri Tunas Finance.

Tentu hal ini bisa menjadi peluang nasabah untuk bisa mengakhiri tagihan yang datang setiap bulannya. Kendati cara pelunasan dipercepat Mandiri Tunas Finance sudah disediakan oleh pihak perusahaan, ternyata masih ada pihak nasabah yang belum mengetahuinya.

Agar dapat membantu Anda yang kini tengah mencari informasi Cara Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance, maka Inspired2Write akan coba menjelaskannya secara detail. Jangan sampai lewatkan setiap butir pembahasan supaya proses percepatan pelunasan berjalan lancar.

Syarat Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Syarat Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Sebelum membahas mengenai cara pelunasan dipercepat, maka terlebih dahulu kita harus memahami apa saja syarat yang dibutuhkan. Persyaratan ini akan membuat proses percepatan di Mandiri Tunas Finance berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa syarat Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance.

  • KTP Asli dari pemilik/atas nama di dalam BPKB.
  • KTP Asli penerima kuasa (apabila dikuasakan).
  • Membawa bukti pembayaran terakhir yang tercantum Nomor Kontrak.
  • Surat Kuasa yang ditandangani menggunakan materai (bisa didapatkan melalui kantor Mandiri Tunas Finance).
  • Dokumen tambahan lainnya (jika diperlukan).
  • Bersedia membayarkan denda.
  • Cicilan harus sudah berjalan 2/3 (dua per tiga) dari seluruh total pinjaman.

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka Anda sudah bisa langsung melaksanakan cara pelunasan dipercepat. Segala persyaratan tersebut tentunya lebih mudah jika dibandingkan dengan Cara Pengambilan BPKB BCA Finance.

Ketentuan Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Selain syarat, dalam praktik pelunasan dipercepat juga terdapat ketentuan yang harus dipatuhi oleh nasabah. Ketentuan ini diberikan karena pelunasan dipercepat erat kaitannya dengan Wanprestasi atau pelanggaran perjanjian awal.

Berikut beberapa ketentuan dalam pelunasan dipercepat Mandiri Tunas Finance.

1. Pembayaran Sisa Angsuran Pokok

Nasabah yang ingin menggunakan cara pelunasan dipercepat harus membayar seluruh sisa angsuran pokok dari kredit kendaraan. Cara menghitung sisa angsuran pokok cukup mudah karena Anda hanya perlu menghitung total angsuran pokok kemudian kurangi dengan angsuran pokok yang sudah terbayarkan.

2. Pembayaran Sisa Bunga

Nasabah yang ingin menggunakan cara pelunasan dipercepat harus membayar seluruh sisa bunga untuk bulan-bulan berikutnya. Cara menghitung sisa bunga ini adalah dengan menjumlahkan seluruh bunga sesuai tenor, kemudian kurangkan dengan bunga yang sudah terbayar di bulan-bulan sebelumnya.

3. Denda Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Umumnya kebijakan denda percepatan pelunasan akan diberikan tergantung dari masing-masing kantor cabang Mandiri Tunas Finance. Namun ketentuan ini bisa jadi juga tidak ada karena beberapa pertimbangan terhadap riwayat kredit nasabah.

Semua ketentuan di atas diterapkan oleh kebanyakan perusahaan Leasing pada umumnya. Tentunya sebagai penyelenggara kredit, Mandiri Tunas Finance juga bisa saja merubah kebijakannya sewaktu-waktu.

Cara Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan, maka tibalah saatnya untuk membahas mengenai cara pelunasan dipercepat. Perlu diketahui jika sistem pelunasan hanya dapat dilakukan melalui kantor Mandiri Tunas Finance.

Berikut langkah-langkah pada Cara Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance.

1. Koordinasi Dengan Pihak Mandiri Tunai Finance

Langkah pertama pada cara pelunasan dipercepat adalah menghubungi pihak perusahaan melalui layanan Call Center. Akses layanan Call Center dari Mandiri Tunas Finance sudah tersedia dalam pembahasan ini dan Anda hanya perlu menghubunginya saja.

Silahkan kontak Call Center Mandiri Tunas Finance pada jam kerja. Kemudian utarakan maksud dan tujuan pada Agen yang terhubung. Lakukan negosiasi dan gali informasi mengenai syarat tambahan dan prosedur tambahan dalam cara pelunasan dipercepat.

2. Catat Informasi Tambahan dari Mandiri Tunai Finance

Karena kegiatan koordinasi dengan pihak Mandiri Tunas Finance sangat penting, maka ada baiknya jika Anda mencatat poin-poin penting dalam percakapan. Jangan alihkan perhatian karena bisa saja terjadi kesalahpahaman ketika sudah melaksanakan cara pelunasan dipercepat.

3. Siapkan Berkas Persyaratan Pelunasan Dipercepat

Setelah mendapatkan informasi dan juga persetujuan terkait dengan percepatan pelunasan dari Mandiri Tunas Finance, maka segera siapkan berkasnya terlebih dahulu. Pastikan berkas persyaratan ditempatkan dalam satu wadah agar tidak tercecer saat pelunasan.

4. Menuju Kantor Mandiri Tunas Finance

Selanjutnya silahkan pergi menuju kantor cabang Mandiri Tunas Finance tempat Anda mengajukan permohonan kredit di awal. Nantinya Anda akan menghadap petugas jaga di kantor cabang tersebut.

5. Proses Identifikasi Kendaraan yang Akan Dilakukan Pelunasan

Petugas jaga akan melakukan serangkaian proses identifikasi status kredit kendaraan, cek kelengkapan berkas, dan tindakan lainnya jika dibutuhkan. Apabila sudah dirasa sesuai syarat percepatan pelunasan, maka Anda dizinkan melakukan pembayaran di kasir.

6. Pembayaran ke Kasir Mandiri Tunas Finance

Setibanya di loket kasir, silahkan serahkan sejumlah uang yang ditujukan untuk pelunasan. Nantinya Anda akan diberikan bukti pembayaran dari Mandiri Tunas Finance. Nantinya bukti pembayaran tersebut akan di tanda tangani oleh nasabah.

7. Konfirmasi Pembayaran ke Teller

Jika sudah mendapatkan bukti pembayaran yang sudah ditandatangani, maka langkah selanjutnya adalah menuju bagian Teller Mandiri Tunas Finance. Silahkan serahkan bukti pembayaran dan juga berkas persyaratan agar BPKB bisa didapatkan.

8. Tanda Tangan Surat Penyerahan BPKB Mandiri Tunas Finance

Setelah Teller selesai melakukan verifikasi data, maka Anda diminta untuk menandatangani surat penyerahan BPKB dan juga bukti pelunasan tagihan. Nantinya BPKB akan diberikan saat hari kerja tergantung kebijakan dari masing-masing kantor cabang.

Ternyata cara pelunasan dipercepat tersebut sangat mudah. Kuncinya adalah kelengkapan persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak Mandiri Finance. Namun sekali lagi kebijakan mengenai prosedur pelunasan dipercepat juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Keuntungan Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Dibalik denda yang terselip dalam pelunasan dipercepat, nyatanya tetap ada keuntungan bagi nasabah dibaliknya. Inilah mengapa banyak pihak merasa tertarik untuk mengetahui informasi mengenai cara percepatan pelunasan di Mandiri Tunas Finance.

Berikut beberapa keuntungan dari percepatan pelunasan Mandiri Tunas Finance.

1. Memberikan Ketenangan Psikologis

Terkadang memiliki kredit berjalan membuat pikiran jadi tidak tenang mengingat potensi resikonya yang cukup besar. Namun dengan melakukan percepatan pelunasan, maka kita akan terhindar dari beban pikiran tersebut dan membuat kondisi psikologis jadi lebih tenang.

2. Diskon Angsuran Jika Dilakukan Saat Promo

Menurut penuturan sejumlah pihak yang sudah mengikuti cara pelunasan dipercepat, seringkali terdapat diskon angsuran dari pihak leasing jika ada promo. Mandiri Tunas Finance juga demikian sehingga dana yang harus dibayarkan jadi lebih ringan.

Simulasi Perhitungan Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance

Penentuan keputusan untuk melakukan percepatan pelunasan di Mandiri Tunas Finance pastinya akan lebih mudah jika kita mengetahui gambarannya. Namun informasi ini hanya bisa didapatkan dengan menghubungi Customer Service Mandiri Tunas Finance melalui Call Center.

Jika ingin mencoba untuk menghitung seperti layaknya leasing pada umumnya, maka berikut perhitungan pelunasan dipercepat Mandiri Tunas Finance.

Kami menggunakan contoh dimana seorang nasabah A memiliki total kredit sebesar Rp. 25.000.000,00 (jika kendaraan, ini sudah dipotong dengan DP). Sementara angsuran bulanannya adalah Rp. 1.250.000,00 dengan tenor 24 bulan.

Setelah itu diketahui juga bahwa nasabah A ternyata sudah melunasi tagihan selama 15 Bulan. Karena ingin melakukan percepatan pelunasan, maka terdapat biaya penalty sebesar 3%. Jadi berapa tagihan pelunasan dipercepat dari nasabah A.

Jawaban

a. Total Uang Pelunasan Pinjaman
(Angsuran x Tenor)
Rp. 1.250.000,00 x 24 Bulan = Rp. 30.000.000,00

b. Total Tagihan yang Sudah Dilunasi
(Angsuran x Periode Tagihan sudah Dilunasi)
Rp. 1.250.000,00 x 15 Bulan = Rp. 18.750.000,00

c. Total Tagihan yang Belum Dilunasi
(Total Uang Pelunasan Pinjaman – Total Tagihan yang Sudah Dilunasi)
Rp. 30.000.000,00 – Rp. 18.750.000,00 = Rp. 11.250.000,00

d. Besaran Penalty
Total Tagihan yang Belum dilunasi x Persentase Penalty
Rp. 11.250.000,00 x 3% = Rp. 337.500,00

e. Total Uang Percepatan Pelunasan
Total Tagihan yang Belum Dilunasi + Besaran Penalty
Rp. 11.250.000,00 + Rp. 337.500,00 = Rp. 11.587.500,00

Apabila ingin perhitungan lebih akurat, maka ada baiknya Anda menghubungi Call Center Resmi dari Mandiri Tunas Finance. Selain bisa memberikan Anda perhitungan, tata cara perlunasan dipercepat juga bisa dikonsultasikan secara langsung.

Call Center Resmi Mandiri Tunas Finance

Sebelumnya sudah disinggung jika peran Call Center Mandiri Tunas Finance dalam percepatan pelunasan cukup besar. Jadi informasi ini harus Anda ketahui agar bisa langsung berkonsultasi dengan pihak manajemen.

Berikut beberapa layanan Call Center Resmi Mandiri Tunas Finance.

  • Care Center Resmi Mandiri Tunas Finance: 1500059
  • Whatsapp Resmi MARSHA Mandiri Tunas Finance: 08111455740
  • Email Resmi Mandiri Tunas Finance: Customer Service MTF

KESIMPULAN

Akhirnya kita sudah mengetahui bagaimana Cara Pelunasan Dipercepat Mandiri Tunas Finance melalui pembahasan di atas. Tentunya konsultasikan terlebih dahulu mengenai percepatan pelunasan tersebut agar bisa mendapatkan akses.

Sekian pembahasan mengenai Cara Percepatan Pelunasan Mandiri Tunas Finance dari Bankir ID. Nantikan informasi menarik seputar dunia leasing dan topik terupdate lainnya hanya dari kami. Semoga pembahasan ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh nasabah Mandiri Tunas Finance.

Sumber Gambar: Admin Inspired2Write, MTF.co.id, Pinterest.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.