CF dalam Sepak Bola 2023: Tugas & Posisi Pemain, Ada Haaland!

CF dalam Sepak Bola – Menjadi salah satu aktor penting di lapangan hijau nampaknya merupakan impian dari pemain kesebelasan. Hal tersebut mungkin bisa kalian rasakan saat menjadi CF dalam sebuah pertandingan.

Sepak Bola merupakan salah satu cabang olahraga beregu yang diisi oleh sebelas pemain. Masing-masing dari pemain tersebut memiliki posisi dan perannya masing-masing termasuk CF dalam sepak bola.

Namun, sampai saat ini ternyata masih ada beberapa pihak yang belum mengetahui tentang CF dalam sepak bola. Padahal puluhan pertandingan selalu dihadirkan setiap pekan di berbagai penjuru dunia.

Agar kalian bisa mengetahui berbagai hal tentang CF dalam sepak bola, maka Inspired2Write akan membahasnya secara lengkap. Mulai dari pengertian, tugas, hingga contoh CF terbaik akan kami sajikan dalam pembahasan kali ini.

Apa Itu CF dalam Sepak Bola

CF atau biasa disebut sebagai Centre Forward adalah posisi dimana seorang pemain akan ditempatkan di barisan depan bagian tengah. Biasanya peran CF akan dimainkan apabila pelatih menggunakan taktik 2 hingga 3 pemain di depan.

Sebagai seorang CF, tentunya pemain akan dituntut untuk bisa menggempur pertahanan lawan dan menjadi mesin pencetak gol bagi tim. Jadi dalam dunia sepak bola, posisi tersebut sangat penting bagi beberapa tim.

Contoh Posisi CF dalam Formasi Sepak Bola

Penggunaan Centre Forward memang sangat berpengaruh bagi sepak bola modern. Apalagi jika formasi yang digunakan sesuai dan didukung dengan rekan satu tim yang visioner. Jadi dimana posisi CF pada saat berada di dalam formasi?

Agar kalian lebih mudah dalam memahaminya, berikut gambaran posisi seorang CF di dalam formasi.

Contoh Posisi CF dalam Formasi Sepak Bola

Tugas CF dalam Sepak Bola

Apabila kalian mengemban tanggung jawab sebagai seorang CF, maka ada beberapa tugas utama yang harus bisa dilakukan. Beberapa tugas tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil akhir dalam pertandingan sepak bola bagi sebuah tim.

Berikut beberapa tugas seorang Centre Forward ketika berada dalam pertandingan sepak bola.

1. Melakukan Finishing atau Penyelesaian

Sudah menjadi tugas seorang Centre Forward untuk menjadi eksekutor atas umpan-umpan yang diberikan oleh rekan satu tim. Pasalnya posisi ini lebih ideal untuk mencetak gol dalam permainan sepak bola.

Jadi sebisa mungkin seorang CF harus memiliki insting mencetak gol serta mahir dalam melakukan penyelesaian atau sentuhan akhir bola. Banyak pemain di luar posisi ini yang justru tidak berhasil melakukan finishing padahal hanya tinggal berhadapan dengan Goal Keeper saja.

2. Menjadi Target Man dalam Sepak Bola

Mungkin kalian pernah mendengar tentang istilah Target Man dalam dunia sepak bola. Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan Target Man? Istilah tersebut merujuk pada prioritas seorang pemain untuk menerima umpan dari rekan satu tim.

Memikul tanggung jawab sebagai Target Man artinya kalian harus siap sedia menyambut umpan dari rekan satu tim lainnya. Kunci sukses bagi seorang CF Target Man adalah mencari posisi dan celah kosong tanpa penjagaan. Jadi umpan lebih bisa mudah diterima serta dilesatkan ke gawang.

3. Ikut Membangun Serangan

Formasi dengan menggunakan Forward cenderung lebih leluasa dalam permainan sepak bola. CF tidak hanya diam menunggu bola, tetapi juga bisa ikut membangun serangan. Itulah mengapa formasi dengan sistem Forward cenderung lebih dinamis dan mematikan bagi bek lawan.

Jadi CF tidak melulu mencetak gol bisa juga menjadi inisiator serangan serta mencetak Assisst bagi yang lainnya. Itulah mengapa formasi dengan penggunaan barisan Forward seringkali sulit diantisipasi oleh lawan ketika menyerang.

4. Menjadi Target Marking Lawan

Faktanya, CF adalah salah satu momok menakutkan bagi bek lawan. Pasalnya pemain tersebutlah yang memiliki persentase paling tinggi dalam mencetak gol sepak bola. Hal ini tentu saja membuat kalian dijaga habis-habisan oleh bek lawan.

Namun, hal tersebut merupakan sebuah keuntungan karena kalian sudah berhasil mengalihkan fokus bek lawan terhadap rekan satu tim yang lain. Jadi meski CF tidak berhasil mencetak gol, setidaknya kalian bisa memberikan kebebasan bergerak bagi rekam satu tim lainnya.

5. Sesekali Membantu Pertahanan

Bukankah tugas CF adalah berada di depan serta menunggu bola datang agar bisa dieksekusi menjadi gol? Tentu saja tidak karena dalam sepak bola modern, terkadang Centre Forward juga turun ke daerah pertahanan.

Namun perlu diingat jika CF tidak akan terlalu sering membantu pertahanan karena bisa saja membuat pemain kehilangan momen penting untuk mencetak gol. Belum lagi jarak area pertahanan hingga area serang cukup jauh sehingga menguras stamina CF.

Perbedaan CF dan ST

Seringkali orang-orang beranggapan jika posisi CF dan ST (Striker) merupakan dua hal yang sama. Padahal jika dijabarkan secara tugas serta perannya dalam sepak bola sangatlah berbeda. Bahkan jika dilihat dari segi formasi antar CF maupun ST juga berbeda.

Berikut beberapa perbedaan antara CF dan ST.

CF (Centre Forward)ST (Striker)
Melakukan serangan secara berkelompokMenjadi penyerang tunggal
Bisa bergerak secara fleksibel di lapanganHanya bermain di area 20 kotak penalti lawan
Memiliki banyak peran menyerangHanya menjadi Target Man
Lebih diuntungkan saat PressingLebih diuntungkan saat Counter Attack

KESIMPULAN

Kini kalian sudah paham tentang CF dalam sepak bola serta apa saja yang harus dilakukan ketika ditugaskan pada posisi tersebut. Secara umum itulah gambaran CF ketika berada di pertandingan. Hanya saja peran tersebut bisa berubah lagi sesuai dengan perkembangan taktik.

Sekian pembahasan mengenai Centre Forward dari Inspired2Write. Nantikan informasi seputar dunia sepak bola lainnya yang akan kami update setiap hari. Semoga pembahasan ini bisa membantu kalian untuk beradaptasi di dalam sebuah tim sepak bola.

Sumber Gambar: Admin Inspired2Write, ID.ManCity.com, Quora.com