8 Cara Mengganti Alamat JNE yang Sudah Dikirim Oleh Kurir 2022

Cara Mengganti Alamat JNE yang Sudah Dikirim – Dalam proses pengiriman barang logistik, alamat menjadi bagian penting yang tidak boleh terlupakan agar paket dapat dikirim atau tersampaikan dengan baik. Dengan kata lain tanpa alamat, paket tidak dapat dikirim ke tujuan.

Nah, dalam proses pengiriman barang, terkadang masalah juga banyak dialami oleh orang-orang. Dimana ketika mengirim sebuah barang, tak jarang terdapat kesalahan alamat tujuan, yang mungkin bisa terjadi karena kesalahan pengirim maupun penerima itu sendiri.

Salah menulis alamat paket, kerap kali terjadi pada banyak orang yang menggunakan jasa layanan pengiriman barang JNE. Kesalahan alamat ini harus segera diselesaikan, dimana jika dibiarkan maka paket yang dikirim tidak akan tersampaikan kepada penerima yang sebenarnya.

Jika terjadi kesalahan penulisan alamat, maka tindakan yang harus dilakukan adalah mengganti alamat tersebut. Adapun cara mengganti alamat pengiriman paket yang sudah dikirim melalui layanan logistik JNE, langsung saja simak ulasan lengkap dari kami di bawah ini.

Faktor Salah Alamat Paket JNE

Faktor Salah Alamat Paket JNE

Kesalahan alamat sebenarnya disebabkan oleh faktor pengirim, penerima maupun kurir. Selain itu, ada banyak faktor yang memungkinkan kesalahan alamat dapat terjadi, diantaranya :

  • Pengirim salah tulis alamat.
  • Informasi penerima kurang jelas.
  • Admin JNE salah input alamat di aplikasi.
  • Kurir JNE salah mengantar paket.

Nah, sebenarnya masih banyak faktor lain yang memungkinkan kesalahan alamat dapat terjadi. Namun, dari daftar di atas adalah contoh faktor paling berpengaruh terjadinya salah alamat.

Tindakan Kurir JNE Jika Salah Alamat

Tindakan Kurir JNE Jika Salah Alamat

Apabila terjadi kesalahan alamat, tindakan tidak harus hanya dilakukan oleh pihak pengirim, namun juga sang kurir JNE itu sendiri. Berikut beberapa tindakan kurir JNE jika salah alamat.

1. Menghubungi Penerima

Hal yang harus dilakukan, ketika kurir tidak dapat menemukan alamat penerima ialah menghubungi penerima itu sendiri. Pastinya pada paket tersebut tertera nomor telepon penerima.

Ini bertujuan agar penerima bisa membantu ataupun mengarahkan kurir JNE ke alamat tujuan. Untuk lebih praktis penerima akan membagikan lokasi tempat tinggalnya pada kurir.

2. Mengembalikan Paket ke Agen JNE

Demi keamanan paket dan agar tidak berisiko pada saat kurir kesulitan alamat paket yang dikirim, maka sebaiknya bawa kembali ke kantor agen JNE terdekat. Nantinya, tinggal hubungi penerima bahwa paket telah dititipkan ke kantor agen JNE terdekat dari rumahnya.

3. Menitipkan Paket di Kantor Desa

Ketika tidak dapat menemukan alamat penerima, maka kurir dapat menitipkan paket ke kantor desa sesuai alamat yang tertera pada paket. Ini bisa kurir lakukan ketika nomor penerima tidak bisa dihubungi. Jadi, nantinya penerima dapat mengambil paket ke kantor desa.

4. Mengembalikan Paket ke Alamat Pengirim

Tindakan yang dapat kurir ambil ketika sulit menemukan alamat penerima, ialah dengan menghubungi atau mengembalikan paket ke alamat pengirim. Inilah pentingnya alamat pengirim. Jadi ketika terdapat masalah seperti alamat paket tidak ditemukan, maka paket dapat dikembalikan ke pengirim.

Cara Mengganti Alamat JNE yang Sudah Dikirim

Cara Mengganti Alamat JNE yang Sudah Dikirim

Baik pengirim maupun penerima, apabila menyadari bahwa ada kesalahan pada alamat, maka kesalahan tersebut masih bisa diperbaiki. Dimana yang dilakukan adalah mengganti alamat JNE yang sudah dikirim tersebut dengan alamat yang sesuai dan benar.

Sebenarnya cara mengganti alamat JNE yang sudah dikirim tak jauh berbeda dengan cara mengganti alamat J&T yang sudah dikirim, dimana cukup dengan melakukan pelaporan. Adapun cara-cara untuk mengganti alamat JNE yang sudah dikirim yaitu sebagai berikut ini.

1. Mengganti Alamat Yang Sudah Dikirim JNE via Email

Cara pertama untuk mengganti alamat barang yang sudah dikirim dapat dilakukan melalui email. Dimana, Anda hanya perlu mengirim pesan via email customercare@jne.co.id, dan sampaikan bahwa paket dengan nomor resi sekian terdapat kesalahan alamat.

Nantinya, pihak JNE akan menghubungi kurir yang mengirim barang untuk kembali ke kantor dan mengganti dengan alamat yang benar. Maka, nantinya paket akan dikirim di hari berikutnya.

2. Hubungi Pengirim Barang Yang Sudah Dikirim

Cara lainnya yaitu dengan menghubungi pihak pengirim. Jika Anda adalah seorang penerima dan menyadari bahwa alamat tujuan salah ketika melacak paket, maka hubungi pengirim.

Nantinya, pihak pengirim akan membantu menginformasikan kepada pihak JNE bahwa paket yang mereka kirim atas nama sekian dan nomor resi sekian telah terjadi kesalahan alamat.

3. Mengganti Alamat Barang yang Sudah Dikirim di Kantor JNE Terdekat

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengganti alamat JNE yang sudah dikirim yaitu dengan meminta bantuan ke pihak JNE. Silahkan kunjungi kantor JNE terdekat dengan membawa nomor resi, bukti pembayaran dan identitas diri, lalu informasikan bahwa ada kesalahan alamat pengiriman.

Nantinya, pihak admin JNE akan menghubungi kurir bahwa paket sesuai data Anda salah alamat dan meminta untuk mengembalikannya ke kantor. Nantinya, Anda hanya tinggal mengganti alamat barang yang sudah dikirim tersebut dengan alamat tujuan yang baru.

4. Hubungi Kantor JNE Dimana Barang Anda Berada

Selain itu, Anda juga bisa langsung menghubungi lokasi kantor JNE dimana barang Anda berada. Untuk itu, lacak kembali proses pengiriman barang Anda agar bisa mengetahui dimana posisi barang Anda sekarang.

Hubungi kantor cabang JNE tersebut untuk mengkonfirmasi kembali alamat penerimaan barang yang benar untuk dituju.

Apakah Mengganti Alamat Paket JNE yang Sudah Dikirim Dikenakan Biaya ?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah mengganti alamat JNE yang sudah dikirim dikenakan biaya? jawabannya tidak. Dari informasi yang kami dapatkan, pihak JNE tidak membebankan biaya tambahan terkait perubahan alamat.

Hanya saja diperlukan bukti transaksi, nomor resi dan KTP sebagai dokumen pendukung untuk melakukan perubahan. Jadi, tak perlu khawatir akan terkena biaya perubahan alamat.

Nah, itulah beberapa cara mengganti alamat JNE yang sudah dikirim yang dapat inspired2write.com sajikan buat Anda semua. Demikianlah informasi dari kami, semoga membantu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.