√ 10 Cara Menjadi Agen Shopee Express : Syarat, Keuntungan & Komisi

Cara Menjadi Agen Shopee Express – Jasa ekspedisi saat ini sudah menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Di Indonesia, tersedia banyak pilihan jasa ekspedisi, seperti JNE, JnT, SiCepat dan yang terbaru adalah Shopee Express.

Khusus untuk ekspedisi Shopee Express, sesuai dengan namanya fasilitas ini memang disediakan oleh Shopee. Ya, menjadi salah satu perusahaan eCommerce di Indonesia bahkan Asia, Shopee ingin selalu memberikan pelayanan maksimal untuk para pelanggan.

Menariknya lagi, Shopee juga memberikan kesempatan untuk para pelanggan yang ingin menjadi agen Shopee Express. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan bagi para Agen Shopee Express, mulai dari fasilitas, Fee atau komisi hingga progress penjualan untuk para pemilik Toko di Shopee.

Jika begitu, seperti apa sih cara menjadi Agen Shopee Express? Apa saja yang harus disiapkan jika ingin menjadi Agen Shopee Xpress? Apakah ada biaya registrasi? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kalian temukan dibawah ini.

Apa Itu Agen Shopee Express?

Apa Itu Agen Shopee Express

Sebelum masuk ke inti pembahasan, kami rasa banyak dari kalian yang belum begitu paham atau bahkan baru pernah mendengar istilah Agen Shopee Express (SPX). Jadi, Agen Shopee Express merupakan program kemitraan yang disediakan oleh Shopee. Bisnis ini juga merupakan salah satu usaha paling laku di pasaran.

Dalam program ini, Agen Shopee Xpress bakal menjadi lokasi penerimaan paket Shopee yang menggunakan jasa ekspedisi Shopee Express. Dalam arti lain, para Agen Shopee nantinya bisa menjadi lokasi pengiriman paket oleh para Penjual Shopee untuk mengirimkan pesanan Customer yang menggunakan jasa pengiriman Shopee Express.

Selain menjadi lokasi Pick Up, para Agen juga bisa menjadi lokasi Drop Off Point (DOP) yaitu lokasi pengambilan paket Shopee. Dengan begitu, pelanggan yang berada di sekitar Agen bisa datang langsung ke lokasi Agen Shopee Express untuk mengambil paket mereka.

Satu lagi, untuk memaksimalkan layanan para Agen Shopee Express juga bisa mempekerjakan beberapa kurir untuk mengirimkan paket ke masing-masing alamat. Bagaimana, semakin tertarik untuk menjadi Agen Shopee Express?

Syarat Jadi Agen Shopee Xpress

Sama seperti saat mendaftar sebagai Agen Bukalapak, bagi kalian yang ingin menjadi Agen kemitraan Shopee juga diwajibkan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika begitu, apa saja syarat untuk menjadi Agen SPX?

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, setiap masyarakat yang ingin menjadi Agen harus memenuhi syarat dan ketentuan berikut ini :

1. Memiliki Lokasi Memadai

Syarat pertama adalah bersedia menyiapkan lokasi berupa rumah, gedung atau ruko sebagai tempat penyimpanan paket Shopee yang diterima. Di lokasi tersebut nantinya para Agen akan memproses pengiriman ke alamat penerima (paket Drop Off Point) atau mengirimkan paket dari Penjual ke luar kota (paket Pick Up).

2. Memiliki Perangkat Komputer (PC / Laptop)

Syarat kedua, setiap Agen Shopee Express juga disarankan memiliki perangkat komputer baik itu dalam bentuk PC maupun Laptop. Dengan adanya perangkat tersebut, nantinya proses input dan output bisa dilakukan lebih mudah dan ter-struktur.

3. Memperoleh Penawaran Khusus Dari Shopee

Sedangkan untuk syarat terakhir sekaligus yang terpenting adalah menerima penawaran dari pihak Shopee untuk menjadi Agen SPX. Jadi, meskipun sudah menyediakan lokasi dan perangkat yang memadai, jika dari pihak Shopee tidak memberikan penawaran, maka kalian tidak bisa menjadi Agen Shopee Express.

Cara Menjadi Agen Shopee Express

Cara Menjadi Agen Shopee Express

Kemudian untuk tata cara menjadi Agen SPX sendiri informasi nya tidak dijelaskan secara lengkap oleh pihak Shopee. Meski begitu, kami berhasil mendapatkan informasi dari salah satu Agen Shopee Express yang berlokasi tidak jauh dari Kantor kami.

Jadi, tata cara menjadi Agen SPX sangatlah mudah, setiap calon Agen yang telah menerima penawaran dari Shopee akan diminta mengisi formulir registrasi. Adapun data-data yang perlu dicantumkan pada formulir tersebut adalah :

Formulir Pendaftaran Agen Shopee Express

Setelah mengisi dan mengirimkan formulir tersebut, nantinya dari pihak Shopee akan meninjau ulang apakah data tersebut memenuhi kriteria menjadi Agen Shopee Express atau tidak. Jika ternyata memenuhi kriteria, maka akan ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak Shopee.

Setelah semua prosedur atau tata cara pendaftaran menjadi Agen Shopee Express selesai, dari pihak Shopee akan menjelaskan lebih lanjut terkait peraturan sebagai Agen SPX. Atau untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program ini, kalian bisa menghubungi langsung Customer Service Shopee Express.

Keuntungan Menjadi Agen Drop Off Point Shopee Xpress

Setelah mengetahui apa saja prosedur pendaftaran menjadi mitra Shopee Xpress, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai keuntungan menjadi Agen SPX. Jadi, setiap pemilik Toko di Shopee yang berhasil menjadi Agen SPX nantinya bakal memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut :

1. Banyak Pengguna Jasa Shopee Xpress

Keuntungan pertama adalah jasa ekspedisi Shopee Express kini banyak dipilih oleh para pelanggan Shopee. Hal ini tentu dikarenakan biaya pengiriman menggunakan jasa ini tergolong sangat murah. Bahkan kini juga tersedia pilihan Antar Paket ke Alamat dan Ambil di Agen.

Untuk pelanggan yang memilih Antar Paket ke Alamat nantinya ongkos kirim nya menyesuaikan lokasi penerima. Sedangkan untuk pilihan Ambil di Agen, kalian bakal menerima potongan ongkir hingga 70%. Dengan begitu, ketika berhasil menjadi Agen Shopee Express, dijamin kalian tidak akan bingung mendapatkan pelanggan.

2. Menunjang Penjualan Produk di Toko Shopee

Keuntungan lain untuk para Agen Shopee Express adalah meningkatkan progress penjualan. Sebab, dengan menjadi Agen SPX kalian bisa menambahkan informasi pada kolom deskripsi Toko, agar para pembeli di Toko Shopee kalian memilih jasa pengiriman Shopee Express jika ingin mendapatkan potongan ongkos kirim.

3. Memperoleh Fee Hingga Jutaan Rupiah

Terakhir, dengan cara menjadi Agen Shopee Express kalian juga bisa menambah pendapatan hingga jutaan rupiah. Ya, semakin banyak pelanggan Shopee yang menggunakan jasa pengiriman Shopee Express, maka semakin besar juga keuntungan yang diperoleh.

Komisi Agen Shopee Express

Komisi Agen Shopee Express

Bicara mengenai keuntungan menjadi Agen Shopee Express, khususnya dari segi income, disini kami berhasil memperoleh informasi terkait nominal komisi yang diperoleh Agen SPX. Jadi, ketentuan nominal komisi ini dihitung per paket.

Setiap paket yang di Drop ke lokasi Agen Shopee Express maupun paket Pick Up kalian akan mendapatkan komisi sebesar Rp. 500 (Lima Ratus Rupiah). Dengan begitu, semakin banyak paket yang di Drop maupun di Pick Up, maka semakin besar komisi yang dikumpulkan.

KESIMPULAN

Demikianlah pembahasan dari Inspired2Write.com mengenai cara daftar Agen SPX (Shopee Xpress) lengkap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Diatas kami juga menjelaskan bahwa setiap Agen SPX bakal mendapatkan keuntungan dari segi progress penjualan hingga income tambahan senilai jutaan rupiah. Bagaimana, tertarik untuk bergabung menjadi salah satu mitra Shopee Express?

sumber gambar :

  • serikatnews.com
  • seller.shopee.co.id
  • nyophee.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.