4 Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api 2021 : Syarat & Modal

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api – Sekarang ini menambah penghasilan sudah semakin mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, salah satunya yaitu dengan menjadi agen tiket kereta api.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, sekarang ini penjualan tiket kereta sudah tidak dapat dibeli lagi di stasiun. Tiket kereta kini bisa dibeli di call center, secara online atau melalui agen resmi tiket kereta api, meskipun ada beberapa stasiun yang masih menjualnya.

Dengan demikian menjadi agen tiket kereta bisa jadi solusi yang paling tepat, karena profesi ini diklaim menjadi profesi yang menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Selain itu, peluang menjadi agen tiket kereta juga terbuka lebar.

Tentunya hal tersebut menjadi kesempatan emas. Lantas bagaimana cara menjadi agen tiket kereta api? Cara menjadi agen tiket kereta sendiri sangat mudah, dimana agen hanya perlu mendaftar dan memenuhi syarat yang berlaku.

Syarat Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Syarat Menjadi Agen Tiket Kereta Api
Advertisements

Sebelum mendaftar menjadi agen resmi tiket kereta, anda mesti mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan. Sama halnya seperti MENJADI AGEN SICEPAT, dimana yang namanya bergabung dengan perusahaan pastinya harus memenuhi persyaratan sebagai bahan pertimbangan, apakah seorang calon agen layak bergabung resmi menjadi agen di perusahaan terkait.

Adapun persyaratan yang harus dipersiapkan untuk menjadi penjual tiket kereta yaitu sebagai berikut.

1. Persyaratan Administrasi

Persyaratan administrasi meliputi, surat permohonan, akte pendirian usaha, KTP penanggung jawab, surat izin usaha dan lain sebagainya, tergantung kebijakan perusahaan.

2. Setoran Jaminan

Sedangkan, setoran jaminan merupakan biaya berupa jaminan selama anda siap menjadi agen. Jaminan yang diminta bisa juga uang tunai atau dokumen berhaga, seperti surat tanah.

3. Setoran Deposit

Setoran deposti yang dimaksud yaitu biaya deposit sebagai biaya awal untuk pembelian tiket. Untuk besaran setoran deposit, rata rata perusahaan meminta anda membayar deposit kisaran Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.

4. Sarana dan Prasaran

Syarat sarana dan prasana meliputi tempat yang akan dijadikan sebagai tempat usaha agen, fasilitas keaganen dan lain sebagainya.

Modal Penjualan Tiket Kereta Api

Modal Penjualan Tiket Kereta Api
Advertisements

Sedangkan untuk modal yang dibutuhkan untuk menjadi agen tiket kereta api tidaklah sedikit. Bagaimanapun yang namanya bisnis tentunya membutuhkan modal agar bisnis tersebut bisa dijalankan. Lantas berapa modal menjadi agen tikek kereta?

Modal yang dibutuhkan diperkirakan mencapai Rp. 30 juta lebih. Meskipun modal yang dibutuhkan sangat besar, namun jangan salah keuntungan yang bisa anda dapatkan tidak main-main loh! Modal yang besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula.

Namun, jika anda memperhitungan dengan baik dan benar dengan melakukan analisa dan melakukan perhitungan modal, mungkin saja modal yang dibutuhkan bisa lebih kecil dari modal tersebut. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis, disarankan untuk mempersiapkan segala hal dengan matang.

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api

Cara Menjadi Agen Tiket Kereta Api
Advertisements

Setelah mengetahui syarat-syarat dan modal yang dibutuhkan, mungkin anda tertarik menjadi agen tiket kereta, anda bisa langsung mendaftarkan diri. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.

1. Daftar dan Ajukan Persyaratan Jadi Agen

Langkah yang pertama, silahkan mendaftar menjadi agen terlebih dahulu di PT KAI dengan mengajukan persyaratan yang telah anda siapkan.

2. Seleksi Admistrasi

Setelah itu, nantinya pemohonan yang anda ajukan akan diseleksi kembali, apakah nantinya anda layak menjadi agen atau tidak. Jika anda layak bergabung menjadi agen, maka nantinya pihak terkait melakukan survey lokasi.

3. Survey Lokasi Usaha

Setelah melewati seleksi administrasi, selanjutnya pihak KAI akan mengujungi lokasi tempat usaha anda untuk melakukan survey. Apakah lokasi usaha anda layak atau tidak serta berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau atau tidak.

4. Pembuatan Perjanjian Kontrak Kerja

Jika lokasi usaha anda lolos survey, biasanya pihak KAI akan meminta anda datang ke kantor untuk membuat perjanjian kontrak kerja. Nantinya yang perlu anda siapkan hanya KTP dan berkas pendung yang diberitahukan oleh tim survey.

5. Software & Pelatihan

Setelah menjadi agen, selanjutnya anda perlu mengikuti pelatihan yang dilakukan di kantor KAI. Jadi ikuti saja panduan dari pihak KAI. Nantinya anda juga akan dilatih menggunakan software, untuk menjual tiket secara online, melapor hasil penjualan dan lain sebagainya.

Komisi Agen Tiket Kereta Api

Komisi Agen Tiket Kereta Api
Advertisements

Selanjutnya, setelah anda resmi menjadi agen tentunya anda penasaran dengan besar komisi atau keuntungan yang bisa didapat dari hasil menjadi agen tiket kereta. Tentu saja keuntungan yang akan anda dapatkan cukup besar, tergantung kinerja dan ketekuanan anda dalam menjalankan bisnis jual beli tiket kereta ini.

Dari informasi yang kami dapat, agen tiket kereta akan mendapatkan komisi kisaran Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 per tiket yang terjual. Misalkan dalam sehari anda menjual 25 tiket dengan keuntungan dari jual per tiket sebesar 5.000.

Maka perhitungannya yaitu 25 x 5.000 = 125.000 per hari. Jadi keuntungan yang bisa anda dapatkan dalam sebulan yaitu 125.000 x 30 = 3.750.000. Sangat besar bukan komisi yang bisa didapat dari seorang agen pejualan tiket kereta. Dengan begitu, maka anda bisa balik modal dengan cepat.

Itulah beberapa cara menjadi agen tiket kereta api yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan menjadi agen tiket kereta, anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar, meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar.

Tinggalkan komentar