√ 15 Cara Cek Mutasi BSI Lewat ATM & mBanking 2023

Cara Cek Mutasi BSI – Beberapa bulan yang lalu telah diresmikan Bank baru bernama BSI (Bank Syariah Indonesia). Bank ini merupakan hasil merger atau gabungan dari 3 Bank Syariah, antara lain BRI Syariah (BRIS), BNI Syariah (BNIS) dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

BSI resmi beroperasi sejak tanggal 1 Februari 2021 dengan visi menjadi salah satu Bank Syariah terbesar menurut kapitalisasi pasar secara global dalam kurun waktu 5 mendatang. Dengan demikian, BSI akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik pada setiap nasabah.

Salah satu bentuk usaha tersebut adalah menyediakan fasilitas berupa kartu ATM dan Mobile Banking kepada masing-masing nasabah. Kemudian melalui kedua fasilitas tersebut, nasabah BSI bisa melakukan beragam transaksi, tak terkecuali cek mutasi BSI.

Sebagai nasabah baru tentu banyak dari kalian yang belum tahu bagaimana cara cek mutasi melalui BSI Mobile maupun ATM. Maka dari itu, dibawah ini telah kami siapkan cara melakukan transaksi tersebut lengkap dengan manfaat mutasi rekening hingga ketentuan terkait biaya admin.

Cara Cek Mutasi BSI

Cara Cek Mutasi BSI

Bagi yang belum cek mutasi merupakan proses untuk mengetahui riwayat transaksi yang terjadi pada rekening BSI, baik itu transaksi finansial maupun non-finansial. Cara ini biasanya dilakukan ketika ingin membuat laporan keuangan pribadi maupun perusahaan.

Nah, seperti kami singgung diatas bahwa cara ini bisa dilakukan melalui dua fasilitas, salah satunya adalah BSI Mobile. Namun fasilitas ini hanya berlaku apabila kalian sebagai nasabah sudah melakukan AKTIVASI BSI MOBILE. Jika sudah, langsung saja simak langkah-langkah dibawah ini :

1. Jalankan mBanking BSI

Jalankan BSI Mobile

Pertama, bukalah aplikasi BSI Mobile melalui smartphone. Lalu pada tampilan awal, silahkan tap ikon tiga garis di sudut kiri atas.

2. Tap Info Rekening

Tap Info Rekening

Pada pilihan menu yang muncul, kalian klik Info Rekening.

3. Pilih Daftar Mutasi

Pilih Daftar Mutasi

Selanjutnya pilih menu Daftar Mutasi.

4. Tentukan Rekening

Tentukan Rekening

Apabila kalian punya lebih dari satu rekening BSI, maka tentukan rekening yang akan di cek mutasi.

5. Tentukan Periode Transaksi

Tentukan Periode Transaksi

Kemudian kalian juga bisa menentukan periode transaksi yang ingin diketahui, tersedia pilihan mulai dari 5 hingga 20 transaksi.

6. Input PIN BSI Mobile

Input PIN BSI Mobile

Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan PIN BSI Mobile. Jika sudah tap Selanjutnya.

7. Muncul Info Mutasi BSI

Muncul Info Mutasi Rekening

Terakhir, pada layar smartphone akan muncul daftar mutasi sesuai periode transaksi yang ditentukan.

Cara Cek Mutasi via BSI Mobile

Selain melalui cara diatas, untuk cek mutasi BSI juga bisa diakses melalui mesin ATM BSI terdekat. Dengan cara ini nantinya daftar mutasi tidak tertera di layar, melainkan dalam bentuk fisik berupa struk ATM. Nah, untuk tata cara cek mutasi lewat ATM BSI bisa kalian simak dibawah ini :

1. Datang ke Gerai ATM BSI

Datang ke Gerai ATM BSI

Datanglah ke gerai mesin ATM BSI terdekat. Sesampainya disana masukkan ATM lalu pilih Bahasa Indonesia.

2. Masukkan PIN ATM BSI

Masukkan PIN ATM BSI

Selanjutnya input 6 digit PIN ATM BSI.

3. Tekan Menu Utama

Tekan Menu Utama

Setelah itu pilih Menu Utama di pojok kanan bawah.

4. Pilih Cetak Mutasi

Pilih Cetak Mutasi

Di halaman berikutnya silahkan tekan menu Cetak Mutasi.

5. Transaksi Berhasil

Transaksi Berhasil 4

Tekan YA pada halaman konfirmasi biaya maka dari mesin ATM akan keluar struk berisi daftar mutasi berisi 5 transaksi yang terjadi pada rekening BSI.

Biaya Cek Mutasi Bank Syariah Indonesia

Biaya Cek Mutasi Bank Syariah Indonesia

Diatas kami sempat menyinggung soal biaya untuk melakukan cek mutasi BSI. Jadi, dalam hal ini BSI hanya memberlakukan biaya untuk cara cek mutasi melalui ATM. Biaya tersebut juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 1000. Sedangkan untuk cek mutasi melalui BSI Mobile tidak berlaku biaya admin dalam bentuk apapun alias Gratis.

Manfaat Mutasi Rekening Bagi Nasabah BSI

Manfaat Mutasi Rekening Bagi Nasabah BSI

Setelah tahu cara melakukan mutasi rekening BSI, tahukah kalian apa manfaat dara proses tersebut? Berikut adalah melakukan cek mutasi rekening Bank Syariah Indonesia :

1. Membuat Laporan Keuangan

Dalam membuat laporan keuangan tentu saja kalian perlu data masuk dan keluar pada rekening BSI. Nah, dengan cara cek mutasi, informasi tersebut bisa diperoleh dengan mudah.

2. Syarat Pengajuan Pinjaman

Kemudian jika ingin mengajukan dana pinjaman BSI, biasanya mutasi rekening menjadi salah satu syarat utama. Data itu sendiri berguna sebagai tolak ukur kemampuan finansial dari debitur (pemohon).

3. Syarat Pembuatan Visa

Manfaat terakhir dari dilakukannya cek mutasi BSI adalah sebagai syarat pembuatan Visa. Jika ingin bepergian ke luar negeri tentu wajib memiliki Visa, dimana untuk pembuatan berkas tersebut kalian wajib menyerahkan informasi mutasi rekening.

KESIMPULAN

Sekian informasi dari Inspired2Write.com mengenai langkah-langkah mengetahui daftar mutasi rekening BSI. Proses itu sendiri dapat dilakukan lewat ATM, tapi untuk cara ini berlaku biaya admin sebesar 1000 rupiah. Nah, jika ingin yang gratis serta lebih praktis kalian bisa memanfaatkan fasilitas BSI Mobile. Selain bisa digunakan untuk cek riwayat transaksi, BSI Mobile juga bisa dipakai untuk TOP UP SHOPEEPAY, Bayar tagihan dan transfer ke sesama BSI maupun Bank lain.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.