25 Umpan Jitu Ikan Lele di Air Keruh Yang Susah Makan

Umpan Jitu Ikan Lele di Air Keruh – Hal paling diperhatikan ketika memancing ikan lele di air keruh adalah umpan. Kondisi air yang keruh, membuat pemilihan umpan harus tepat.

Apalagi jika ikan lele yang akan dipancing merupakan ikan lele liar yang susah makan, tentu saja pemilihan umpan jitu harus tepat, sehingga bisa mendapatkan sambaran dari ikan.

Dalam aktivitas memancing, umpan yang digunakan disesuaikan berdasarkan kondisi air dan ikan itu sendiri. Tentu saja umpan jitu ikan lele air jernih akan sedikit berbeda di air keruh.

Lantas, apa umpan jitu paling cocok untuk memancing ikan lele di air keruh yang susah makan? Adapun untuk ulasan lebih lengkapnya, simak langsung penjelasan di bawah ini.

Umpan Jitu Ikan Lele di Air Keruh

Umpan Jitu Ikan Lele di Air Keruh
Advertisements

Kondisi air akan sangat menentukan jenis umpan yang digunakan agar ikan mau makan umpan tersebut. Jika kondisi air jernih, mungkin penggunaan RACIKAN UMPAN IKAN LELE cukup jitu.

Namun, jika air keruh tentu umpan harus tepat dan harus bisa menarik perhatian ikan lele agar mau memakannya. Adapun beberapa umpan jitu ikan lele di air keruh yakni sebagai berikut.

1. Jeroan Ayam

1. Jeroan Ayam
Advertisements

Umpan jitu ikan lele di air keruh pertama ialah jeroan ayam. Lele memang paling suka dengan umpan berbau amis-amis karena memang lele merupakan ikan karnivora.

Umpan jeroan ayam bisa berupa usus, hati dan juga kulit. Dengan umpan jeroan ayam, mau ikan lele hidup di sungai keruh yang susah makan, pasti tetap akan memakan umpan tersebut.

Jadi untuk para pemancing, umpan jeroan ini merupakan umpan paling jitu untuk memancing lele di sungai keruh. Namun pastikan pemasangan umpan jitu jeroan harus benar, jangan sampai kail pancing kelihatan, karena ikan lele sangat peka terhadap kail pancing.

2. Cacing Kalung

2. Cacing Kalung
Advertisements

Umpan paling jitu selanjutnya yakni cacing kalung. Umpan ini menjadi umpan paling jitu untuk memancing ikan di sungai, kolam, danau dan rawa dengan kondisi air yang keruh.

Lele suka dengan cacing kalung dikarenakan jenis cacing ini memiliki bau amis dan berukuran lebih besar jadi bisa menarik minat makan lele. Cacing kalung ini sangat mudah ditemukan.

Anda bisa mencari cacing kalung pada tanah subur dan banyak sampahnya, biasanya ada di gundukan tanah. Akan tetapi, hindari penggunaan cacing kalung terlalu besar, karena biasanya akan lebih lama dimakan, jadi lebih baik gunakan cacing kalung berukuran sedang.

3. Ulat Pohon Pisang

3. Ulat Pohon Pisang
Advertisements

Umpan jitu berikutnya ialah ulat pohon pisang. Jenis umpan ini sangat cocok untuk memancing lele di air keruh, karena memang ulat pisang sangat disukai ikan predator seperti lele.

Ulat yang digunakan harus bagus, jangan pakai ulat yang sudah kuning, namun gunakan yang masih hijau. Karena tekstur tubuh ulat mudah pecah, jadi jangan terlalu kasar saat memasang umpan, ini bertujuan agar bentuk ulat pohon pisang tetap bagus.

4. Jangkrik dan Orong-orong

4. Jangkrik dan Orong orong
Advertisements

Jangkrik dan orong-orong termasuk umpan ikan lele yang juga sangat disukai. Biasanya kedua hewan ini sangat diandalkan untuk memancing di sungai ataupun kolam lomba.

Jangkrik dan orong-orang juga jadi umpan jitu memancing lele di air keruh siang hari dan malam hari. Tubuhnya tidak terlalu besar dan akan bergerak di air akan memancing ikan lele untuk memakannya.

5. Katak Kecil

5. Katak Kecil
Advertisements

Penggunaan umpan hidup untuk memancing lele di air keruh merupakan pilihan paling tepat. Dalam hal ini kata kecil bisa jadi pilihan paling tepat, karena punya ukuran tubuh sedang.

Melihat kata bentuk badan sedang dan bergerak di dalam air akan membuat lele tertarik dan akan langsung menyambar kail. Ini bisa jadi umpan jitu di air keruh, terutama malam hari.

6. Umpan Daging

6. Umpan Daging
Advertisements

Sebagai ikan predator tentu saja lele akan sangat menyukai jenis umpan dari daging. Anda bisa menggunakan daging ayam, sapi, kambing dan lain sebagainya sebagai umpan.

Apalagi jika hujan sedang turun dan kondisi air keruh, nafsu makan ikan lele akan meningkat, sehingga tanpa ragu akan langsung menyambar umpan daging yang memiliki bau amis ini.

Umpan Jitu Ikan Lele di Siang Hari

Umpan Jitu Ikan Lele di Siang Hari
Advertisements

Beda cuaca beda pula umpan yang digunakan untuk memancing. Adapun untuk umpan jitu ikan lele di siang hari terutama untuk kondisi air keruh yaitu sebagai berikut ini.

Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan umpan mancing lele paling jitu di siang hari, khususnya untuk memancing dikolam lomba. Agar lebih menarik ikan lele, sebaiknya tambahkan bahan ini.

  • Telur bebek satu butir
  • Pelet udang
  • Bubuk garlic setengah sendok teh
  • Cairan vainili 0,5 sendok teh
  • Essen Aquatic 5 cc
  • Cacing sutra

Cara membuatnya tinggal campurkan satu genggam cacing sutera dan tambahkan essen 5 – 10 cc dalam adonan. Setelah semuanya tercampur, maka umpan siap digunakan.

Daging Sapi

Umpan jitu selanjutnya untuk memancing ikan di siang hari ialah campuran daging sapi. Anda bisa menggunakan tambahan Essen Aquatic sebagai campuran daging sapi giling.

Cara pembuatannya cukup mudah, tinggal campurkan daging sapi giling dan Essen Aquatic hingga merata. Umpan ini mungkin terlihat sederhana, namun aroma amis yang dihasilkan dari daging sapi akan menarik ikan lele untuk menyambar umpan racikan Anda.

Umpan Jitu Ikan Lele di Malam Hari

Umpan Jitu Ikan Lele di Malam Hari
Advertisements

Ikan lele ini sangat aktif di malam hari, sehingga malam hari merupakan waktu paling tepat untuk memancing lele. Untuk umpan yang digunakan memancing lele di malam hari yakni.

1. Laron

Laron merupakan umpan ikan lele master yang bisa digunakan pada malam hari. Gunakanlah laron yang masih lengkap dengan sayapnya, lalu pasang pada mata pancing dengan benar.

2. Kijing atau Jenis Kerang Lainnya

Umpan jitu lainnya yaitu menggunakan daging kijing yang sudah direbus. Kemudian, potong sesuai ukuran mata pancing, jangan gunakan umpan terlalu besar, karena akan susah di makan.

3. Kelomang

Selain kijing, Anda juga bisa menggunakan kelomang. Namun, pastikan menggunakan bagian badannya saja untuk dijadikan sebagai umpan ikan lele pada malam hari.

4. Kepiting Sawah

Caranya hampir sama seperti umpan kerang tadi, yakni dengan merebus kepiting dan mengambil dagingnya. Kemudian, tinggal potong-potong sesuai ukuran mata pancing.

6. Belut

Siapkan belut berukuran jari dan kemudian tinggal kukus atau bakar. Setelah itu potong dan ambil dagingnya, kira-kira ukurannya 2 cm sebagai umpan lele pada malam hari.

7. Daging Ayam

Gunakanlah daging ayam pada bagian saya dan rebus daging tersebut. Kemudian, haruskan dengan blender, lalu tinggal tambahkan pelet 48 sebagai penguat aroma agar cepat mendapat sambaran.

Umpan Racikan Ikan Lele di Air Keruh

Umpan Racikan Ikan Lele di Air Keruh
Advertisements

Selain umpan-umpan jitu di atas, Anda juga bisa menggunakan umpan racikan untuk memancing lele di air keruh. Berikut beberapa umpan racikan ikan lele air keruh paling jitu.

1. Umpan Ikan Lele Harian

Umpan pertama yaitu racikan yang bisa digunakan untuk memancing ikan lele sehari-hari baik di kolam maupun sungai dengan kondisi air keruh. Berikut cara pembuatannya.

Bahan :

  • 1 ons jangkrik
  • Essen probait
  • Cuka

Pembuatan :

  • Bersihkan sungut dan kaki jangkrik
  • Masukkan jangkrik yang sudah dibersihkan kedalam wadah
  • Tambahkan 60 ml cuka dan 30 tetes essen
  • Kemudian, tinggal aduk hingga semua bahan tercampur merata.

2. Umpan Ikan Lele Master

Siapkan bahan-bahan di bawah ini.

  • Kuning telur ayam.
  • Terasi udang.
  • Bawang putih.
  • Tepung udang.
  • Tepung ikan.
  • Pelet PF 1000.
  • Pelet 781-2 SP.
  • Essen Jawara.

Pembuatan :

Masukkan semua bahan di atas kedalam wadah. Campurkan sedikit demi sedikit air hangat sembari mengaduk adonan hingga merata serta mengental. Jika sudah, tinggal bentuk bulatan kecil sesuai mata pancing.

3. Umpan Ikan Lele Galatama

Bagi Anda yang gemar memancing ikan lele di galatama, maka bisa menggunakan umpan racikan paling jitu berikut ini, khusunya jika kondisi air kolam sedang keruh atau turun hujan.

Siapkan 1 ayam tiren. Kemudian bakar ayam hingga matang serta pisahkan daging dengan tulang ayam. Setelah itu, haluskan tulang ayam dan campurkan dengan daging ayam dan diamkan selama kurang lebih 3 hari dalam wadah tertutup.

4. Racikan Ikan Lele Air Keruh

Sementara, untuk umpan racikan paling jitu digunakan memancing lele di air keruh yaitu menggunakan darah beku, baik darah sapi maupun ayam. Berikut cara pembuatannya.

Siapkan darah sapi atau ayam. Kemudian, tinggal diamkan hingga darah menggumpal. Setelah darah membeku, maka tinggal potong kecil-kecil seukuran mata pancing.

5. Umpan Racikan Air Keruh Paling Jitu

Siapkan semua bahan-bahan di bawah ini :

  • Pelet PF 1000
  • Kuning telur
  • Terasi
  • Air secukupnya
  • Madu asli

Pembuatan :

Campurkan semua bahan di atas dengan cara mengaduknya sampai merata, kemudian uleni sampai mengental. Setelah itu, buat bentuk bulat sesuai ukuran mata pancing.

Nah, itulah informasi dari inspired2write.com terkait umpan jitu ikan lele di air keruh. Demikianlah informasi lengkap dari kami, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.