12 Macam Macam Sudut : Penjelasan & Gambar

Macam Macam Sudut – Sudut adalah dua garis berpotongan yang bertemu pada satu titik yang sama. Titik temu dari kedua garis tersebut dinamakan titik verteks yang merupakan titik tempatnya kanta berpotongan dengan sumbu optis.

Dengan kata lain, verteks adalah titik tembus sumbu optik dengan permukaan lensa dalam optika geometri. Pembelajaran mengenai sudut ini diperkenalkan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 3 pada materi pelajaran Matematika.

Mempelajari materi tentang sudut merupakan hal penting karena menjadi dasar dalam pembelajaran geometri. Apalagi materi tentang sudut, sering sekali muncul dalam SOAL KSM, Ujian Nasional, Ulangan semester dan ujian Matematika lainnya.

Nah, untuk mengawali pembelajaran agar lebih memahami dasar-dasar sudut, maka sebaiknya pahami macam macam sudut terlebih dahulu. Adapun ulasan terkait macam macam sudut akan kami jelaskan dalam ulasan di bawah ini.

Macam Macam Sudut

Macam Macam Sudut
Advertisements

Dua sinar garis yang berpotongan membentuk sudut disebut sebagai sisi-sisi sudut. Sudut bukan hanya terbentuk dari potongan dua garis lurus, melainkan juga bisa dibentuk dari dua garis lengkung.

Ada berbagai macam bentuk sudut, mulai dari sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumpul, sudut lurus, sudut refleks dan lain sebagainya. Adapun penjelasan masing-masing sudut tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Sudut Nol

1. Sudut Nol
Advertisements

Macam macam sudut yang pertama yaitu sudut nol derajat atau lebih dikenal dengan zero degree. Sudut ini memiliki besar 0°, karena kedua garis saling berimpit, sehingga sama sekali tidak membentuk daerah sudut. Sudut 0° terlihat sama seperti sudut lurus, namun sebenarnya sisi-sisi sudut saling berimpit.

2. Sudut Lancip

2. Sudut Lancip
Advertisements

Sudut lancip (acute angle) adalah sudut yang memiliki ukuran lebih dari 0°, namun kurang dari 90°. Umumnya sudut lancip memiliki ukuran 15°, 30°, 45°, 60° dan lain sebagainya. Sudut lancip biasanya terdapat pada bangun datar, segitiga, jajar genjang dan trapesium.

3. Sudut Suku-siku

3. Sudut Suku siku
Advertisements

Macam macam sudut berikutnya yaitu sudut siku-siku atau right angle. Sudut ini memiliki ukuran tepat 90°. Sudut siku-siku terbentuk dari dua garis tegak lurus. Sudut siku-situ terdapat pada bangun datar segitiga siku-siku, persegi ataupun persegi panjang.

4. Sudut Tumpul

4. Sudut Tumpul
Advertisements

Sedangkan, sudut tumpul merupakan sudut dengan besaran lebih dari 90°. Ukurannya biasanya diantara 90° hingga 180°. Ukuran sudut tumpul bisa didapat dengan mudah, jika ukuran sudut lancip diketahui. Sudut tumpul ini dimiliki oleh bangun data seperti trapesium.

5. Sudut Lurus

5. Sudut Lurus
Advertisements

Straight angle atau sudut lurus merupakan sudut dengan ukuran tepat 180°. Ini mirip seperti garis lurus, namun berbeda dengan sudut 0°. Dimana sudut lurus adalah campuran dari sudut lancip dan sudut tumpul.

6. Sudut Refleks

6. Sudut Refleks
Advertisements

Berikutnya yaitu sudut refleks atau sudut dengan besaran lebih dari 180° dan kurang dari 360°. Sudut refleks memiliki bentuk yang hampir sama seperti sudut tumpul dan juga bisa dihitung, apabila ukuran sudut lancip diketahui, karena sudut lancip merupakan komplementer .

7. Sudut Penuh

7. Sudut Penuh
Advertisements

Terakhir ada sudut penuh. Sudut ini memiliki besar yang berukuran tepat 360° dan cenderung membentuk lingkaran. 1 putaran lingkaran sama dengan 360°. Sudut ini biasanya terdapat pada bangun datar lingkaran.

Macam Macam Sudut Lainnya

Macam Macam Sudut Lainnya
Advertisements

Selain beberapa macam sudut seperti di atas, ada jenis sudut lainnya yang dikenal dengan sudut berpasangan. Dimana mereka muncul secara berpasangan pada properti tertentu. Adapun jenis sudut tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Sudut Bersebelahan

Sudut-sudut yang bersebelahan memiliki simpul dan lengan yang sama. Sudut ini terbentuk dari tiga garis dan hanya menggunakan satu titik verteks.

2. Sudut Vertikal

Sudut vertikal adalah sudut yang memiliki titik sudut sama dan sisi-sisi sudutnya dibentuk oleh garis yang sama serta memiliki ukuran sama besar.

3. Sudut Komplementer

Sudut Komplementer adalah pasangan sudut yang saling bersebelahan dengan ukuran sama besar yaitu 90°.

4. Sudut Supplementer

Jenis sudut yang dapat mempertemukan dua sudut yang berposisi bersebelahan, dimana ukuran keduanya akan sama besar yaitu 180°.

5. Sudut Sejajar

Sudut sejajar adalah sudut berpasangan yang terbentuk ketika sebuah garis memotong sepanjang garis sejajar. Sudut ini memiliki ukuran yang sama besar.

Contoh Soal Matematika Tentang Sudut kelas 3 SD

1. Sudut terbentuk oleh dua garis yang saling…
a. Melengkung
b. Sejajar
c. Lurus
d. Berpotongan

2. Berikut yang termasuk jenis sudut yaitu…
a. Tumpul, siku-siku dan lancip
b. Lancip, segitiga dan tumpul
c. Siku-siku, lancip dan kotak
d. Segitiga, kotak dan siku-siku

3. Besaran sudut yang besarnya kurang dari 90° disebut sudut…
a. Lurus
b. Tumpul
c. Lancip
d. Siku-siku

4. Sudut berukuran 90° dinamakan sudut…
a. Siku-siku
b. Lurus
c. Kotak
d. Lancip

5. Jenis sudut yang terdapat pada bangun datar segitiga sama kaki adalah…
a. Siku-siku
b. Lancip
c. Tumpul
d. Lurus

Nah itulah informasi lengkap tentang macam macam sudut lengkap beserta penjelasan dan contoh gambar masing-masing sudut yang dapat Inspired2write.com sajikan. Sudut menjadi materi dasar dalam geometri yang saling berhubungan dengan bangun datar dan BANGUN RUANG. Dengan adanya artikel di atas, diharapkan kalian mampu memahami dan mempelajari dasar-dasar pembelajaran sudut. Demikian, semoga informasinya menambah wawasan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.