8 Ciri Ciri Bangun Datar Simetris : Macam & Jumlah

Ciri Ciri Bangun Datar Simetris – Dalam materi pelajaran Matematika tentang geometri, kalian pasti sudah mengenal yang namanya bangun datar. Pembelajaran geometri tentang bangun datar ini telah diajarkan pada bangku Sekolah Dasar (SD).

Singkatnya, bangun datar adalah sebuah bidang datar dua dimensi yang dibatasi garis lurus maupun garis lengkung dan memiliki luas serta keliling. Dalam pembelajaran geometri, dijelaskan pula bangun datar simetris atau simetri.

Tahukah kalian apa itu bangun datar simetris, ciri ciri, macam-macam dan jumlah simetris masing-masing bangun datar? Jika belum, maka inilah saat paling tepat untuk mengetahui pembelajaran mengenai bangun datar simetris Matematika.

Jika sebelumnya kami telah menjelaskan MACAM MACAM BANGUN RUANG, maka kali ini kami akan menyajikan ciri ciri bangun datar simetris. Selengkapnya silahkan kalian semua simak dan pahami lebih dalam artikel dari Inspired2write berikut ini.

Apa Itu Bangun Datar Simetris ?

Apa Itu Bangun Datar Simetris
Advertisements

Simetri atau Simetris berarti seimbang antara bagian kiri dan kanan atau atas dan bawah. Simetris bangun datar adalah sebuah karakteristik bidang datar yang tetap seimbang sesuai Operasi Simetri dan saat diperlakukan kedalam objek, maka tidak akan muncul perubahan.

Suatu bangun apabila dilipat sisi-sisinya, maka akan menghasilkan bangun yang sama. Setiap bangun datar pastinya memiliki simetris dengan jumlah yang berbeda-beda.

Ciri Ciri Bangun Datar Simetris

Ciri Ciri Bangun Datar Simetris
Advertisements

Perlu kalian ketahui bahwasanya tidak semua bidang datar dikatakan simetris. Dimana hanya bangun datar dengan ciri ciri tertentu yang bisa dikatakan simetris.

Lantas, apa saja ciri ciri bangun datar simetris? Adapun ciri cirinya yaitu sebagai berikut ini.

  1. Jika dilipat menjadi dua bagian atau lebih, maka akan menghasilkan bagian yang sama besar.
  2. Jika dilipat menjadi dua bagian, maka akan saling menutupi.
  3. Bentuk dan ukuran bayangan sama persis dengan benda asilinya.
  4. Jarak bayangan dan benda saling berkebalikan sisi.
  5. Bisa menempati bingkainya saat diputar.
  6. Perputarannya dapat searah jarum jam, dapat juga berlawanan jarum jam.
  7. Banyak bangun datar menempati bentuk semula dalam satu putaran.
  8. Memiliki titik pusat simetis putar.

Macam-macam Simetris Bangun Datar

Macam macam Simetris Bangun Datar
Advertisements

Selain memiliki ciri ciri, simetris juga terbagi menjadi 2 macam yaitu simetris lipat dan simetris putar. Adapun penjelasan mengenai macam macam simetris bangun datar yaitu sebagai berikut.

Simetris Lipat

Simetris Lipat
Advertisements

Simetris lipat merupakan banyaknya lipatan dalam sebuat bangun datar yang bisa membagi suatu bangun datar tersebut, sehingga bagian setengah bidangnya akan menutupi setengah bagian lainnya. Garis atau bekas lipatan itu disebut sumbu simetris yang merupakan garis yang membagi bangun datar menjadi dua bagian dan saling kongruen.

Simetris Putar

Simetris Putar
Advertisements

Simetris Putar ialah bangun datar yang memiliki titik pusat dan jika bangun datar tersebut dapat diputar kurang dari 1 putaran penuh untuk memperoleh bayangan yang sesuai dengan bentuk semula. Jika kalian memutar bangun datar dan hanya mendapatkan 1 bayangan seperti bentuk semula dalam 1 putaran penuh, maka bangun datar tersebut tidak memiliki simetri putar.

Jumlah Simetris Bangun Datar

Jumlah Simetris Bangun Datar
Advertisements

Perlu kalian ketahui, bahwasanya setiap bangun datar memiliki jumlah simetris tertentu. Adapun tabel jumlah simetris pada suatu bidang datar yaitu sebagai berikut.

Nama Bangun DatarSimetris LipatSimetris PutarSumbu Simetris
Persegi444
Persegi Panjang222
Belah Ketupat222
Jajar Genjang2
Segitiga Sama Sisi11
Segitiga Sama Kaki333
Segitiga Sembarang
Segitiga Siku-siku11
Trapesium Sama Kaki11
Trapesium Siku-siku
Trapesium Sembarang
Layang-Layang11
LingkaranTak TerhinggaTak TerhinggaTak Terhingga
Advertisements

Dari tabel di atas, kalian bisa mengetahui dan memahami macam-macam bangun datar yang memiliki simetris lipat maupun putar. Selain itu, kalian juga bisa mengetahui berapa jumlah simetri yang dimiliki dalam sebuah bangun datar.

Itulah pembahasan lengkap terkait ciri-ciri bangun datar yang dapat Inspired2write.com sajikan. Pembelajaran tentang geometri ini sangat penting karena kerap kali muncul dalam soal-soal ujian Matematika.

Jadi, pastikan bahwa kalian telah menguasai dan memahami pembelajaran tentang simetris bangun datar. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami, semoga artikel mapel Matematika tentang geometri simetris bangun datar di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.