Ciri Ciri Lagu Wajib Nasional Beserta Contoh dan Manfaatnya

Ciri ciri Lagu Wajib – Disetiap negara pasti memiliki lagu wajib yang selalu dinyanyikan pada acara penting kenegaraan atau acara bersejarah dari masing-masing negara. Salah satu negara yang memiliki banyak lagu wajib pembangkit semangat dan penuh hymne adalah Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa lagu menjadi salah satu cara untuk menyampaikan sebuah pesan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Lagu dikenal menjadi  salah satu  media yang bernilai seni tinggi serta makna mendalam sehingga banyak di dengarkan oleh semua orang bahkan dunia.

Tidak hanya mampu menghibur semua orang, sebuah lagu yang dinyanyikan juga tidak terlepas dari makna disetiap liriknya serta menampilkan banyak informasi ataupun perasaan yang tidak dapat diungkapkan secara langsung oleh seseorang atau penulis dari lagu wajib tersebut.

Lagu wajib juga menjadi salah satu cara banyak pahlawan untuk mengungkapkan perasaan atau mencoba membakar semangat para muda mudi Indonesia agar bangkit dan siap bertaruh jiwa raga untuk negaranya. Sehingga hal tersebut memicu semangat siapa saja pendengarnya.

Ciri ciri Lagu Wajib Nasional Beserta Contohnya

Ciri ciri Lagu Wajib Nasional Beserta Contohnya

Setelah kita membahas sedikit informasi mengenai lagu wajib, maka tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai ciri-ciri lagu wajib nasional. Oleh sebab itu, Inspired2Write.com akan menyajikan informasi lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Ciri ciri Lagu Wajib Nasional

Ciri ciri Lagu Wajib Nasional

  • Lagu wajib nasional menggunakan irama yang di dalamnya penuh dengan semangat atau lagu yang dikemas berbentuk hymne.
  • Lirik lagu wajib nasional memiliki tujuan untuk dapat menanamkan sikap cinta tanah air, bangsa, patriotisme, heroisme, nasionalisme serta rela untuk mengorbankan seluruh jiwa raga demi kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia khususnya.
  • Lagu wajib nasional yang diajarkan sejak dini, dipelajari, dan di hayati sesuai dengan maskud serta tujuan yang terkandung disetiap lirik lagu wajib tersebut.
  • Lagu wajib pasti akan dinyanyikan disetiap hari-hari besar kebangsaan.
  • Lagu wajib diciptakan oleh para pejuang-pejuang.
  • Lagu wajib akan di nyanyikan secara hikmat.

Contoh Lagu Wajib Nasional

Contoh Lagu Wajib Nasional

1. Indonesia Raya

Untuk warga negara Indonesia tentu semua sudah hafal dengan lagu wajib nasional yang berjudul Indonesia Raya. Lagu ini selalu di nyanyikan setiap adanya upacara kemerdekaan dan upacara di hari senin. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Supratman dan dikenalkan untuk pertmaa kalinya tepat pada tanggal 28 oktober 1928.

2. Tanah Airku

Lagu wajib nasional yang kedua adalah Tanah Airku yang diciptakan oleh Ibu Sud. Lagu ini memiliki makna yang begitu dalam saat anda mendengarkannya, lagu yang telah mendapatkan invoasi dari berbagai kalangan sehingga membuat kita lebih bersemangat lagi untuk terus menjaga dan mengingat keragaman Indonesia.

3. Garuda Pancasila

Lagu Garuda Pancasila sering kali dinyanyikan dengan penuh semangat serta selalu dinyanyikan disetiap acara kenegaraaan. Lagu Garuda Pancasila ditulis oleh Sudharnoto. Lagu wajib satu ini mengisahkan mengenai kesetiaan rakyat Indonesia kepada Pancasila sebagai Ideologi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

4. Bangun Pemudi Pemuda

Lagu Bangun Pemudi Pemuda menjadi lagu yang dinyanyikan penuh semangat, tentu saja rakyat Indonesia tau dengan lagu ini karena sering dinyanyikan saat upacara hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Lagu Bangun Pemudi Pemuda diciptakan oleh Alfred Simanjuntak.

5. Padamu Negeri

Padamu Negeri adalah lagu nasional yang diciptakan oleh musisi R Kusbini meskipun tidak memiliki lirik yang panjang, namun lagu wajib Padamu Negeri sering kali dinyanyikan oleh anak-anak dan memiliki makna nasionalisme di dalam setiap lirik lagunya.

Manfaat Lagu Wajib Nasional

Manfaat Lagu Nasional

  • Lagu wajib nasional memiliki manfaat sebagai pengiring dalam kegiatan dan hari-hari bersejarah bangsa Indonesia.
  • Lagu wajib bermanfaat sebagai bukti perjuangan rakyat Indonesia melawan para penjajah.
  • Sebagai lagu pemersatu bangsa Indonesia.
  • Lagu wajib mampu meningkatkan sikap nasionalisme dan cinta tanah air.
  • Masyarakat Indonesia harus bisa menghormati pahlawan yang sudah gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Demikian informasi tentang ciri ciri lagu wajib nasional serta contoh dan manfaat dari lagu wajib nasional. Selain memiliki keberagaman lagu nasional, Indonesia juga terkenal dengan seni tari yang mendunia. Salah satu seni tari yang dikenal luas oleh masyarakat adalah Tari Gambyong yang berasal dari Jawa Tengah.

Tinggalkan komentar