Kode SWIFT Bank Mandiri 2020 : Biaya & Batas Waktu Pengiriman

Kode SWIFT Bank Mandiri – Kode SWIFT Bank Mandiri merupakan sebuah standar format kode pengidentifikasi Bank Mandiri atau yang biasa dikenal dengan istilah BIC. Sedangkan BIC atau Bank Identifier Code adalah kode identifikasi unik untuk bank-bank tertentu. Kode SWIFT ini digunakan untuk melakukan transaksi transfer uang antar bank Internasional.

Kode BIC atau SWIFT Code terdiri dari 8 sampai 11 karakter berupa huruf dan angka. Kode ini memiliki jumlah karakter sesuai standar internesional yang nantinya digunakan sebagai alat pengidentifikasi institusi keuangan yang terlibat dalam asosiasi SWIFT. SWIFT adalah singkatan dari Socienty for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.

SWIFT merupakan sebuah lembaga asosiasi yang beranggotakan bank-bank di dunia. SWIFT sendiri berkantor pusat di La Hulpe, Belgia yang merupakan provider pelayanan transaksi keuangan yang sangat aman. Kode SWIFT ini berfungsi untuk mengidentifikasi bank tujuan anda, sehingga uang yang anda transfer bisa terkirim ke bank yang sesuai dengan tujuan.

Hal inilah yang membuat setiap bank di Indonesia memiliki kode SWIFT yang berbeda-beda. Sama halnya dengan BANK BCA yang memiliki kode SWIFT, Bank Mandiri juga memiliki kode SWIFT sendiri untuk digunakan bertransaksi internasional. Lantas berapa kode SWIFT Bank Mandiri ? Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mendalam berikut ini.

Kode SWIFT Bank Mandiri Terbaru dan Terlengkap

Kode SWIFT Bank Mandiri Terbaru dan Terlengkap
Advertisements

Dilihat dari fungsi dan kegunaannya, SWIFT Code Bank Mandiri sebenarnya sama dengan fungsi dan kegunaan KODE SWIFT BANK BRI atau bank lainnya. Meskipun memiliki fungsi dan kegunaan yang sama, namun setiap bank di Indonesia memiliki SWIFT Code masing-masing. Nah, dengan adanya kode ini, maka transaksi internasional akan lebih aman dan tepat sesuai tujuan.

Namun, transaksi internasional akan dikenai biaya administrasi dari pihak bank yang bisa ditanggung oleh penerima maupun oleh pengirim. Selain itu, transaksi internasional juga harus dilakukan sesuai waktu yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan, setiap transaksi internasional memiliki batasan waktu tertentu. Adapun untuk informasi lebih lengkap, sebagai berikut.

Kode SWIFT Bank Mandiri

Bank MandiriCabangKode SWIFT Mandiri
Bank Mandiri BandungBandungBMRIIDJA852
Bank Mandiri JakartaJakartaBMRIIDJA
Bank Mandiri JakartaJakarta (BILLS PROCESSING CENTER JAKARTA)BMRIIDJA107
Bank Mandiri JakartaJakarta (HEAD OFFICE-EXPORT/IMPORT DEPT)BMRIIDJAEXM
Bank Mandiri JakartaJakarta (HEAD OFFICE-SETTLEMENT DEPT)BMRIIDJASTL
Bank Mandiri MedanMedan (BILLS PROCESSING CENTER MEDAN)BMRIIDJA853
Bank Mandiri SemarangSemarang (BILLS PROCESSING CENTER SEMARANG)BMRIIDJA854
Bank Mandiri SurabayaSurabaya (BILLS PROCESSING CENTER SURABAYA)BMRIIDJA851

Biaya TT SWIFT Mandiri

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa setiap transaksi internasional akan dikenai potongan biaya yang bisa ditanggung oleh penerima ataupun pengirim. Nah, bagi nasabah bank Mandiri yang ingin melakukan transaksi internasional, anda akan dikenai biaya TT SWIFT Mandiri sebesar Rp. 35.000.

Selain itu, anda akan dikenai biaya Provinsi dengan nominal 1/8% dari nominal uang yang dikirim (minimum USD 5 dan maksimum USD 150) yang harus dibayar apabila sumber dana sama dengan valuta yang dikirim. Sedangkan, biaya untuk kiriman uang yang diterima full amount akan dikenai biaya USD 25 untuk valuta USD dan USD 30 untuk valutas selain USD.

Batas Waktu Pengiriman Transfer Luar Negeri Mandiri

Agar transaksi transfer internasional dapat diproses di waktu yang sama, maka anda harus melakukan transfer sesuai waktu yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan pasalnya setiap transaksi harus dilakukan sebelum batas waktu. Adapun batas waktu pengiriman transfer luar negeri Mandiri, sebagai berikut.

Batas WaktuJenis Valuta
8:45AUD, JPY,NZD
9:30HKD
10.30CNY
12.00CAD,SAR,CHF,SEK,DKK NOK,INR
14.00GBP
15.00USD,EUR,SGD, dan lain-lain

Call Center Bank Mandiri

Untuk informasi lebih lanjut, seputar kode SWIFT bank Mandiri anda dapat menghubungi layanan call center Mandiri 14000/ +6221-5299-7777 atau bisa menghubungi melalui Fax +6221-5299-7735 maupun melalui email mandiricare@bankmandiri.co.id.

Itulah informasi yang dapat inspired2write.com sajikan seputar SWIFT Code Bank Mandiri. Pastikan anda memasukan kode SWIFT seperti tabel di atas, saat melakukan transaksi internasional. Demikian informasi yang dapat inspired2write sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar