√ Apa Itu SWIFT GPI : Cara Kerja, Manfaat & Keunggulan

Apa Itu SWIFT GPI – Banyak pebisnis yang sudah mengembangkan bisnisnya hingga ke berbagai daerah bahkan ada yang sampai ke luar negeri. Memiliki jangkauan bisnis hingga ke sejumlah negara di dunia, memungkinkan Anda sering melakukan transaksi antar negara.

Baik itu transfer maupun pembayaran yang dilakukan dari bank dalam negeri seperti BCA, BRI, Mandiri, BNI dan lain sebagainya ke bank di luar negeri bisa dilakukan dengan SWIFT. Ini adalah jaringan pesan pembayaran internasional antara lebih dari 10.000 lembaga keuangan.

Meskipun KIRIM UANG LEWAT WESTERN UNION memungkinkan Anda melakukan transfer internasional. Namun tahukah Anda, jika jaringan SWIFT jauh lebih mudah dan cepat untuk pembayaran internasional yang memproses lebih dari 15 juta pesan pembayaran per bulan.

Dalam memberikan kemudahan pembayaran internasional, SWIFT menghadirkan inisiatif baru dengan menghadirkan SWIFT GPI. Lantas, apa itu SWIFT GPI, berapa kode dan apa manfaat serta keunggulannya? Adapun untuk informasi lebih detail, silahkan simak di bawah ini.

Apa Itu SWIFT GPI ?

Apa Itu SWIFT GPI
Advertisements

Bagi yang belum tahu, Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) adalah jaringan pembayaran aman yang memfasilitasi pembayaran internasional antara lebih dari 10.000 lembaga keuangan. Jaringan ini memproses lebih dari 15 juta pembayaran setiap bulannya.

Disamping itu, SWIFT GPI (Global Payment Initiative) adalah inisiatif baru yang dihadirkan oleh SWIFT serta dikembangkan untuk meningkatkan pengalaman melakukan pembayaran global lintas negara melalui jaringan SWIFT untuk kedua nasabah dan bank.

SWIFT GPI menggabungkan pesan SWIFT tradisional dan sistem perbankan dengan seperangkat aturan baru. Setiap bank yang bergabung kedalam GPI, wajib mengikuti aturan ini yang meliputi transparansi, biaya, pelacakan pembayaran dan konfirmasi kredit ke rekening penerima.

Hal ini akan meningkatkan standar lama untuk memenuhi tuntutan lebih besar sebagai penempatan harga, kecepatan, serta transparansi transaksi internasional. Sudah terdapat lebig dari 3.700 bank yang bergabung ke SWIFT GPI dan memproses lebih dari $300 miliar per hari.

Cara Kerja SWIFT GPI

Cara Kerja SWIFT GPI
Advertisements

Setelah mengetahui apa itu SWIFT Global Payment Initiative, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja jaringan ini. Cara kerja jaringan GPI cukup sederhana.

Untuk memfasilitasi pelacakan, setiap pembayaran SWIFT MT103 individu yang diprakarsai oleh bank akan membawa Referensi Transaksi End-to-End Unik (UETR). UETR akan dibawa seutuhnya dari bank pemrakarsa pembayaran internasional ke bank penerima akhir.

Bank di sepanjang rantai pembayaran akan diminta untuk memberikan pembaharuan pada pembayaran serta tunduk pada Perjanjian Tingkat Layanan (SLA) SWIFT yang disepakati. SLA menyatakan bahwa bank harus memberikan pembaharuan pembayaran dalam waktu 4 jam.

Manfaat SWIFT GPI

Manfaat SWIFT GPI
Advertisements

Lalu, apa manfaat dari SWIFT GPI itu sendiri? Ada beberapa manfaat adanya inisiatif baru ini. Berikut beberapa manfaat dari jaringan GPI baru terkait transaksi pembayaran internasional.

1. Meningkatkan Kecepatan Pembayaran

Manfaat yang pertama yaitu untuk meningkatkan kecepatan transaksi. Peningkatan komunikasi dan standar lebih tinggi untuk bank, maka pembayaran akan lebih cepat apabila dilakukan melalui jaringan GPI SWIFT.

2. Menyediakan Pelacakan End to End

Semua transaksi memiliki Unique End-to-End Transaction Reference (UETR) yang bisa digunakan untuk memeriksa lokasi dana, kapanpun dalam perjalanannya secara real time.

3. Meningkatkan Transparansi Biaya

Bank yang tergabung kedalam bagian dari jaringan GPI diharuskan memberikan visibilitas penuh tentang biaya dan waktu pemrosesan. Hal itu akan memungkinkan individu untuk membuat keputusan lebih baik serta memungkinkan bank untuk meningkatkan perutean.

4. Menjaga Catatan Data yang Konsisten

GPI akan menjamin semua data pengirim uang yang dikirim dengan pembayaran tidak berubah sepanjang lalu lintas pembayaran. Hal itu memungkinkan penerima lebih mudah merekonsiliasi pembayaran dengan faktur atau pesanan.

Keunggulan SWIFT GPI

Keunggulan SWIFT GPI
Advertisements

SWIFT GPI akan memberikan pengalaman baru kepada nasabah dalam melakukan transaksi global untuk keperluan bisnis, pendidikan ataupun kebutuhan lain dalam valuta asing dari Indonesia ke seluruh dunia dengan mudah, cepat, nyaman dan pastinya aman. Berikut keunggulan GPI.

  1. Kecepatan transaksi kiriman uang dapat diselesaikan hari itu juga (same day service).
  2. Transparansi informasi yang bisa diakses oleh seluruh pihak, seperti konfirmasi transaksi disertai informasi biaya.
  3. Setiap transaksi internasional yang dikirim bisa dilacak oleh pihak secara real time.
  4. Go Internasional, dimana bank yang telah menjadi anggota GPI akan mendapat prioritas dalam transaksi kiriman uang valas.

Sekiranya cukup sekian informasi lengkap dari Inspired2write.com terkait apa itu SWIFT GPI, lengkap beserta cara kerja, manfaat dan keunggulan. Dengan adanya jaringan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication – Global Payment Innovation, maka transaksi internasional akan lebih mudah dan cepat. Itulah informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.