Jenis Madu Untuk Ibu Hamil Yang Aman di Gunakan & Manfaatnya

Madu Untuk Ibu Hamil – Jika berbicara tentang madu, tentu hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia dan terkenal dengan rasanya yang manis.

Bagaimana kasusnya jika madu dikonsumsi oleh ibu hamil? apakah boleh? apakah tidak berbahaya?. Pertanyaan tersebut sering muncul karena banyaknya informasi tentang manfaat dan bahaya mengonsumsi madu saat hamil.

Berdasarkan American College of Obstetricians and Gyeconologist madu tidak termasuk makanan yang harus di hindari oleh ibu hamil, artinya ibu hamil tetap boleh mengonsumsi madu dengan takaran yang dianjurkan.

Serta beberapa kondisi kehamilan juga bisa mempengaruhi boleh tidaknya konsumsi madu karena kondisi tubuh ibu hamil dan kehamilan setiap orang berbeda-beda. Sehingga ada yang boleh mengonsumsi dan ada yang tidak.

 Jenis Madu Untuk Ibu Hamil Yang Aman Digunakan & Manfaatnya

Jenis Madu Untuk Ibu Hamil Yang Aman Digunakan Manfaatnya

Selain membutuhkan vitamin dan asupan gizi yang seimbang, ibu hamil juga bisa merasakan manfaat mengonsumsi madu sesuai takaran yang dianjurkan. Adapun jenis madu yang aman digunakan oleh ibu hamil serta beragam manfaatnya yang akan Inspired2Write.com berikan pada ulasan dibawah ini.

Jenis Madu Untuk Ibu Hamil

Jenis Madu Untuk Ibu Hamil

Jenis madu yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah madu yang khusus untuk ibu hamil atau madu murni tanpa adanya campuran gula atau zat berbahaya lainnya. Sehingga ibu hamil bisa merasakan manfaat mengonsumsi madu saat masa kehamilan terutama pada trimester pertama. Ada beberapa alasan mengapa jenis madu tertentu aman digunakan oleh ibu hamil, berikut ulasannya :

Sistem pencernaan ibu hamil bisa mengendalikan bakteri

Perlu anda ketahui, sistem pencernaan orang dewasa memang sudah terbentuk dengan baik. Terdapat flora pelindung di dalam usus orang dewasa sehingga dapat mencegah sproa bakteri Clostridium berkembang botulisme. Meski sistem kekebalan tubuh wanita bisa menurun pada saat masa kehamilan, namun dalam kehamilan yang normal dan sehat maka tidak akan terjadi perubahan pada flora pencernaan.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

1. Bisa Membantu Mengurangi Rasa Mual

Biasanya ibu hamil pada trimester pertama akan mengalami mual dan muntah setiap pagi, bahkan dalam beberapa kasus ibu hamil bisa mengalami mual muntah selama seharian penuh dalam beberapa minggu usia kehamilan. Dengan mengonsumsi madu yang memiliki rasa manis, bisa membantu ibu hamil mengatasi mual.

2. Menjadi suplemen Penambah tenaga Selama Mengandung

Karena pada trimester pertama bunda mengalami mual muntah, mengonsumsi madu sesuai takaran dapat memiliki manfaat menjadi suplemen penambah tenaga agar tubuh ibu hamil tetap fit meski mengalami mual dan muntah. Selain itu, madu juga bermanfaat menambah tenaga saat proses melahirkan.

3. Dapat Membantu Menguatkan Janin

Di masa kehamilan trimester pertama, ibu hamil memang rentan terhadap pergerakan yang bisa berdampak pada keguguran. Manfaat ibu hamil mengonsumsi madu di trimester pertama kehamilan yaitu untuk membantu menguatkan janin karena madu mengandung zat galian.

4. Membantu Menambah Nafsu Makan Ibu Hamil

Karena ibu hamil mengalami berbagai macam perubahan ditubuhnya, terutama bagi ibu hamil yang mengalami mual muntah, sehingga hal tersebut membuat ibu hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Dengan mengonsumsi madu bisa membantu menambah nafsu makan ibu hamil dan menjaga kesehatan janin.

5. Mengatasi Susah BAB Untuk Ibu Hamil

Manfaat madu yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah BAB atau Buang Air Besar. Mengonsumsi madu secara teratur dan sesuai takaran bisa melancarkan BAB di masa kehamilan. Perubahan hormonal yang terjadi sering kali membuat kondisi pencernaan menurun.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Ibu Hamil dan Janin

Pada masa awal kehamilan, ibu hamil memang mengalami berbagai perubahaan di tubuhnya. Manfaat lain dari madu untuk ibu hamil adalah membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil dan janin yang dikandungnya karena di dalam madu memiliki kandungan vitamin C.

Dengan mengetahui manfaat dan jenis madu yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, tentu anda semakin paham. Pastikan ibu hamil mengonsumsi madu asli dan mengetahui ciri-ciri madu asli. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi madu maskimal 3-5 sendok makan per hari karena madu juga mengandung jenis gula seperti glukosa, fruktosa dan matosa. Demikian informas lengkap yang sudah Inspired2Write.com berikan untuk anda.

Tinggalkan komentar