Ciri Ciri Madu Asli atau Palsu : Cara Mudah Membedakannya

Ciri ciri Madu Asli – Dari jaman dulu, madu asli memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Maka tidak heran jika banyak orang saat ini mulai gemar mengonsumsi madu asli. Madu asli memang terkenal dengan harganya yang cukup mahal dipasaran.

Karena harga madu mahal, jangan sampai anda tergiur dengan harga murah yang dijual oleh beberapa pedangan nakal, kemudian anda jadi menggadaikan kesehatan dengan membeli madu palsu. Madu palsu atau biasa disebut madu oplosan berbahaya bagi tubuh karena mengandung zat lain.

Mengingat hal tersebut sebanding dengan khasiat yang didapatkan jika rutin mengonsumsi madu sesuai dengan porsi dan aturan. Madu juga menjadi salah satu bahan makanan pengganti gula karena rasanya yang manis namun tetap rendah kalori sehingga baik bagi tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa anda rasakan ketika mengonsumsi madu asli yaitu mampu meningkatkan imun tubuh, bisa membantu meredakan batuk dan flu, dapat mengurangi resiko penyakit jantung bahkan bisa mencegah kanker. Oleh sebab itu, pastikan anda membeli madu asli.

Ciri Ciri Madu Asli atau Palsu dan Cara Mudah Membedakan

Ciri Ciri Madu Asli atau Palsu dan Cara Mudah Membedakan

Untuk bisa mengetahui madu tersebut asli atau palsu anda haru mengetahui terbelih dahulu bagaimana ciri-ciri madu asli ataupun palsu dengan beberapa metode. Nah dikesempatan kali ini Inpired2Write.com akan mencoba mengulas dan menejelaskan bagaimana ciri-ciri madu asli atau palsu sampai dengan cara mudah membedakannya

Ciri ciri Madu Asli

Ciri ciri Madu Asli

1. Tidak lengket

Ketika anda ingin membuktikan madu asli atau tidak bisa dirasakan dari teksturnya. Madu asli biasanya tidak akan lengket karena tidak memiliki campuran gula. Ketika kulit terkena madu, maka madu murni akan langsung menyerap ke kulit.

2. Madu akan mengalir dengan cepat

Kandungan air yang ada di dalam madu murni kurang dari 18% bahkan bisa mencapai 14%, sehingga membuat madu murni bisa mengalir tanpa putus serta lapisannya menghilang sangat cepat saat botol dibalik. Berbeda dengan madu palsu dimana kandungan airnya diatas 20%.

3. Memiliki tekstur yang kental

Madu asli memiliki tekstur yang kental sehinga susah untuk digoyangkan. Jika anda membeli madu namun bisa bergerak atau mudah di goyangkan maka bisa jadi madu yang anda beli adalah madu yang terdapat campuran gula di dalamnya.

4. Memiliki warna yang keruh

Ciri madu asli terakhir adalah memiliki warna yang keruh, Mengapa demikian? warna yang dihasilkan oleh madu asli berwarna keruh karena adanya kandungan pollen serta bagian tubuh lebah. Namun, cara ini tidak bisa di pastikan karena biasanya ada madu asli yang warnanya jernih, hal tersebut bisa terjadi karena madu asli sudah difilter berkali-kali.

Cara Membedakan dan Mengetes Madu Asli atau Palsu

Cara Membedakan dan Mengetes Madu Asli atau Palsu

  • Lakukan tes ibu jari

Anda bisa meletakan sedikit saja madu di ibu jari. Perhatikan apakah madu menetes atau justru menyebar ke permukaan lainnya? apabila madu menyebar ada kemungkinan madu tersebut palsu atau tidak murni.

  • Tes menggunakan roti

Cara mudah mengetesnya menggunakan media roti. Anda bisa meneteskan madu ke atas roti kemudian lihat jika roti tawar berubah tektur menjadi lebih keras, maka madu tersebut adalah asli. Namun, apabila madu yang dituangkan ke atas roti tawar justru meresap dan membuat roti tawar basah, artinya madu tersebut palsu.

  • Tes menggunakan korek api

Sifat dari madu asli memang mudah terbakar. Nah, dari sini anda bisa mencoba menyelupkan korek api ke dalam madu tersebut. Jika madu asli, maka korek yang tadinya di celupkan akan mudah terbakar. Namun ketika korek yang dicelupkan ke madu justru sulit dinyalkan, besar kemungkinan madu tersebut memiliki campuran zat lain di dalamnya.

  • Tes panas

Coba anda masukkan madu kedalam panci kemudian panaskan, jika tekstur berubah menjadi karamel dan tidak berbusa maka madu tersebut asli. Jika madu dipanaskan kemudian tidak mengalami perubahan pada tekstur hanya memanas saja, bisa di pastikan madu tersebut palsu.

  • Tes menggunakan air

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah ambil satu sendok madu kemudian tuangkan kedalam botol atau gelas yang berisi air, untuk madu palsu secara otomatis akan ikut larut dalam air. Berbeda halnya dengan madu asli ketika di masukan kedalam gelas berisi air, madu akan menggumpal dan mengendap pada bagian bawah gelas.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

  • Mencegah kanker .
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menyembuhkan luka bakar.
  • Sebagai antibakteri.
  • Meningkatkan performa olahraga.
  • Menenangkan tenggorokan.

Itulah ulasan lengkap mengenai ciri-ciri madu asli atau palsu serta bagaimana cara membedakannya dengan mudah yang sudah Inspired2Write.com jelaskan. Madu memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun akan berbeda manfaatnya jika anda salah mengonsumsi madu apalagi madu palsu yang memiliki banyak kadungan zat lain dan nantinya justru dapat membahayakan tubuh.

Tinggalkan komentar