10 Ciri Khusus Kelelawar Beserta Habitat dan Klasifikasi

Ciri Khusus Kelelawar – Kelelawar adalah hewan mamalia yang berkembangbiak dengan cara melahirkan yang bisa terbang, yang berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki bagian depan dan belakang yang berkembang menjadi sayap. Kelelawar menjadi salah satu mamalia atau hewan menyusui yang bisa terbang.

Sayap kelelawar berupa kulit dengan jaringan yang kuat. Inilah yang menyebabkan mengapa kelelawar bisa terbang dengan baik layaknya burung. Kelelawar merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan beristirahat di siang hari.

Sebagian besar kelelawar memakan serangga dan sebagian lainnya ada yang memakan burung, tikus, ikan buah-buahan dan lain sebagainya. Kelelawar dapat mendengan bunyi dengan aplitudo yang lemah.

Ketika terbang kelelawar akan mengeluarkan bunyi, jika bunyinya memantul maka ada benda didepannya. Hal inilah yang membantu kelelawar terbang dimalam hari. Berbicara soal kelelawar tahukah anda ciri dan habitat kelelawar.

Ciri Khusus Kelelawar dan Habitat Aslinya

Ciri Khusus Kelelawar dan Habitat Aslinya
Advertisements

Kelelawar banyak dijumpai di gua-gua yang lembab serta gelap. Kelelawar biasanya akan bergelantungan di dinding-dinding gua taupun ranting pohon. Nah, sampai disini kita sudah bisa melihat beberapa ciri khusus kelelawar ini. Nah, untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Ciri Khusus Kelelawar

Ciri Khusus Kelelawar

Dilihat dari fisik sendiri sebenarnya sudah dapat dilihat ciri-cirinya. Ciri-ciri kelelawar paling utama yaitu bisa terbang. Namun masih banyak lagi ciri ciri kelelawar lainnya. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.

  1. Memiliki kemampuan ekolokasi, sehingga mampu memperkirakan letak dan jarak mangsanya.
  2. Sebagai hawan nokturnal atau aktif di malam hari.
  3. Termasuk heman frutivora atau pemakan buah, meskipun ada beberapa kelelawar pemakan serangga.
  4. Memiliki kemampuan tidur bergelantungan.
  5. Memiliki selaput pada sayapnya.
  6. Memiliki cakar pada bagian sayapnya.
  7. Mempunyai sonar atau gelombang ultrasonik.
  8. Melakukan hibernasi pada musim dingin.
  9. Terbiasa tinggal ditempat yang gelap dan lembab.
  10. Memiliki indra penciuman yang sangat tajam.

Habitat Kelelawar

Habitat Kelelawar

Kelelawar dapat hidup di berbagai penjuru dunia, kecuali tempat yang memiliki iklim dingin seperti Arktik dan Antartika. Sebagaian besar jenis kelelawar lebih memilih tempat yang hangat dan gelap. Namun, sebagai juga ada yang menempati tempat yang lembab.

Mereka bisa ditemukan ditempat tempat seperti Hutan Hujan, Perkebunan, Lahan Pertanian, Hutan, Goa, dan Kota-kota. Saat musim dingin sebagian kelelawar biasanya akan melakukan migrasi ke tempat yang lebih hangat, sebagaian lagi biasanya akan melakukan hibernasi.

Habitan asli dari kelelawar ini bisa dijumpai di Gua yang gelap dan lembab atau bisa juga di pohon-pohon, tambang, lumbung dan lain sebagainya.

Klasifikasi Kelelawar

Klasifikasi Kelelawar

Kelelawar dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu sebagai berikut.

  • Pteropodidae yaitu kelelawar pemakan buah-buahan.
  • Emballonuridae yaitu kelelawar eko-trubus.
  • Megadermatidae yaitu kelelawar vampir palsu.
  • Nycteridae yaitu kelelawar muka cekung.
  • Rhinolohidae yaitu kelelawar ladam.
  • Hipposideridae yaitu kelelawar barong.
  • Vestipertilionidae yaitu kelelawar biasa.
  • Molossidae yaitu kelelawar bibi keriput.

Makanan Kelelawar

Kelelawar biasanya memakan buah-buahan, bunga, serangga keci, nektar. serbuk sari dan daun, namun hal tersebut tergantung jenis kelelawar itu sendiri. Untuk jenis Megabath biasanya memakan buah-buahan dan sedangkan untuk jenis kelelawar Microbath umunya memakan serangga kecil.

Kelelawar memiliki selera maka yang cukup besar. Ia dapat makan sebagnya setengah dari berat tubuhnya. Bahkan untuk kelelawar jenis vampir dapat makan 2 kali lipat dari berat tubuhnya setiap hari. Sebagian besar kelelawar pemakan buah-buahan sangat suka dengan buah pepaya. Sedangkan untuk pemakan serangga sendiri, kelelawar sering memakan serangga seperti laron, jangkrik, kumbang dan lain sebagainya.

Itulah ciri khusus kelelawar yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Setiap makhluk hidup di bumi ini memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda meskipun masih satu spesies. Misalnya saja CIRI-CIRI AYAM akan berbeda dengan ciri-ciri burung. Begitu pula kelelawar. Setiap jenis kelelawar pastinya memiliki ciri khusus tertentu. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda semuanya.

Tinggalkan komentar