6 Ciri Ciri Ayam dan Habitatnya Berdasarkan Jenis Ayam

Ciri Ciri Ayam dan Habitatnya – Ayam merupakan hewan aves atau unggas yang bernafas menggunakan paru-paru dan berkembang biak dengan cara bertelur. Ayam adalah jenis burung yang bisa dimanfaatkan dagingnya, telurnya dan juga bulunya.

Meskipun termasuk kedalam jenis burung, namun ayam tidak dapat terbang layaknya burung, meskipun secara keseluruh memiliki bentuk fisik yang sama. Ayam termasuk bagian dari ras atau ordo gallifermos dan anserifornes.

Hewan ini sering dijadikan sebagai hewan perliharaan ataupun hewan ternak. Hewan ini sangat mudah untuk dijumpai. Biasanya ayam bisa kita temukan di daerah permukiman warga, peternakan, kebun, hutan dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan hampir semua orang memelihara ayam, baik sebagai pelihaaran maupun untuk dikonsumsi. Ayam tentunya memiliki ciri ciri tertentu. Lantas apa saja ciri ciri ayam dan habitanya ? Berikut informasi lebih lengkapnya.

Ciri Ciri Ayam dan Habitatnya Berdasarkan Jenis Ayam

Ciri Ciri Ayam dan Habitatnya Berdasarkan Jenis Ayam
Advertisements

Secara umum, habitat dapat menentukan ciri ciri ayam itu sendiri. Hal inilah yang membuat setiap ayam memiliki ciri ciri yang berbeda beda. Nah, pada dasarnya ciri ciri ayam sudah dapat kita bedakan dengan melihat dari fisik ayam. Maka dari itu, bagi yang belum mengetahui ciri ciri ayam dan habitatnya, maka silahkan simak ulasan dari inspired2write di bawah ini.

Ciri Ciri Ayam

Ciri Ciri Ayam

Ayam terdiri dari ayam jantan dan betina. Ayam jantan memiliki ciri yang berbeda dengan ciri ayam betina. Ciri ciri ayam jantan dan betina sudah bisa disimpulkan dengan jelas melalui bentuk fisik dari keduanya. Adapun informasi lebih spesifiknya sebagai berikut.

Ciri Ciri Ayam Jantan

  1. Memiliki jalu yang lebih panjang.
  2. Mempunyai ukuran yang lebih besar.
  3. Mempunyai bulu ekor yang lebih panjang dan menjuntai.
  4. Mempunyai jengger yang lebih besar
  5. Secara fisik ayam jantan lebih tinggi.
  6. Berkokok lebih keras dan nyaring.

Ciri Ciri Ayam Betina

  1. Memiliki jalu lebih pendek dan bahkan ada yang tidak memiliki jalu sama sekali.
  2. Ukuran fisik lebih kecil atau lebih pendek.
  3. Memiliki bulu ekor yang lebih pendek.
  4. Mempunyai jengger yang lebih kecil.
  5. Tidak berkokok.

Jenis Ayam Berdasarkan Fungsinya

Jenis Ayam Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, ayam dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

  • Ayam Pedaging

Ayam pedaging merupakan jenis ayam ras unggul hasil persilangan dari ayam yang memiliki produktivitas yang tinggi. Habitat ayam ini bisa dijumpai di peternakan atau pekarangan rumah. Ayam pedaging memiliki ciri ciri ukuran tubuhnya yang basar, volume berat badannya yang berat dan umunya memiliki bulu berwarna putih.

  • Ayam Petelur

Ayam ini biasanya dimanfaat sebagai ayam petelur dan ayam pedaging. Ayam petelur ini umunya dipelihara banyak orang untuk dijadikan sebagai sumber keuntungan pada saat ayam ini memproduksi telur. Habitat ayam petelur yaitu sama dengan ayam pedaging yaitu di peternakan dan pekarangan rumah.

  • Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang paling banyak dijumpai. Ayam ini biasa dipelihara oleh masyarakat. Habitat ayam kampung yaitu berada di kebun, hutan dan pekarangan rumah. Ciri ciri ayam kampung yaitu memiliki pertumbuhan yang sangat pesat dan tubuhnya tegak.

  • Ayam Hias

Ayam hias memiliki fungsi yang berbeda dengan ketiga jenis ayam di atas. Ayam hias umumnya dipelihara dengan tujuan hiasan karena hobi. Habitat ayam hias bisa kita jumpai di hutan dan peternakan. Ayam hias memiliki ciri ciri seperti, bulunya berwarna eksotis.

Habitat Ayam

Habitat Ayam

Sedangkan untuk habitat dari ayam sendiri cukup beragam. Hal ini mengingat ayam merupakan hewan yang mudah bereproduksi. Umumnya ayam betina bertelur sebanyak 12-20 buah. Hal ini yang menimbulkan habitat baru bagi ayam. Secara umum habitat ayam bisa kita jumpai di tempat-tempat sebagai berikut.

  • Dilingkungan Daratan Alami, contohnya seperti hutan, pegunungan.
  • Dilingkungan Daratan Buatan, contohnya seperti kebun, peternakan, pekarangan rumah dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ciri ciri ayam dan habitanya yang dapat inspired2write.com informasikan. Meskipun masuk kedalam jenis unggas namun jenis ayam berbeda dengan JENIS BURUNG LOVEBIRD. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar