6 Rahasia Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame – Ikan gurame merupakan sejenis ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia dan banyak disukai sebagai ikan konsumsi di kawasan Asia Tenggara dan juga Asia Selatan.

Tidak hanya itu saja, di negara-negara lainnya ikan gurame sering di pelihara di dalam akuarium. Ikan gurame memang menyukai perairan yang cenderung lebih tenang seperti kolam, rawa, danau, dan waduk.

Ikan gurame juga memiliki bentuk yang cukup unik yaitu kepalanya berbentuk seperti kerucut dan tubuh bagian belakang mirip dengan ikan mujair atau ikan nila sehingga beberapa orang lebih memilih diletakkan di akuarium.

Ikan gurame juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi maka tidak heran banyak masyarakat yang ingin budidaya ikan satu ini. Apabila anda salah satunya, anda berada di artikel yang tepat.

Rahasia Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame

Rahasia Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame

Advertisements

Setelah kita tau sedikit ulasan mengenai ikan gurame yang banyak digemari oleh masyrakat dan banyak orang yang tertarik untuk budidaya ikan gurame karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Nah bagi anda yang berminat untuk budidaya ikan gurame, perlu menyimak informasi tentang cara mempercepat pertumbuhan ikan gurame berikut ini.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame

1. Lokasi Ikan Gurame

Hal pertama yang menentukan pertumbuhan ikan gurame adalah lokasinya. Ikan gurame memang tidak menyukai suhu rendah jadi anda tidak cocok budidaya ikan gurame di dataran tinggi. Namun, perlu anda tahu ikan gurame bisa hidup dan berkembang dengan baik di ketinggian maksimal 800 meter diapat permukaan laut. Sehingga, untuk mengoptimalkan suhu yang sesuai dengan habitat ikan gurame berkisar 25 – 28 derajat.

2. Pemilihan Benih Gurame

Agar ikan gurame dapat tumbuh secara optimal pilihlah benih yang efisien. Contoh ketika anda ingin memanen ikan gurame yang bobotnya sekitar 500 gram maka baiknya pelihara benih berukuran 100 gram atau minimal sudah berumur 1 tahun. Dengan demikian aktivitas produksi bisa berlangsung lebih efisien. Jangan lupa ambil benih yang dikembangkan disekitar daerah tempat anda agar proses adaptasi ikan gurame lebih cepat.

3. Pakan Gurame yang Tepat

Perlu anda ketahui bahwa ikan gurame merupakan binatang omnivora atau disebut juga hewan pemakan daging dan tumbuhan. Habitat asli ikan gurame lebih memangsa ikan-ikan kecil dan juga tumbuhan air. Jadi, pakan yang cocok digunakan untuk ikan gurame adalah campuran dari daging dan juga tanaman. Hal tersebut bertujuan agar ikan gurame bisa tumbuh lebih cepat. Jangan lupa untuk memberikan pakan ikan gurame yang mengandung protein tinggi. Anda juga bisa menambahkan pakan berupa daun selada, daun talas, daun singkong, dan juga daun kangkung.

4. Pelihara Ikan Gurame dengan Sistem Monokultur

Ikan gurame khususnya memang memiliki perlilaku yang cukup melamban. Itulah sebabnya kami sarankan anda membudidaya ikan gurame dengan sistem monokultur. Usahakan jangan mencampur ikan gurame dengan ikan lain karena hal tersebut membuat ikan gurame akan kalah perebutan pakan nantinya.

5. Sediakan Kolam Lebih Dalam

Ikan gurame memiliki karakteristik menyukai perairan yang cukup dalam. Oleh sebab itu, ikan gurame lebih menyukai pergerakan ke arah vertikal atau naik turun. Nah, dengan menyediakan kolam lebih dalam nantinya ikan gurame dapat bergerak dengan bebas dan bisa berkembangbiak lebih cepat.

6. Pengendalian Penyakit

Untuk dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ikan gurame, anda perlu melakukan pengendalian penyakit dengan cara berikut ini :

  • Usahkan selalu menggunakan pakan ikan gurame yang mengapung jangan tenggelam.
  • Perhatikan dengan benar kebersihan kolam ikan gurame.
  • Tempatkan kolam ikan gurame di tempat yang kaya akan oksigen atau tempat terbuka.
  • Saat menggunakan peralatan harus bersih dengan cara merendam menggunakan kaporit selama 24 jam.
  • Anda bisa memberikan vaksin hydrophil minimal 1 bulan sekali.
  • Terakhir, apabila ikan gurame terserang penyakit atau jamur harus langsung di obati dengan cara direndam menggunakan larutan garam dapur kurang lebih 1 jam.

Cukup sekian ulasan dari inspired2write.com tentang bagaimana cara mempercepat pertumbuhan ikan gurame secara lengkap. Dengan mengetahui rahasianya tentu bisa langsung anda terapkan ke ikan gurame milik anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang menginginkan pertumbuhan ikan gurame secara cepat.

Tinggalkan komentar