√ Bunga Deposito BNI 2020 : Syarat, Manfaat, Cara Hitung

Bunga Deposito BNI – Bank BNI menawarkan produk deposito yang memberikan suku bunga yang menarik. Ketika ingin membuka tabungan deposito di bank BNI, maka hal yang perlu diperhatikan yaitu suku bunga deposito BNI yang akan didapat.

Dengan mengetahui besaran bunga deposito yang akan didapat, maka bisa menjadi pertimbangan dalam memilih produk deposito. Besaran dana yang anda setor untuk deposito juga akan menentukan besaran bunga deposito yang akan anda dapatkan.

Selain besaran dana, tenor atau jangka waktu penyimpanan juga dapat mempengaruhi presentase besaran bunga deposito yang didapat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa BNI atau bank lainnya, menawarkan jangka waktu deposito mulai dari 1, 3, 6,12 hingga 24 bulan.

Setiap tenor deposito akan dikenakan bunga yang berbeda-beda. Lantas berapa bunga deposito bank BNI? Nah, bagi anda yang belum mengetahui besaran bunga deposito BNI, maka silahkan simak ulasan mendalam dari inspired2write berikut ini.

Bunga Deposito BNI Beserta Syarat, Manfaat dan Cara Menghitungnya

Bunga Deposito BNI Beserta Syarat Manfaat dan Cara Menghitungnya
Advertisements

BNI Deposito adalah tabungan berjangka yang akan memberikan anda keamanan dalam menabung dengan tingkat bunga yang menarik. Dengan berdeposit di bank BNI, maka anda akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan.

Nah, bagi anda yang ingin membuka tabungan deposito, sebelum itu, maka anda harus tahu besaran bunga dan caranya menghitung bunga deposito yang akan anda dapatkan. Dengan begitu, maka manfaat dan keuntungan yang didapat akan lebih maksimal. Adapun informasi lebih lengkapnya, sebagai berikut.

Suku Bunga Deposito BNI

Suku Bunga Deposito BNI

Setiap bank memberikan besaran bunga yang berbeda-beda. Misalnya BUNGA DEPOSITO BCA, memiliki ketentuan sendiri terkait besaran bunga untuk produk depositonya. Nah, untuk bank BNI sendiri, besaran bunga untuk produk depositonya, silahkan simak tabel di bawah ini.

1 Bulan3 Bulan6 Bulan12 Bulan24 Bulan
Rp. 10 juta s/d kurang dari Rp. 100 juta4,25%5,25%4,75%4,50%4,50%
Rp. 100 juta s/d kurang dari Rp. 1 miliyar4,25%5,25%5,00%4,75%4,50%
Rp. 1 miliyar s/d kurang dari Rp. 5 milyar4,50%5,25%5,00%4,75%4,75%
Rp. 5 miliyar ke atas4,50%5,25%5,00%5,00%4,75%

Pajak Deposito BNI

Pajak Deposito BNI

Hal lain yang perlu diperhatikan selain besaran bunga, yaitu pajak deposito. Deposito akan dikenai pajak oleh pemerintah. Besaran pajak yang harus di bayar ditentukan oleh besaran dana deposito. Besaran pajak yang harus di bayar yaitu sebesar 20% apabila dana deposito bernilai lebih dari 7,5 juta. Sedangkan jika dana kurang dari 7,5 juta maka tidak akan dikenai pajak.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Cara Menghitung Bunga Deposito

Setelah mengetahui besaran bunga dan pajak deposito, maka perlu menghitungnya mengetahui bunga yang akan diterima nantinya. Adapun cara menghitungnya silahkan simak kalkulasi di bawah ini.

Untuk lebih memperjelas perhitungan silahkan simak contoh berikut ini:

Dimas memiliki kelebihan dana dan ingin membuka deposito. Dimas memiliki dana sebesar 10 juta dan ingin ia depositkan. Ia ingin menyimpan dananya dengan jangka waktu 3 bulan. Bunga yang ditetapkan oleh pihak bank untuk deposito dengan jangka waktu 3 bulan yaitu sebesar 7,5%. Belum genap 3 bulan, diman ingin tahu berapa kalkulasi bunga yang ia dapat. Untuk mengetahui kalkulasi bunga yang didapat dimas, dapat dilakukan dengan rumus sebagai berikut.

Rumus perhitungan bunga deposito untuk simpanan lebih dari sama dengan 7,5 juta yaitu. Bunga Deposito = jumlah dana deposito x bunga per tahun x 80% : 12

Note : 80% didapat dari simpanan lebih dari 7,5 juta dari presentase keuntungan yang sudah dikurangi dengan presentasi pajak sebesar 20%.

Maka perhitungannya sebagai berikut :

Pendapatan bunga deposito per bulan = 10 juta x 6% x 3 : 12 = Rp.150.000

Pendapatan bunga deposito perhari = 10 juta x 6% x 90 : 365 = 147.945,205

Syarat Buka Deposito BNI

Syarat Buka Deposito BNI

Nah, bagi anda yang ingin membuka tabungan deposito di bank BNI, ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan. Adapun syarat buka deposito BNI yaitu sebagai berikut.

  1. Mengisi Formulir Aplikasi Pembukaan Rekening Deposito.
  2. Menyiapkan dokumen identitas diri asli dan fotocopy seperti KTP/ SIM/ Paspor.
  3. Menyiapkan Bukti Legalitas Badan Usaha/ Hukum asli dan fotocopy.
  4. Melakukan setoran untuk pembukaan rekening deposito (ketentuan besaran jumlah setoran dapat berubah sewaktu-waktu sesuai perkembangan).

Manfaat Deposito

Manfaat Deposito
  • Mendapat tingkat bunga yang kompetitif.
  • Dapat dijadikan sebagai jaminan kredit.
  • Dijamin oleh lembaga penjaminan simpanan.
  • Tersedia dalam pilihan mata uang sesuai kebutuhan anda yaitu mata uang rupiah dan asing seperti USD, JPY, GBP, SGD, HKD, EUR, AUD.
  • Bunga dapat dipindah ke rekening tabungan, giro atau menambah pokok simpanan.
  • Saat jatuh tempo, tenor dapat diperpanjang secara otomatis (ARO) atau tidak otomatis (Non ARO).
  • Tersedia dalam berbagai pilihan tenor atau jangka waktu sesuai kebutuhan anda mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Kelebihan Deposito BNI

Banyak nasabah bank BNI yang berinvestasi uang dalam bentuk deposito. Hal ini diarenakan ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari deposito. Adapun keuntungan deposito yaitu sebagai berikut.

  • Suku bunga yang didapat dari deposito BNI lebih besar dibandingkan tabungan biasa.
  • Lebih aman karena sudah terjamin Lembaga Penjamin Simpanan.
  • Risiko lebih rendah, tidak seperti investasi saham.
  • Bisa dijadikan sebagai jaminan kredit.
  • Persyaratan membuka deposit lebih mudah dibandingkan MEMBUAT ATM BNI.

Kekurangan Deposito BNI

Selain memiliki kelebihan, deposito BNI juga memiliki kekurangan. Sudah sewajarnya, setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kekurangan dari deposito BNI yaitu sebagai berikut.

  • Setoran awal lebih besar dibandingkan tabungan BNI biasa.
  • Dana tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo.
  • Apabila dicairkan sebelum jatuh tempo akan dikenai pinalti.
  • Bunga dapat berubah-ubah sesuai perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Penawaran Terbaik Dari Asuransi BNI Life Insurance

Penawaran Terbaik Dari Asuransi BNI Life Insurance

BNI Life Insurance menawarkan berbagai pilihan asuransi mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, pensiun hingga syariah. Dengan berdeposit di Bank BNI, maka anda akan diberikan uang pertanggungan dari BNI Life sebesar 100% hingga 200%. Terlebih lagi asuransi BNI Life aktif hingga 100 tahun.

Call Center BNI

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar deposito BNI, silahkan hubungi langsung layanan call center bank BNI. Silahkan hubungi contact center BNI di bawah ini.

  • Fixed Phone : Tekan 1500046 (Pulsa Lokal)
  • Ponsel : Tekan 1500046 (Tarif Provider)
  • Faksimili : (021) 25541203
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Akses dari Luar Negeri : (62-21) 30500046

FAQ

Berapa Minimal Dana Deposito BNI?

Minimal deposito rupiah BNI yaitu Rp. 10.000.000

Apakah Bunga Deposito Diberikan Setiap Bulan?

Pada deposito, bunga dibayarkan hanya pada akhir periode investasi. Berbeda dengan rekening tabungan biasa, dimana bunganya dihitung tiap hari dan dibayar setiap bulan.

Amankah Deposit di bank BNI?

Sangat aman, pasalnya sudah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Apakah Saldo Deposito Bisa Ditambah?

Menyimpan uang di tabungan deposito tidak sama seperti menyimpan uang di tabungan biasa. Anda tidak bisa bebas melakukan penambahan saldo deposito atau melakukan penarikan jumlah uang. Pasalnya ada ketentuan jangka waktu penyimpanan.

Itulah informasi seputar bunga deposito BNI yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dengan mengetahui besaran bunga yang akan didapat, maka anda dapat mempertimbangkan, apakah anda ingin membuka tabungan deposito di bank BNI atau tidak. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar