6 Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta – Di dunia ini ada berbagai macam jenis profesi yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Diantaranya yaitu profesi wirausaha dan wiraswasta.

Masih ada banyak orang yang salah mengartikan wirausaha dan wiraswasta. Dimana sebagai besar orang awam menganggap kedua profesi tersebut tidak ada bedanya alias sama.

Namun, nyatanya wirausaha dengan wiraswasta memiliki perbedaan yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Lantas apa saja perbedaan dari profesi wirausaha dan wiraswasta?.

Nah, bagi yang belum mengetahui perbedaan wirausaha dan wiraswasta, maka inilah saat paling tepat untuk mengetahui perbedaan keduanya. Adapun info selengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha
Advertisements

Secara umum wirausaha adalah orang yang bisa melakukan gebrakan pada sistem perekonomian dengan menawarkan barang atau jasa baru. Wirausaha juga disebut sebagai orang yang berani menanggung semua risiko dari bisnis maupun usaha yang dijalankan.

Secara etimologis, wirausaha berasal dari kaya ‘wira‘ yakni memiliki makna manusia yang unggul, gagah berani, serta memiliki watak agung hingga dimaknai sebagai pahlawan. Sedangkan, ‘usaha‘ merupakan kegiatan bekerja ataupun melakukan sesuatu.

Selain itu, wirausaha juga diartikan sebagai jenis bisnis yang dikelola secara purna waktu dalam membuat sebuah produk atau inovasi baru. Adapun contoh wirausaha yaitu :

  • Salon kecantikan
  • Wedding Organizer
  • Usaha Katering
  • Pembuatan Souvenir
  • Usaha Pembuatan Es Krim

Pengertian Wiraswasta

Pengertian Wiraswasta
Advertisements

Wiraswasta adalah orang yang berani mengambil sikap, berfikir, serta berani mengambil tindakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar dapat menciptakan pekerjaan atau berkarir secara mandiri. Wiraswasta juga punya dorongan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Umumnya seorang wirausaha memiliki kekuatan untuk menggunakan waktu untuk melakukan kegiatan yang menunjang usaha, memahami tentang modal, serta mendapatkan kepuasan dari usaha yang sedang dijalani.

Wiraswasta biasanya mengacu pada jenis usaha independen dan dilingkungan dalam ruang lingkup lebih kecil. Jenis usahanya umumnya lebih banyak mengembangkan usaha yang sudah ada. Adapun beberapa contoh jenis usaha wiraswasta yaitu sebagai berikut.

  • Jasa Laundry
  • Jasa Cuci Motor atau Mobil
  • Menjual Produk Makanan
  • Menjual Produk Pakaian
  • Membuka Jasa Fotografi

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta
Advertisements

Berbeda dengan wiraswasta, wirausaha umumnya identik dengan berbagai MACAM USAHA PERDAGANGAN. Sedangka wiraswasta umumnya adalah seseorang yang terikat oleh pihak lain.

Dari penjelasan di atas, sudah terlihat jelas bahwasanya wirausaha dan wiraswasta itu berbeda. Adapun beberapa perbedaan kedua profesi ini, simak saja penjelasan di bawah ini.

1. Kepemilikan Aset

Perbedaan paling signifikan antara wirausaha dan wiraswasta yaitu dari segi kepemilikan aset. Dimana aset yang dimaksud ialah kepemilikan modal dana serta perannya dalam mengambil keputusan di dalam kegiatan operasional usaha.

Seorang wirausaha akan terlibat secara relatif pada kegiatan operasionalnya saja. Sedangkan, wiraswasta akan terlibat ketika dirinya memiliki aset sendiri.

2. Lingkup Bisnis

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari segi lingkup bisnis. Seorang pelaku usaha mempunyai kemungkinan besar terlibat usaha lebih dari satu bidang.

Itu artinya seseorang akan tergolong dalam wirausaha jika dirinya memiliki lingkup bisnis lebih luas. Misalkan, saat seorang menawarkan jasa travel lengkap dengan jasa fotografinya.

Sedangkan, wiraswasta tidak mengaplikasikan pengetahuan bisnisnya di jenis usaha lainnya, melainkan dirinya hanya akan fokus pada 1 lingkup bisnis saja.

3. Fokus Usaha

Perbedaan paling menonjol antara wirausaha dengan wiraswasta adalah segi fokus usahanya. Fokus seorang wirausaha mencakup keseluruhan waktu dalam hidupnya.

Sementara, wiraswasta mempunyai fokus usahanya sekedar paruh waktu. Contohnya, seorang karyawan kantor memiliki usaha binatu bisa dikatakan sebagai wiraswasta.

Hal itu dikarenakan fokus usahanya bukan hanya binatu melainkan juga mendapatkan gaji di tempatnya bekerja. Sedangkan, jika seorang tidak terikat oleh pihak manapun maka orang tersebut dikategorikan seorang wirausaha.

4. Rencana Usaha Kedepannya

Perbedaan lainnya ialah dari segi rencana ke depannya. Dimana dilihat dari sisi rencana pengembangan usaha, seseorang wirausaha mempunyai pemahaman yang kokok untuk selalu memperbarui pendekatan bisnis sesuai dengan pendekatan teknologi baru.

Sementara itu, seorang wiraswasta cenderung lebih tradisionalis dan mudah merasakan puas dengan target jangka pendek mereka.

5. Pola Pikir

Dari segi pola pikir keduanya juga memiliki perbedaan, dimana wirausaha adalah seseorang yang membuka sebuah usaha baru dan mandiri. Mereka melihat sejumlah peluang untuk dimanfaatkan mendapatkan profit.

Sementara, seorang wiraswasta merasa bahwa meneruskan konsep yang sudah ada bisa menghasilkan profit atau keuntungan lebih besar.

6. Sikap

Perbedaan wirausaha dan wiraswasta terakhir yaitu sikap. Seseorang wirausaha memiliki sikap mampu berkerasi dan berinovasi serta memiliki visi jangka panjang.

Semantara, wiraswasta mampu berfikir dan bertindak berdasarkan kemampuan serta keberanian untuk mencari penghasilan secara mandiri.

Ciri-Ciri Wirausaha dan Wiraswasta

Ciri Ciri Wirausaha dan Wiraswasta
Advertisements

Selain perbedaan di atas, perbedaan kedua profesi ini juga bisa dilihat dari segi ciri-ciri. Adapun perbedaan ciri-ciri wirausaha dan wiraswasta, silahkan simak langsung di bawah ini.

Ciri-Ciri Wirausaha

  • Memiliki jiwa pemimpin
  • Orientasi ke depan
  • Memiliki rasa percaya diri
  • Selalu berfikir positif
  • Berani menghadapi risiko
  • Memiliki orientasi pada hasil

Ciri-Ciri Wiraswasta

  • Memahami passion
  • Percaya diri dan bersikap positif
  • Berani mengambil risiko
  • Disiplin dan dedikasi
  • Mudah beradaptasi dan fleksibel
  • Memiliki rencana efektif

Nah, demikianlah perbedaan perbedaan wirausaha dan wiraswasta dari insipired2write.com. Dengan adanya ulasan terkait perbedaan di atas, maka kini Anda akan dengan mudah membedakan wirausaha dan wiraswasta. Sekian dan semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.