Jenis Suara Wanita & Laki-laki Beserta Contohnya

Jenis Suara Wanita – Setiap manusia bisa menghasilkan suara dari mulutnya, jenis suara yang dihasilkan juga berbeda-beda baik laki-laki ataupun perempuan memiliki getaran yang berbeda.

Di dalam kelompok paduan suara setiap orangnya pasti memiliki jenis suara berbeda dan ciri khas masing-masing. Pembagian suara bisa di tentukan melalui tes nada untuk lebih jelas dan menentukan jenis apa.

Dengan mengetahui jenis suara, kita lebih mudah menentukan bagaimana nantinya akan bermusik serta genre apa yang cocok dengan jenis suara yang di hasilkan agar memiliki keselarasan.

Salah satu contoh jenis suara wanita yang paling umum adalah jenis Mezzo-Sopran. Salah satu penyanyi wanita Indonesia pemilik jenis suara Mezzo-Sopran adalah Pinkan Mambo.

Jenis Suara Wanita & Laki-laki Beserta Contohnya

Jenis Suara Wanita Laki laki Beserta Contohnya

Advertisements

Karena setiap manusia memiliki tingkat suara yang berbeda-beda maka kita perlu membahasnya lebih lanjut tentang bagaimana jenis suara wanita dan laki-laki lengkap dengan contohnya. Pada artikel kali ini Inspired2Write.com akan memberikan informasinya secara detail dalam ulasan di bawah ini.

Jenis Suara Wanita

Jenis Suara Wanita

1. Mezzo – Sopran

Selanjutnya adalah tipe suara Mezzo – Sopran, wanita yang memiliki tipe suara mezzo -sopran terbilang sedang. Indonesia memiliki wanita yang tipe suaranya Mezzo-Sopran, yaitu Pinkan Mambo. Bagi para wanita pemilik suara Mezzo – Sopran mampu menjangkau A3 sampai dengan A5.

2. Sopran

Tipe suara ini adalah tipe suara paling tinggi untuk wanita. Salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki tipe suara Sopran adalah Soimah. Bagi wanita yang memiliki suara sopran biasanya mampu mencapai range nada antara C4 hingga G5. Suara wanita dengan tipe Sopran terbilang sangat melengking. Itulah mengapa suara tipe ini disebut dengan “Sopra” atau dalam bahasa Italia memiliki arti “Melampaui”

3. Alto

Yang Terakhir adalah tipe suara paling rendah untuk kaum wanita, yaitu Alto. Salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki tipe suara Alto adalah Fatin Shidqia lubis. Beberapa orang menyebut tipe suara ini dengan sebutan Contralto. Bagi wanita pemilik suara Alto biasanya mampu menjangkau nada G sampai dengan C.

Jenis Suara Laki-laki

Jenis Suara Laki laki

1. Tenor

Tenor memiliki jenis suara seperti Sopran untuk wanita. Jangkauan nada bagi laki-laki yang memiliki Tenor mampu mencapai anatara C3 sampai dengan A4. Perlu anda ketahui beberapa laki-laki bisa mencapai nada antara nada B2 hingga F5.

2. Bass

Tipe suara yang kedua adalah tipe suara yang paling rendah untuk laki-laki. Jika tipe suara wanita di sebut Alto, untuk pria disebut dengan Bass. Bagi laki-laki yang memiliki tipe suara bass biasanya mampu mencapai suara antara E2 sampai E4, dan beberapa laki-laki bisa mencapai nada C2.

3. Baritone

Tipe suara yang terakhir adalah Baritone, tipe suara ini menjadi tipe suara sedang untuk kaum laki-laki. Penyanyi Indonesia yang memiliki tipe suara Baritone adalh Sammy Simorangkir. Biasanya laki-laki pemilik tipe suara Baritone mampu mencapai nada A2 hingga F4.

4. Countertenor

Tipe suara countertenor menjadi tipe yang paling unik. Pemilik suara ini biasanya memiliki suara tipis dan cenderung lebih cempreng. Memang sepintas tipe suara countertenor mirip dengan suara wanita.

Setelah mengetahui jenis suara wanita dan laki-laki, tentunya anda sudah semakin paham ya. Ketika sudah mengetahui range suara kita, maka dengan mudah bisa menentukan tipe atau jenis suara apa yang kita miliki. Inspired2Write.com juga memiliki informasi yang tidak kalah penting yaitu macam mekanisme evolusi beserta buktinya.

Tinggalkan komentar