√ Doa Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh Latin dan Artinya

Doa Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh – Sebelum menunaikan ibadah puasa Ramadhan, penting bagi setiap umat muslim untuk membaca niat puasa sebagai salah satu syarat sah puasa. Umumnya niat puasa diucapkan setelah berbuka ataupun saat sahur sebelum subuh.

Seperti dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah dari Hafshah Ummul Mukminin RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya.”

Citayam

Dengan kata lain, jika tidak mengucapkan niat puasa, maka puasa Ramadhan yang dijalankan akan sia-sia. Niat puasa Ramadhan biasanya dilafalkan umat muslim untuk esok hari (satu hari), lalu apakah dibolehkan untuk membaca niat puasa Ramadhan untuk 1 bulan penuh sekaligus?

Nah, buat Anda yang masih bingung dengan ketentuan doa niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh, berikut akan kami berikan penjelasan menurut para ulama. Oleh sebab itu, untuk mengetahui jawabannya, maka silahkan Anda simak dan baca artikel di bawah ini hingga akhir.

Ketentuan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Ketentuan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Sebelum Anda membaca doa niat puasa 1 bulan penuh, maka ada baiknya Anda tahu lebih dulu penjelasan para ulama mengenai ketentuan membaca doa niat puasa sebulan penuh. Lantas, apakah boleh jika doa niat puasa Ramadhan diucapkan satu kali untuk sebulan penuh?

Dalam hal niat puasa untuk sebulan penuh ini, mayoritas ulama berpendapat bahwa pengucapan doa niat puasa dianjurkan untuk dibaca setiap hari. Pasalnya puasa Ramadhan merupakan ibadah yang berdiri mandiri, tidak dapat dikaitkan dengan ibadah sebelum atau sesudahnya.

Kendati demikian, terdapat pendapat yang berbeda dari Imam Malik yang merupakan ulama rujukan Mazhab Maliki. Dimana dalam Mazhab tersebut Imam Malik berpendapat bahwa niat puasa Ramadan bisa dilafalkan sekali untuk sebulan penuh. Lalu, apa hukumnya?

Mengacu pada Mazhab ini, mengucapkan niat setiap malam hukumnya sunah, jika mengalami kondisi yang menyebabkan puasa menjadi terputus maka wajib mengulang niat lagi. Kondisi yang membuat puasa terputus yaitu seperti saat haid, nifas, berpergian atau sakit.

Sedangkan, Buya Yahya menerangkan bahwa umat muslim boleh melafalkan niat puasa Ramadhan satu bulan penuh yang disampaikan dalam mahdzab Imam Malik ini.

Tapi, pembacaan niat puasa satu bulan penuh ini hanya dilakukan di malam pertama Ramadhan untuk mengantisipasi kelupaan membaca doa niat satu hari puasa. Dengan kata lain, umat Islam boleh membaca niat puasa 1 bulan Imam Malik lalu diikuti oleh niat wajib satu hari mahdzab Syafi’i.

Jadi mengucapkan doa niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh, memang masih simpang siur. Sebagian ulama lebih menganjurkan untuk membaca niat setiap malam dan beberapa ulama memperbolehkan mengucapkan niat puasa Ramadhan untuk sebulan sekaligus.

Meskipun demikian, namun sebenarnya akan lebih baik mengucapkan niat puasa setiap malam hari untuk puasa sehari. Berikut doa niat puasa Ramadhan sehari beserta artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin an adai fardhi syahri ramadhana haadzhihis sanati lillahi taala.

Artinya : “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala.”

Doa Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh

Doa Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh

Nah, untuk mengantisipasi keluapaan membaca doa niat puasa setiap malam, maka tidak ada salahnya jika Anda membaca niat puasa untuk satu bulan penuh. Berikut ini adalah lafal doa niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh lengkap beserta lafal arab dan artinya.

ناوايتو سهاوما جاميي سياهري رومادهوونا هآدزيهيس ساناتي تاقليدان ليل يمآمي مآليكين فاردهان ليللآهي تا’آلا

“Nawaitu shauma jami’i syahri romadhooni haadzihis sanati taqliidan lil imaami maalikin fardhan lillaahi ta’aala.”

Artinya: “Saya niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah.”

Keutamaan Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan umat islam. Dimana segala ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan, maka pahalanya akan dilipat gandakan. Sebagai ibadah yang bernilai pahala berlipat ganda, berikut keutamaan menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

  • Diampuni segala dosanya.
  • Derajat dinaikkan oleh Allah SWT.
  • Mendapat pahala berlipat ganda.
  • Mendapat kebaikan dan rahmat berlipat gandadari Allah SWT.
  • Momen untuk menjadi muslim yang jauh lebih baik.

Nah, mungkin hanya itu saja informasi dari inspired2write.com mengenai doa niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh dilengkapi dengan penjelasan ulama terkait ketentuan membaca niat puasa sebulan. Mungkin hanya itu saja, semoga informasi di atas bermanfaat buat Anda.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.