10 Ciri Ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Al Quran & Hadist

Ciri Ciri Malam Lailatul Qadar – Bulan Ramadhan merupakan bulan paling istimewa bagi seluruh umat Islam di dunia, pasalnya pada bulan ini perbuatan baik akan menerima ganjaran pahala. Setiap muslim dan muslimah saling berlomba-lomba menunaikan ibadah pada bulan Ramadhan agar mendapatkan pahala.

Keistimewan bulan Ramadhan diperindah lagi dengan lailatul qodar atau malam seribu bulan. Seperti yang telah dijelaskan dalam Al Quran surah Al Qadr (97) ayat 1-5; “Sesungguhnya kami menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu, apakah malam lailatul qadar itu? Malam qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah untuk membawa segala urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar“.

Malam kemuliaan ini memiliki makna bahwasanya amalan-amalan saleh yang dilakukan pada malam lailatul qodar lebih baik dari pada malam-malam yang lainnya. Amalan saleh seperti sholat, tilawah Al Quran, Zikir, Sedekah dan perbuakan baik lainnya yang dilakukan pada malam tersebut serupa amal seribu bulan.

Lantas kapan datangnya malam lailatul qadar ini? Malam lailatul qodar turun pada tanggal-tanggal ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Lalu, bagaimana ciri ciri malam lailatul qadar itu sendiri? Adapun ciri cirinya yaitu sebagai berikut ini.

Apa Itu Malam Lailatul Qadar ?

Apa Itu Malam Lailatul Qadar
Advertisements

Malam lailatul qadar adalah malam dimana ketika Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima firman Allah melalui perantara malaikat Jibril. Itu artinya pada malam ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertamanya.

Kapan Malam Lailatul Qadar Turun ?

Kapan Malam Lailatul Qadar Turun
Advertisements

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwasanya malam lailatul qodar turun pada tanggal-tanggal ganjil 10 hari sebelum bulan Ramadhan berakhir. Kendati demikian, tidak diketahui secara jelasnya, bisa saja pada tanggal 21, 23, 25, 27 maupun 29. Oleh sebab itu, umat muslim harus tetap stabil dalam beribadah.

Ciri Ciri Malam Lailatul Qadar

Ciri Ciri Malam Lailatul Qadar
Advertisements

Dari informasi di atas, bisa dipastikan bahwa malam lailatul qadar bisa terjadi kapan saja pada tanggal ganjil 10 hari sebelum Idhul Fitri. Meskipun demikian, ada ciri ciri tertentu yang menjadi tanda-tanda turunnya malam lailatul qadar.

Dengan mengetahui ciri ciri malam lailatul qadar, maka umat muslim juga bisa mengetahui apakan pada saat itu merupakan malam seribu bulan atau bukan. Adapun ciri ciri malam lailatul qadar yaitu sebagai berikut ini.

1. Udara dan Suasana Pagi Terasa Tenang

Ciri ciri malam lailatul qadar yang pertama yaiti ditandai dengan udara dan suasana alam pagi yang terasa tenang. Ibnu Abbas RA pernah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda; “Lailatul qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin, keesokan paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah“.

2. Nyaman Melakukan Ibadah

Ciri ciri lainnya dari malam seribu bulan ini yaitu nyaman dalam melakukan ibadah. Jadi saat menjalankan ibadah akan terasa lebih khusyuk dan hati sangat khidmat saat beribadah. Akan tetapi ciri ciri ini tidak bisa dirasakan oleh semua orang, pasalnya, banyak orang muslim yang selalu menjalankan ibadah dengan khusyuk dan hati tenang.

3. Matahari terbit dengan teduh

Tanda-tanda turunnya malam lailatul qadar juga ditandai dengan terbitnya matahari yang lebih teduh dan redup. Dimana matahari terbit memiliki suasana yang berbeda dengan matahari terbit dihari-hari biasa. Ubay bin Ka’bah RA pernah mengatakan dalam H.R. Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda “Keesokan hari lailatul qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bank nampan“.

4. Bulan terlihat separuh bulatan

Beberapa ulama berpendapat bahwa ciri ciri malam lailatul qadar bisa dilihat dari bentuk bulan pada malam itu. Hal tersebut telah dijelaskan dalam hadist Rasulullah, dimana Abu Hurairah RA berkata “Kami pernah berdiskusi tentang lailatul qadar di samping Rasulullah SAW. Beliau berkata “Siapkah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan” (H.R. Muslim).

5. Didatangkan mimpi kepada orang mukmin

Ciri ciri datangnya malam lailatul qadar juga pernah diceritakan dalam sebuah mimpi. Dimana sahabat Ibnu Umar RA bercerita bahwa beberapa orang dari sahabat Nabi SAW diperlihatkan lailatul qadar dalam mimpu oleh Allah pada tujuh malam terakhir bulan Ramadhan. Kemudian Rasulullah SAW bersabda “Aku melihat bahwa mimpi kalian (tentang lailatul qadar) terjadi pada tujuh malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya, maka carilah pada tujuh malam terakhir Ramadhan” (H.R. Muslim).

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
Advertisements

Seperti yang telah diketahui, bahwa malam lailatul qadar adalah malam penuh kemuliaan di bulan Ramadhan. Kemuliaan malam tersebut digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat diinginkan oleh setiap umat muslim, pasalnya pada malam inilah pahala akan dilipat gandakan. Keistimewaan lainnya dari malam seribu bulan ini yaitu turunnya malaikat-malaikat dan malaikat Jibril atas izin Allah SWT.

Malam tersebut juga dikatakan istimewa karena malam yang penuh berkah serta Allah akan mengampuni dosa di masa lalu, untuk umat muslim yang menjalankan amalan di malam lailatul qadar.

Itulah beberapa ciri ciri malam lailatul qadar yang dapat Inspired2write.com sajikan. Sebagai umat muslim, sudah semestinya kita selalu berbuat baik dan serta menjalankan amalan saleh agar mendapatkan pahala. Nah, untuk lebih memperluas ilmu agama, maka kalian bisa mempelajari sejarah PENYEBAB RUNTUHNYA BANI UMMAYAH. Demikian, semoga informasinya menambah wawasan kalian.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.