10 Cara Transfer Uang Lewat Kantor Pos 2022 : Syarat, Biaya & Limit

Cara Transfer Uang Lewat Kantor Pos – Tak hanya dilakukan melalui mesin ATM, bank dan e-channel, kirim uang juga bisa dilakukan di tempat pengiriman uang offline. Kantor pos tempat pengiriman uang ini diperuntukan untuk masyarakat yang tidak punya fasilitas perbankan.

Dengan mengirim uang tunai lewat kantor pos nantinya uang tunai bisa di antar langsung ke rumah atau dicairkan langsung di kantor pos terdekat. Metode transfer uang tunai yang digunakan oleh pihak kantor pos untuk mengirimkan uang yakni melalui Weselpos.

Melalui weselpos, Anda bisa mengirim uang lewat kantor pos ke berbagai rekening bank. Cara transfer uang lewat kantor pos hampir sama seperti CARA KIRIM UANG LEWAT WESTERN UNION, hanya saja metode, syarat dan biaya admin pengirimannya sedikit ada perbedaan.

Nah, bagi Anda yang ingin transfer uang ke saudara, orang tua atau kerabat dekat, namun belum punya tabungan, maka kantor pos bisa jadi pilihan paling tepat sebagai tempat pengiriman uang paling aman. Adapun untuk informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Citayam

Syarat Transfer Kantor Pos

Syarat Transfer Kantor Pos

Sebelum melakukan transfer, perlu diketahui bahwasanya transfer lewat kantor pos memerlukan beberapa syarat. Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan transfer yaitu hanya berupa dokumen identitas serta pendukung lainnya. Adapun syarat syarat tersebut meliputi.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor HP Penerima serta Pengirim aktif.
  • Uang Tunai yang akan dikirim dan biaya admin.

Cara Transfer Uang Lewat Kantor Pos

Cara Transfer Uang Lewat Kantor Pos

Jikalau syarat syarat di atas telah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa langsung mengunjungi kantor pos terdekat untuk melakukan transfer. Cara transfer-nya cukup mudah, seperti halnya setor tunai di bank. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi kantor pos terdekat di daerah Anda, dengan membawa KTP, nomor HP Anda sekaligus penerima serta sejumlah uang yang akan dikirim.
  2. Kemudian, silahkan ambil nomor antrean dan tunggu hingga giliran Anda di panggil (jika ada antrean).
  3. Setelah giliran Anda, silahkan sampaikan kepada petugas pos, bahwa Anda ingin mentransfer uang sekaligus serahkan persyaratan yang dibutuhkan.
  4. Nantinya, petugas akan meminta Anda untuk mengisi formulir pengiriman uang.
  5. Setelah itu, petugas pos akan meminta Anda untuk membuat nomor PIN 4-6 digit angka.
  6. Setelah itu, serahkan uang yang akan dikirim, maka petugas pos akan mengirimkan uang Anda lewat weselpos.
  7. Selanjutnya, tinggal bayar biaya administrasi.
  8. Setelah transfer berhasil, petugas pos akan memberikan resi weselpos instan, berisi kode NTP dan PIN untuk pengambilan uang oleh si penerima.
  9. Selanjutnya, silahkan kirim kode NTP serta PIN kepada si penerima, agar bisa mengambil uang yang Anda transfer.
  10. Transfer selesai.

Biaya Admin Transfer Kantor Pos

Biaya Admin Transfer Kantor Pos

Seperti sudah disinggung di atas, bahwa transfer lewat kantor pos akan dikenai biaya admin. Besaran biaya yang dibebankan oleh pihak kantor pos sendiri disesuaikan berdasarkan jumlah uang transferan. Semakin besar nominal transfer, maka semakin mahal pula biaya administrasi-nya. Adapun biaya transfer-nya, simak tabel di bawah ini.

Nominal TransferBiaya Transfer
Rp. 200.000Rp. 15.000
Rp. 200.001 – Rp. 5.000.000Rp. 27.000
Rp. 5.000.0001 – Rp. 10.000.000Rp. 30.000
Rp. 10.001.000 – Rp. 20.000.000Rp. 35.000

Limit Transfer Kantor Pos

Limit Transfer Kantor Pos

Selain biaya transfer lewat weselpos juga dibatasi, dimana minimal transfer lewat weselpos yaitu sebesar Rp. 200.000,- Sedangkan limit maksimal pengiriman uang via weselpos instan hanya sebesar Rp. 20.000.000. Jadi transfer lewat kantor pos tidak boleh kurang dari limit minimal dan tidak boleh lebih dari limit maksimal.

Cara Ambil Uang di Kantor Pos

Untuk cara mengambil uang di kantor pos setelah menerima kiriman dari orang lain, caranya tak berbeda jauh seperti akan melakukan transfer. Adapun caranya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Syarat Pengambilan

Syarat Pengambilan

Sama persis dengan cara melakukan transfer, pengambilan uang di kantor pos juga memerlukan beberapa syarat. Syarat syarat yang dibutuhkan terbilang mudah yaitu meliputi.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor NTP yang diperoleh dari pengirim.
  • PIN dari si pengirim.

Cara Mengambil Uang

Cara Mengambil Uang

Setelah persyaratan di atas terpenuhi, selanjutnya Anda bisa lsnung mengambil uang di kantor pos terdekat dengan cara sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi kantor pos terdekat.
  2. Kemudian, silahkan tunjukan nomor NTP serta PIN kepada petugas pos.
  3. Selanjutnya, petugas pos akan meminta Anda untuk menunjukan kartu identitas untuk dicocokan datanya.
  4. Setelah itu, maka petugas akan memberikan sejumlah uang sesuai nominal transfer pengirim.

Pengambilan uang berhasil serta tidak akan dikenai biaya, jika biaya admin telah dibayar oleh pengirim. Namun, jika biaya admin belum dibayar oleh pengirim, maka penerima uang akan dimintai untuk membayar biaya administrasi.

Itulah beberapa cara transfer uang lewat kantor pos beserta syarat, biaya dan limit yang dapat inspired2write.com sajikan. Dengan adanya kantor pos sebagai tempat transfer offline, maka masyarakat akan tetap bisa mengirim uang meskipun belum punya tabungan atau ATM.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.