20 Cara Bayar TikTok Shop Lewat Alfamart 2022

Cara Bayar TikTok Shop Lewat Alfamart – Aplikasi TikTok telah mengembangkan bisnisnya ke ranah e-commerce dengan menghadirkan fitur baru bernama TikTok Shop. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan jual beli produk secara langsung di aplikasi TikTok.

Melalui TikTok Shop pengguna bisa langsung berbelanja lewat TikTok tanpa harus beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi produk yang diinginkan. Jadi, semua transaksi pembelian, chatting dengan penjual, hingga proses pembayaran dilakukan di TikTok itu sendiri.

Berbeda dengan Instagram Shopping maupun Facebook Shops, fitur TikTok Shop ini tidak mengarahkan pengguna ke situs web toko yang bersangkutan. Dari segi pembayaran sendiri, TikTok telah menggandeng sejumlah platform, salah satunya ialah Alfamart.

Cara bayar TikTok Shop lewat Alfamart pada dasarnya merupakan hal yang mudah, namun karena fitur ini masih baru, sehingga masih banyak pengguna yang kebingungan. Adapun di bawah ini adalah tutorial cara belanja dan cara bayar TikTok Shope lewat minimarket Alfamart.

Cara Belanja di TikTok Shop Untuk Pemula

Cara belanja di TikTok Shop sendiri bisa dilakukan melalui unggahan produk ataupun melalui siaran langsung. Dimana caranya sangat mudah, seperti belanja di toko online pada umumnya.

Nah, bagi yang belum mengetahui cara belanja lewat TikTok Shope, maka silahkan langsung saja ikuti langkah-langkah tutorial pemesanan produk di TikTok pada ulasan di bawah ini.

Belanja Melalui Unggahan Produk

  1. Langka pertama, silahkan buka aplikasi TikTok di smartphone.
  2. Kemudian, klik menu “Temukan” dan gunakan kolom pencarian untuk menemukan toko yang dimaksud.
    Setelah itu silahkan buka profil toko
  3. Setelah itu, silahkan buka profil toko.
  4. Langkah berikutnya, tinggal tekan menu “Shop” yaitu icon ditengah bergambar tas belanja.
    4. tinggal tekan menu Shop
  5. Lalu, silahkan cari dan pilih produk yang ingin dibeli.
  6. Setelah menemukan produk yang ingin dibeli, silahkan klik tombol “Beli Sekarang” dibagian bawah.
    6. klik tombol Beli Sekarang
  7. Setelah itu tinggal masukkan informasi alamat pengiriman dan nomor HP. Jika sudah tekan “Berikutnya“.
    7. masukkan informasi alamat pengiriman dan nomor HP
  8. Jika alamat pengiriman telah dimasukkan, lanjutkan dengan menekan tombol “Tambah Metode Pembayaran” untuk memilih metode bayar pesanan.
    8. menekan tombol Tambah Metode Pembayaran
  9. Setelah itu, silahkan pilih metode bayar dengan “Pembayaran Tunai di Alfa” jika sudah tekan Lanjutkan.
    9. pilih metode bayar dengan Pembayaran Tunai di Alfa
  10. Berikutnya, tinggal klik “Buat Pesanan” untuk menyelesaikan pembelian.
    10. klik Buat Pesanan
  11. Maka setelah itu, akan muncul kode virtual account yang akan digunakan untuk membayar di Alfamart.
    11. muncul kode virtual account

Setelah mendapatkan kode bayar, selanjutnya kalian bisa langsung ke Alfamart untuk menyelesaikan transaksi TikTok Shop. Perlu kalian ketahui kode virtual account pembayaran TikTok Shop hanya berlaku selama 48 jam, lebih dari itu kode akan kadaluwarsa.

Belanja Melalui Live Streaming

Selain melalui unggahan produk, kalian juga bisa belanja di TikTok Shop lewat live streaming. Adapun cara memesan produk lewat live streaming TikTok yaitu sebagai berikut ini.

  1. Masuk ke profil toko keinginan kalian.
  2. Apabila ada produk yang dijual, maka pada layar smartphone akan muncul pop up khusus, silahkan tekan tombol “Beli” pada pop up tersebut.
  3. Selanjutnya atur varian dan jumlah barang sesuai keinginan. Lalu, tekan “Beli Sekarang” sekali lagi.
  4. Lalu, masukkan informasi pengiriman seperti alamat dan nomor HP pada formulir yang muncul. Jika sudah tekan tombol “Next“.
  5. Pilih metode pembayaran dengan “Pembayaran Tunai di Alfa” lalu tekan lanjutkan.
  6. Setelah itu, tekan tombol “Place Order” maka akan langsung muncul kode bayar untuk membayar di Alfamart.
  7. Setelah itu tinggal selesaikan pembayaran pesanan TikTok Shop sesuai metode pembayaran yang dipilih.

Cara Bayar TikTok Shop Lewat Alfamart

Cara Bayar TikTok Shop Lewat Alfamart

Sedangkan, untuk bayar pesanan lewat Alfamart caranya sangat mudah. Dimana cara bayar TikTok Shop lewat Alfamart hampir sama seperti CARA BAYAR KREDIT PINTAR lewat Alfamart.

Nantinya, kalian bisa bayar secara tunai maupun non tunai dengan bantuan kasir Alfamart. Adapun untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini.

  1. Setelah mendapatkan kode bayar dengan cara di atas, selanjutnya kalian bisa menyelesaikan pembayaran dengan langsung mengunjungi gerai Alfamart terdekat.
  2. Kemudian, sesampainya di sana silahkan langsung mendatangi kasir.
  3. Setelah itu, sampaikan kepada kasir keinginan kalian untuk membayar TikTok Shop.
  4. Langkah berikutnya, tunjukan kode bayar yang telah kalian dapatkan sebelumnya.
  5. Tunggu hingga proses verifikasi selesai dan kasir akan menginformasikan atas nama dan juga jumlah yang harus di bayar.
  6. Jika informasi yang disampaikan kasir Alfamart sudah sesuai, selanjutnya kalian bisa langsung melakukan pembayaran secara tunai maupun non tunai.
  7. Jika pembayaran berhasil, maka kasir Alfamart akan memberi kalian struk sebagai bukti pembayaran berhasil.

Nah, itulah cara bayar TikTok Shop lewat Alfamart yang bisa kalian ikuti. Sebagai catatan, cara bayar lewat Alfamart akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per transaksi pembayaran.

Cara Melacak Pesanan TikTok Shop

Nah, sedangkan untuk mengetahui status pengiriman belanjaan TikTok Shop caranya juga cukup mudah. Adapun cara melacak pesanan TikTok Shop yaitu sebagai berikut ini.

1. Masuk Ke Menu Profil

Pertama-tama, buka aplikasi TikTok di smartphone Android atau iOS. Kemudian, silahkan masuk ke menu profil dengan cara menekan tombol “Saya” di sisi kanan bawah.

1. Masuk Ke Menu Profil

2. Pilih Tiga Garis

Setelah masuk ke menu profil, selanjutnya silahkan masuk ke menu pengaturan dan privasi dengan cara menekan tombol “tiga garis” di pojok kanan atas.

2. Pilih Tiga Garis

3. Pilih Menu Pesanan

Terakhir tinggal pilih menu “Pesanan“, maka akan langsung muncul status pesanan TikTok shop kalian apakah sudah dikirim atau masih dalam proses pengemasan.

3. Pilih Menu Pesanan

Itulah informasi lengkap dari Inspired2write.com terkait cara bayar TikTok Shop lewat Alfamart lengkap beserta cara memesan dan cara melacak pesanan. Sekiranya cukup sekian informasi cara bayar TikTok Shop lewat Alfamart, semoga cara di atas dapat membantu kalian semua.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.