10 Cara Bayar FIF di ATM BCA 2022 : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

Cara Bayar FIF di ATM BCA – Kini transaksi pembayaran bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Pasalnya kemajuan teknologi, membuat berbagai jenis pembayaran dapat dilakukan secara online payment. Ini tentunya memberikan kemudahan dan kenyamanan semua orang.

Hampir setiap jenis pembiayaan telah menggunakan sistem online payment. Salah satunya yaitu bayar angsuran FIF. Pihak FIF memberikan kemudahan kepada nasabah-nya dalam hal membayar cicilan bulanan dengan menyediakan banyak metode bayar cicilan bulanan.

Citayam

Bank BCA hadir sebagai salah satu BANK TERBAIK DI INDONESIA menyediakan fasilitas yang makin memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Hadirnya fasilitas ATM, maka bayar angsuran bisa dilakukan kapan saja secara real-time tanpa perlu ke bank ataupun loket pembayaran.

Ketersediannya mesin ATM BCA yang tersebar diseluruh wilayah, jadi tidak perlu antre panjang untuk membayar cicilan kredit FIF. Lantas bagaimana cara bayar angsuran FIF di ATM BCA? Adapun caranya, maka silahkan langsung simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Cara Bayar FIF di ATM BCA

Cara Bayar FIF di ATM BCA

Waktu yang dibutuhkan: 6 menit.

ATM BCA memang bisa digunakan untuk membayar tagihan. Selain bisa untuk BAYAR CICILAN AKULAKU, dengan ATM BCA Anda juga bisa bayar cicilan bulanan FIF. Cara bayar FIF di ATM BCA terbilang mudah, namun ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan yaitu nomor kontrak. Ini sangat diperlukan dalam membayar FIF. Jika nomor kontrak telah siap, maka bisa langsung membayar dengan cara seperti di bawah ini.

  1. Masukkan Kartu ATM BCA

    Langkah pertama, silahkan masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM dengan posisi benar jangan sampai memasukkan kartu terbalik.
    1. Masukkan Kartu ATM BCA

  2. Masukkan PIN ATM BCA

    Lalu, masukanlah PIN ATM BCA dengan benar. Jangan sampai salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, karena itu akan menyebabkan kartu ATM BCA terblokir.
    2. Masukkan PIN ATM BCA

  3. Pilih Penyetoran Tunai / Transaksi Lainnya

    Kemudian, untuk bayar FIF, maka pilihlah opsi “Penyetoran Tunai / Transaksi Lainnya“.
    3. Pilih Penyetoran Tunai Transaksi Lainnya

  4. Pilih Transaksi Lainnya

    Selanjutnya, pilihlah menu “Transaksi Lainnya” untuk menampilkan berbagai jenis transaksi.
    4. Pilih Transaksi Lainnya

  5. Pilih Pembayaran

    Langkah berikutnya, untuk bayar maka pilihlah submenu transaksi “Pembayaran“.
    5. Pilih Pembayaran

  6. Pilih Pinjaman

    Karena akan bayar FIF, maka selanjutnya pilihlah transaksi pembayaran “Pinjaman“.
    6. Pilih Pinjaman

  7. Pilih Jenis Pinjaman FIF

    Untuk langkah ketujuh, tentu saja pilih “FIF” karena memang akan membayar tagihan FIF.
    7. Pilih Jenis Pinjaman FIF

  8. Masukkan Nomor Kontrak FIF

    Lalu, masukanlah nomor kontrak FIF dengan benar. Jika dirasa sudah sesuai, silahkan tekan “Benar“.
    8. Masukkan Nomor Kontrak FIF

  9. Konfirmasi Pembayaran

    Setelah itu, periksa semua data dan pastikan semuanya sudah sesuai. Jika sudah, maka tekan “YA“.
    9. Konfirmasi Pembayaran 1

  10. Bayar FIF di ATM BCA Selesai

    Terakhir, maka transaksi akan diproses. Jika sudah, maka transaksi telah berhasil dan struk akan keluar dari mesin ATM. Simpan struk ATM sebagai bukti pembayaran Anda.
    10. Bayar FIF di ATM BCA Selesai

Sekiranya demikian cara bayar FIF lewat ATM BCA. Pastikan pada saat bayar FIF, pastikan saldo tabungan Anda mencukupi. Jadi sebelum membayar, disarankan untuk CEK SALDO BCA terlebih dahulu. Jika saldo cukup, Anda bisa langsung membayar dengan cara seperti di atas.

Biaya Bayar FIF ATM BCA

Biaya Bayar FIF ATM BCA

Perlu diketahui bahwasanya bayar di ATM akan dikenai biaya administrasi bank. Lalu berapa biaya administrasi bayar cicilan lewat ATM BCA? Nah, keuntungan bagi Anda nasabah BCA, dimana bayar cicilan FIF di ATM tidak akan dikenai biaya administrasi bank.

Dengan biaya administrasi sebesar Rp. 0,- tentu saja itu akan sangat menguntungkan, dimana biasanya bayar angsuran lewat ATM akan dikenai biaya administrasi kurang lebih sekitar Rp. 2.000 – Rp. 3.000,-

Denda Keterlambatan FIF

Denda Keterlambatan FIF

Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwasanya FIF membebankan denda untuk keterlambatan pembayaran angsuran. Inilah yang menjadi alasan mengapa sangat dianjurkan membayar angsuran tepat waktu sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan oleh pihak FIF.

Apabila Anda telat bayar FIF akan dikenai denda keterlambatan sebesar 0,5% per hari dari nominal angsuran bulanan. Misalkan jatuh tempo cicilan Anda tanggal 15 dan Anda baru membayar pada tanggal 20. Apabila angsuran bulanan sebesar Rp. 1.000.0000.

Maka perhitungan denda per hari yaitu Rp. 1.000.000 × 0,5% = Rp. 5.000,- Jadi total denda yang harus di bayar yaitu sebesar Rp. 5.000 × 5 hari = Rp. 25.000,-

Jatuh Tempo Bayar FIF

Jatuh Tempo Bayar FIF

Agar tidak dikenai denda, maka bayar tagihan FIF harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo pembayaran telah ditentukan oleh pihak leasing itu sendiri sebagai batas akhir pembayaran angsuran Anda.

Tanggal jatuh tempo membayar FIF ditentukan sesuai tanggal saat menerima motor. Namun terkadang tanggal jatuh tempo tidak sesuai dengan tanggal terima motor, dikarenakan administrasi pihak leasing. Bisa saja tanggal jatuh tempo mundur beberapa hari ataupun minggu.

Itulah beberapa cara bayar FIF di ATM BCA beserta informasi biaya admin, denda keterlambatan dan jatuh tempo yang dapat inspired2write.com sajikan. Dengan adanya cara di atas, maka kini membayar angsuran FIF bisa dilakukan tanpa perlu mengantre di tempat pembayaran.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.