√ Bunga Deposito BCA Syariah 2020 : Syarat, Cara Hitung

Bunga Deposito BCA Syariah – Deposito menjadi salah satu investasi profit harian yang sangat menguntungkan. Hampir semua bank yang ada di Indonesia menawarkan produk deposito. Salah satunya yaitu Bank BCA Syariah.

Sebagai salah satu BANK SYARIAH TERBESAR di INDONESIA, BCA Syariah menawarkan produk deposito berjangka dengan prinsip syariat Islam. Dengan begitu, maka anda akan terhindar dari hal-hal yang mengandung unsur riba.

Deposito BCA Syariah merupakan produk deposito dari bank BCA Syariah dengan prinsip syariat menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Dalam deposito syariah, pembungaan dana nasabah tidak boleh dilakukan.

Sebagai gantinya, keuntungan nasabah diubah menjadi nisbah atau bagi hasil. Lantas berapa nisbah atau bunga deposito BCA Syariah? Adapun untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mendalam berikut ini.

Bunga Deposito BCA Syariah Beserta Dengan Syarat, Keunggulan dan Cara Hitung Nisbah

Bunga Deposito BCA Syariah Beserta Dengan Syarat Keunggulan dan Cara Hitung Nisbah
Advertisements

Dalam deposito syariah, penetapan nisbah bagi hasil mengacu pada kesepakatan yang dilakukan antara nasabah dan pihak bank. Hal ini membuat besaran persentase bagi hasil memiliki nilai yang berbeda-beda setiap waktu.

Pada dasarnya, nisbah dengan bunga sebenarnya memiliki keuntungan yang hampir sama. Bedanya, jika nisbah memiliki nilai yang akan berubah-ubah hingga jatuh tempo, sedangkan bunga nilainya tetap hingga jatuh tempo.

Nisbah dan Bunga Deposito BCA Syariah

Nisbah dan Bunga Deposito BCA Syariah

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa dalam deposito syariah, persentase bunga keuntungan disebut dengan nisbah atau bagi hasil. Besaran bagi hasil deposito syariah sendiri ditentukan berdasarkan besar dana yang didepositokan dan pendapatan bank pada bulan tersebut.

Selain itu, jangka waktu atau tenor juga akan mempengaruhi besaran nisbah deposito anda. Bank BCA Syariah sendiri menawarkan berbagai pilihan jangka waktu deposito mulai dari 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan. Bank BCA Syariah sendiri tidak menetapkan besaran nisbah dengan nilai tertentu.

Hal ini dikarenakan, nisbah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama, antara nasabah dan pihak bank. Jadi keuntungan dan kerugian akan ditanggung besama. Apabila pendapatan bank sedang tinggi, maka anda juga akan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Nilai nisbah biasanya berupa perbandingan persentase keuntungan untuk nasabh dan pihak bank. Misalnya saja nisbah yang ditetapkan 45:55. 45% untuk nasabah dan 55% untuk bank. Meskipun demikian, namun hasil keuntungan bisa bertambah jika pendapatan bank sedang meningkat.

Pajak Deposito BCA Syariah

Nah, perlu anda ketahui, bahwa dalam deposito dana simpanan anda akan dianggap penghasilan, sehingga biasanya akan dikenai potongan untuk pajak penghasilan (PPh). Pajak Penghasilan ini ditetapkan bersadarkan PPh Pasal 4 ayat 2.

Besaran pajak yang telah ditentukan yaitu sebesar 20%. Sebenarnya, pengenaan pajak tersebut tidak hanya berlaku untuk deposito BCA Syariah saja, namun untuk semua produk deposito, baik deposito syariah maupun deposito konvensional.

Ketentuan pengenaan pajak PPh 20% akan dikenakan, apabila dana deposito lebih dari atau sama dengan 7,5 juta. Sedangkan untuk dana di bawah atau kurang dari 7,5 juta tidak akan dikenai pajak Pajak Penghasilan (PPh).

Cara Menghitung Simulasi Bagi Hasil Deposito BCA Syariah

Cara Menghitung Simulasi Bagi Hasil Deposito BCA Syariah

Penting untuk anda ketahui, investasi penanaman modal di bank syariah juga akan diteruskan ke sektor usaha halal. Layaknya seorang investment manager, dimana bank akan menggunakan indikator ekonomi dan keuangan agar dapat mencerminkan kinerja dari sektor tertentu untuk menghitung ekspektasi return investasi.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, bahwa dalam pembagian hasil juga ditetapkan dalam persentase. Misalkan, saat anda mendepositokan sejumlah dana, lalu anda akan diberi nisbah dengan persentase 45:55. Maka 45% untuk anda dan 55% untuk bank.

Persentase inilah yang nantinya digunakan bank untuk menghitung bagi hasil pada bulan berikutnya. Nilai persentase bagi hasil ditentukan berdasarkan jangka waktu yang ada ambil. Semakin lama jangka waktu yang anda ambil, maka akan semakin besar persentase yang akan ada dapatkan.

Lantas bagaimana cara menghitung nisbah deposito untuk mengetahui keuntungan yang didapat? Nah, dalam deposito syariah, perhitungan nisbah atau bunga deposito BCA Syariah sendiri berbeda dengan perhitungan BUNGA DEPOSITO BCA konvensional. Rumus sederhanya yakni sebagai berikut.

Rumus : (Jumlah Deposito : Jumlah Seluruh Deposito) x Persentase Bagi Hasil x Jumlah Keuntungan Bank di Bulan tersebut

Sebagai contoh, apabila diketahui :

  • Jumlah dana deposito anda yaitu sebesar 10 juta dengan jangka waktu 1 bulan.
  • Sedangkan, jumlah selyruh deposito di bank BCA Syariah yaitu sebesar 5 miliyar dalam jangka waktu 1 bulan.
  • Keuntungan bagi hasil seluruh deposito dalam jangka waktu 1 bulan yaitu 50 juta.
  • Nisbah yang anda terima dengan jangka waktu 1 bulan yaitu 45% untuk nasabah dan 55% untuk bank.

Maka, simulasi deposito BCA Syariah yaitu :

(10 juta : 5 miliyar) x 45% x 50 juta = 45 ribu

Jumlah tersebut belum termasuk dengan pajak PPh. Seperti ketentuan di atas, jika dana deposito lebih dari atau sama dengan 7,5 juta, maka akan dikenai pemotongan pajak PPh. Karena dana anda sebesar 10 juta, maka anda dikenai pajak PPh. Sehingga perhitungaannya sebagai berikut :

45 ribu x 20 = 9 ribu.

Maka, hasilnya yaitu Rp. 45.000 – Rp. 9.000 = Rp. 36.000

Jadi, dari simulasi di atas, anda akan mendapatkan nisbah bagi hasil sebesar Rp. 36.000 pada bulan berikutnya.

Syarat Pembukaan Deposito BCA Syariah

Syarat Pembukaan Deposito BCA Syariah

Nah, setelah melakukan perhitungan dan ternyata anda tertarik untuk membuka simpanan deposito. Ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan untuk mengajukan pembukaan deposito. Syarat pembukaan simpanan deposito sendiri, hampir sama seperti SYARAT BUKA REKENING BCA SYARIAH. Dimana anda hanya perlu menyiapkan dokumen identitas diri.

Jadi bagi anda yang tertarik untuk membuka rekening deposito di bank BCA Syariah, berikut syarat-syarat yang harus anda siapkan.

  • Melengkap dan menandatangani formulir permohonan.
  • Untuk perorangan WNI menyerahkan fotocopy KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
  • Untuk perorangan WNA, menyerahkan KIM dan Paspor.
  • Setoran awal minimum sebesar Rp. 8.000.000.

Keunggulan Deposito BCA Syariah

Selain besaran bagi hasil, anda juga harus tahu keunggulan dari produk deposito BCA Syariah. Deposito BCA Syariah memiliki banyak keunggulan dibandingkan deposito syariah lainnya. Adapun keunggulannya yaitu sebagai berikut.

  • Anda dapat memilih sendiri jangka waktu deposito, tersedia pilihan jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan.
  • Keuntungan bagi hasil bisa dipindahkan secara otomatis ke rekening Giro atau tahapan iB.
  • Tersedia perpanjangan jangka waktu secara ARO, ARO+ dan Non ARO.
  • Bagi hasil yang kompetitif.
  • Dapat digunakan untuk jaminan pembiayaan.
  • Tersedia potongan zakat.
  • Persyaratan mudah.

Penawaran Asuransi Syariah

Penawaran Asuransi Syariah

Auransi syariah adalah usaha untuk melindungi dan saling tolong menolong antar sesama manusia. Usaha yang dimaksud berupa investasi aset dengan pola pengembalian risiko melalui akad yang sesuai dengan syariat Islam. Adapun keuntungan jika anda menggunakan asuransi syariah yaitu sebagai berikut.

Bagi Hasil

Sama halnya dengan sitem deposito syariah, asuransi syariah juga menerapkan sistem bagi hasil. Adapun rincian bagi hasil dalam asuransi syariah sebagai berikut.

  • 60% ditahan untuk saldo tabbaru (investasi aset).
  • 30% diserahkan ke nasabah.
  • 10% sebagai hak perusahaan asuransi untuk mengelola dana.

Satu Polis Untuk Bersama

Tak sama dengan asuransi konvensional, dimana satu polis hanya dapat digunakan untuk satu nasabah. Berbeda dengan asuransi syariah, dimana satu polis dapat digunakan untuk anda dan keluarga. Dengan demikian, maka biaya premi menjadi lebih murah, sehingga lebih menguntungkan.

Klaim Ganda

Asuransi Syariah dapat memungkinkan anda untuk melakukan klaim ganda. Dimana apabila anda punya asuransi lain, anda masih bisa mengklaim asuransi syariah yang anda ajukan.

Call Center BCA Syariah

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detai dan lengkap terkait besaran nisbah atau bunga deposito BCA Syariah, anda bisa menanyakannya langsung ke pihak bank dengan menghubungi layanan call center BCA Syariah. Dengan menghubungi layanan tersebut maka anda akan dengan jelas mendapatkan informasi yang ada inginkan. Adapun contact center BCA Syariah yaitu Halo BCA 1500888.

FAQ

Apa Perbedaan Nisbah dan Bunga?

Nisbah adalah bagi hasil yang nilainya diambil berdasarkan keuntungan usaha yang dilakukan olej bank syariah. Sedangkan untuk bunga diambil dari penghasilan manapun dan hasilnya tetap hingga jatuh tempo.

Apakah Deposito BCA Syariah Dapat Dicairkan Sebelum Jatuh Tempo?

Bisa, namun harus dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apakah Deposito BCA Syariah Halal?

Halal, karena dikelola berdasarkan prinsip syariat islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Itulah informasi yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda semuanya. Deposito menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengelola dan mengembangkan keuangan anda, jadi tidak ada salahnya mencoba membuka simpanan deposito di bank BCA Syariah. Sekian dan semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar