Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang – Penggalang adalah sebuah tingkatan atau peringkat dalam pramuka setelah siaga. Tingkatan dalam penggalang juga memiliki SKU atau syarat-syarat kecakapan umum dan SKK atau syarat-syarat kecakapan khusus yang wajib dipenuhi oleh setiap penggalang untuk mendapatkan kenaikan tingkat atau tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus.

Berdasarkan pencapaiannya, SKU dalam pramuka penggalang digolongkan menjadi beberapa tingkatan seperti Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap dan Penggalang Garuda. Setiap regu terdiri dari 8 anggota penggalang, dimana setiap regu di pimpin oleh pemimpin regu (PINRU) yang bertanggung jawab memimpin regunya.

Untuk menjadi penggalang pramuka ada batas usia yang ditetapkan. Hal ini dikarenakan sebuah tingkatan dalam pramuka yang ditentukan oleh umur anggotanya disebut kelompok umur. Kelompok umur setiap tingkatan pramuka juga berbeda-beda. Lantas berapa usia untuk anggota penggalan pramuka sesuai kelompok umur ?

Nah jika sebelumnya inspired2write telah membahas mengenai ciri ciri zaman paleozoikum, maka di kesempatan kali ini inspired2write akan membahas mengenai usia untuk anggota penggalang sesuai dengan kelompok umur. Jadi buat yang masih penasaran, maka wajib menyimak ulasan berikut ini hingga akhir agar tidak ada yang terlewatkan.

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Pengelompokan usia dalam pramuka di tentukan berdasarkan tingkatan kepramukaan. Tingkatan pramuka sendiri digolongkan kedalam beberapa jenis mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan Pembina. Semakin tinggi tingkatan, maka usianya semakin tua. Nah untuk usia anggota penggalang sendiri, akan inspired2write sajikan di bawah ini.

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang

Kelompok umur dalam pramuka di bagi menjadi 4 kelompok yaitu :

  • Kelompok Umur Siaga Usia 7-10 Tahun
  • Kelompok Umur Penggalang Usia 11-15 Tahun
  • Kelompok Umur Penegak Usia 16-20 Tahun
  • Kelompok Umur Pandega 21-25 Tahun

KESIMPULAN : Jadi usia untuk penggalang yaitu 11 tahun sampai 15 tahun. Usia tersebut telah di tentukan kedalam kelompok umur.

Penyebutan pramuka penggalang dikarenakan adanya kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonensia menggalang dan mempersatukan kekuatan untuk mencapai kemerdekaan. Itulah usia untuk anggota penggalang sesuai kelompok umur. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semuanya, apabila ada kesalahan kata atau informasi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Tinggalkan komentar