20 Syarat Pengajuan KUR Mandiri 100% Pengajuan Disetujui 2020

Syarat Pengajuan KUR Mandiri – KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan pembiayaan atau kredit yang diberikan oleh bank kepada UMKMK yang feasible tapi belum bankable. Hadirnya KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan bank kepada UMKM produktif.

Tujuan lain, dihadirkannya KUR oleh bank Mandiri yaitu untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta mengurangi kemiskinan. Dengan adanya KUR, maka masyaratkan akan lebih terbantu dalam mengembangkan usahanya.

Produk KUR yang dihadirkan oleh bank Mandiri dinilai sangat membantu masyarakat yang ingin mengembangkan tempat usahanya tanpa harus takut dengan bunga pinjaman. Bank Mandiri menawarkan pinjaman yang sangat beragam mulai dari Rp. 25.000.000 hingga Rp. 500.000.000 per debitur.

Nah, bagi anda yang ingin mengajukan KUR Mandiri, anda beberapa hal yang perlu diketahui. Salah satunya yaitu syarat pengajuan KUR Mandiri. Mengapa demikian? Pasalnya persyaratanlah yang nantinya akan menentukan disetujui atau tidaknya pengajuan KUR yang diajukan oleh debitur.

Syarat Pengajuan KUR Mandiri 100% Pengajuan Disetujui

Syarat Pengajuan KUR Mandiri 100 Pengajuan Disetujui
Advertisements

Dengan kelengkapan syarat, maka pihak bank Mandiri akan lebih mudah mempertimbangkan layak atau tidaknya anda menerima dana KUR. Lantas apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat? Nah, sebelum lanjut ke syarat pengajuan KUR Mandiri, anda terlebih dahulu harus mengetahui produk KUR apa saja yang ditawarkan oleh bank Mandiri. Adapun untuk informasi lebih lengkapnya sebagai berikut.

Produk KUR Mandiri

Produk KUR Mandiri

Bank Mandiri menawarkan beberapa produk KUR yang dapat diajukan oleh siapapun. Adapun beberapa produk KUR Mandiri tersebut yaitu sebagai berikut.

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan produk KUR yang dihadirkan oleh bank Mandiri dengan limit maksimal sampai 25 juta per debitur dalam jangka waktu paling lama maksimal 2 tahun.

2. KUR Ritel

KUR Ritel merupakan produk KUR bank Mandiri yang dihadirkan untuk kredit modal kerja atau untuk kredit investasi dengan limit 25 juta sampai 200 juta per debitur. KUR Ritel menawarkan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit model kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

3. KUR Penempatan TKI

Produk KUR Mandiri yang diperuntukan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan limit sampai 25 juta per debitur dengan jangka waktu (tenor) yang disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.

4. KUR Khusus

Produk KUR Mandiri yang diberikan kepada kelompok yang dikelola bersamaan berbentuk cluster (kelompok) menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan rakyat dan perikanan rakyat.

Adapun untuk ketentuan limit, bunga dan tenor setiap produk KUR Mandiri, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Limit KUR Mandiri

  1. KUR Mikro : Maksimal Rp. 25.000.000
  2. KUR Kecil : Lebih dari Rp. 25.000.000 s/d Rp. 500.000.000
  3. KUR TKI : Maksimal Rp. 25.000.000
  4. KUR Khusus : Lebih Dari Rp. 25.000.000 s/d Rp. 500.000.000

Bunga KUR Mandiri

Sebagai bank konvensional, dimana dalam mengelola dana menggunakan prinsip bunga, bank Mandiri memberlakukan pengenaan bunga untuk setiap produk pinjamannya. Sama halnya dengan produk DEPOSITO MANDIRI, KUR Mandiri juga memiliki bunga. Suku bunga KUR Mandiri yaitu sebesar 6% efektif per tahun.

Tenor KUR Mandiri

  1. KUR Mikro
    • Paling lama 3 tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja.
    • Paling lama 5 tahun untuk kredit atau pembiayaan investasi.
  2. KUR Kecil
    • Paling lama 4 tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja.
    • Paling lama 5 tahun untuk kredit atau pembiaayaan investasi.
  3. KUR TKI
    • Jangka waktu KUR TKI paling lama sesuai dengan kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu paling lama 3 tahun.
  4. KUR Khusus
    • Paling lama 4 tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja.
    • Paling lama 5 tahun untuk kredit atau pembiayaan investasi.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KUR Mandiri

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KUR Mandiri

Nah, bagi anda yang ingin mengajukan KUR, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Hal ini sangat penting, pasalnya ini sangat berpengaruh pada pengajuan KUR agar disetujui oleh pihak bank. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat mengajukan KUR yaitu sebagai berikut.

1. Perhatikan Histori Kredit Anda

Bank Mandiri memberlakukan standar Bank Indonesia (BI) checking atau pengecekan histori kredit atas nama seseorang debitur. Apabila banyak kredit yang anda ambil ternyata kredit macet atau gagal bayar, maka kemungkinan besar kredit anda akan ditolak oleh pihak bank, karena dianggap beresiko tidak membayar.

2. Tidak Diperbolehkan Mengajukan Kredit Lain Yang Nilainya Besar

Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengajukan kredit pinjaman lainnya yang nilainya besar pada saat mengajukan pinjaman KUR Mandiri. Mengapa demikian? Selain akan memberatkan anda dalam pembayaran, hal ini juga akan menjadi pertimbangan bank untuk menghindari resiko tidak membayar. Usaha yang anda kelola juga harus memiliki pondasi yang kuat serta sehat, setidaknya tidak terus-menerus mengalami kerugian dalam beberapa bulan terakhir.

3. Agunan KUR

Agunan atau jaminan yang akan digunakan untuk mengajukan KUR setidaknya bernilai setara dengan pinjaman yang anda ajukan. Dalam KUR Mandiri, agunan tambahan untuk KUR Mikro dan KUR TKI tidak dipersyaratkan.

Sedangkan untuk KUR Ritel berupa tanah atau bangunan dengan bukti kepemilikan berupa SHM atau SHGB maupun SHGU Hak Milik atas Satuan Rumah Susun atau BPKB. Bank Mandiri menetapkan nilai agunan minimal yaitu 70% dan maksimal kurang dari 100% dari limit kredit yang diambil.

4. Persyaratan

Nah, untuk menjamin pengajuan KUR agar disetujui, kelengkapan persyaratan menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam mengajukan pinjaman KUR Mandiri. Dengan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan, maka pengajuan KUR kemungkinan besar akan disetujui oleh pihak bank Mandiri.

Adapun ketentuan dan syarat pengajuan KUR agar disetujui oleh pihak bank, simak ulasan lebih lengkap dan jelasnya di bawah ini.

Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Nah, sebagai salah satu faktor yang paling menentukan apakah pengajuan KUR disetujui atau tidak yaitu persyaratan. Syarat-syarat wajib dipenuhi oleh debitur agar pengajuan KUR tidak menjadi kerugian, baik dari pihak bank maupun pihak debitur. Sama halnya seperti SYARAT PENGAJUAN KUR BRI, dimana syarat pada KUR Mandiri juga berupa dokumen dan beberapa syarat tambahan. Adapun persyaratan yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut.

I. Dokumen Pengajuan KUR Mandiri

  • Tidak termasuk daftar hitam (blacklist) Bank Indonesia (BI).
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi Buku Nikah atau Surat Cerai.
  • Pas foto 4 x 6 suami istri.
  • Surat Keterangan Usaha atau Surat Izin Usaha.
  • Harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk pinjaman dana lebih dari 50 juta.
  • Memiliki agunan atau jaminan yang sesuai dengan besar pijaman, seperti Surat Tanah atau BPKB mobil maupun motor.

II. Syarat Pengajuan KUR Mikro dan Kur Ritel

  • Calon Debitur tidak memiliki kredit lain.
  • Calon penerima KUR Mikro dan kecil bisa sedang menerima kredit atau pembiayaan KUR dari penyalur yang sama, kredit kepemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor dan kartu kredit.
  • Debitur yang masih memiliki baki debet kredit produktif atau kredit program di luar KUR tetapi sudah dilunasi, maka perlu melapirkan surat keterangan lunas dengan lampiran rekening koran dari bank yang bersangkutan.
  • Tidak termasuk kedalam daftar hitam nasional penarik cak atau bilyet giro kosong.
  • Usia debitur minimal 21 tahun dan usia saat lunas maksimal 60 tahun.
  • Memiliki usaha produktif serta layak setidaknya telah berjalan selama 6 bulan.

III. Syarat Pengajuan KUR Penempatan TKI

  • Berusia minimal 21 tahun atau minimal 18 tahun, namun harus melampirkan surat izin dari suami/istri/orang tua untuk bekerja di luar negeri.
  • Sesuai IDI-Bank Indonesia, debitur tidak mempunyai kredit atau kredit kolektibilitas selurunya lancar.
  • Tidak masuk dalam daftar hitam nasional Bank Indonesia.
  • Memiliki perjanjian kontrak kerja minimal 2 tahun bagi TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah, ataupun TKI yang bekerja secara perseorangan.

Cara Mengajukan KUR Mandiri

Cara Mengajukan KUR Mandiri

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengajukan KUR, berikut cara mengajukan KUR Mandiri.

  1. Langkah pertama, silahkan siapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan sesuai produk KUR yang akan anda ambil.
  2. Kemudian, silahkan kunjungi bank Mandiri terdekat dengan membawa semua dokumen yang diperlukan.
  3. Selanjutnya, isi formulir pengajuan KUR yang diberikan oleh teller bank Mandiri dengan memasukan data yang benar sesuai dokumen yang anda bawa.
  4. Serahkan formulir pengajuan beserta syarat-syarat yang dibutuhkan.
  5. Setelah itu, silahkan tunggu, nantinya pihak bank akan melakukan surver ke rumah anda atau tempat usaha anda.
  6. Lalu, tunggu hingga pihak bank memberi kabar bahwa pengajuan KUR anda diterima.
  7. Setelah diterima, maka anda bisa langsung mengambil dana KUR di bank Mandiri.

Tips Agar Pengajuan KUR Disetujui

Tips Agar Pengajuan KUR Disetujui

Adapun beberapa tips, yang memungkinkan pengajuan KUR yang anda ajukan ke bank Mandiri dapat disetujui yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan anda melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Anda harus memiliki usaha yang produktif dan tidak sedang mengalami kerugian dalam beberapa bulan terakhir.
  3. Memiliki surat izin usaha, setidaknya SIUP atau SITU.
  4. Pastikan anda mengajukan KUR sesuai kemampuan finansial anda.
  5. Pastikan anda seorang nasabah bank Mandiri dan memiliki rekening tabungan Mandiri.

FAQ

Siapa Saja Yang Dapat Mengajukan KUR Mandiri?

KUR Mandiri bisa diajukan oleh siapa saja, baik dalam bentuk perorangan ataupun badan hukum yang memiliki usaha kecil dan menengah. Selain itu, debitur yang berprofesi sebagai nelayan, usaha dalam bidang perikanan, petani, TKI juga dapat mengajukan KUR Mandiri.

Apakah Pengajuan KUR Harus Melampirkan NPWP?

Tidak harus, jika dana yang diajukan kurang dari 50 juta. Namun, jika lebih dari 50 juta, maka harus melampirkan NPWP.

Apakah Tidak Memiliki Surat Izin Usaha Bisa Mengjukan KUR?

Disarankan untuk menyertakan surat izin usaha seperti SIUP atau SITU, agar pengajuan KUR tidak ditolak oleh pihak bank.

Itulah syarat pengajuan KUR Mandiri yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Dalam upaya untuk menambah modal usaha, KUR bank Mandiri hadir untuk siapa saja yang membutuhkan dana untuk meningkatkan usaha yang sedang di jalankan. Dibutuhkan kelengkapan syarat agar pengajuan KUR Mandiri disetujui. Jadi, pastikan semua persyaratan yang dibutukan lengkap. Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga artikel di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar