Contoh Soal Hukum Avogadro Materi & Jawabannya Format PDF

Contoh Soal Hukum Avogadro – Segala peristiwa yang ada di kehidupan kita selalu saja berkaitan dengan beberapa hal ilmiah. Setelah peristiwa tersebut dikaji secara mendalam, maka lahirlah sebuah pemahaman baru. Salah satu contoh kajian peristiwa tersebut adalah Hukum Avogadro.

Mungkin masih ada beberapa orang yang merasa asing mengenai Hukum Avogadro serta bunyi atau isi dari hukum tersebut. Maka dari itu kita akan coba belajar mengenai materi serta contoh soal Hukum Avogadro secara lengkap.

Sebagai bocoran, beberapa contoh soal Hukum Avogadro akan berkaitan dengan tukang tambal ban. Pernahkah terpikirkan bagaimana ban yang sudah mengempis karena kekurangan angin bisa disulap oleh tambal ban hingga mengembang dan kembali ke bentuk semulanya?

Agar bisa membantu kalian dalam memahami segalah hal mengenai Hukum Avogadro, maka Inspired2Write akan coba berikan Contoh Soal Hukum Avogadro secara lengkap. Jadi pastikan kalian simak pembahasan supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Sosok Penemu Hukum Avogadro

Sosok Penemu Hukum Avogadro

Dibalik tersebarnya Hukum Avogadro yang beredar di masyarakat saat ini, tentu saja ada seorang ilmuan jenius yang pertama kali menemukannya. Dia adalah Lorenzo Romano Amedeo Carlo Avogadro.

Lorenzo Romano Amedeo Carlo Avogadro adalah seorang ilmuan di bidang Fisika dan Kimia yang berasal dari Turin, Kerajaan Sardinia Piedmont (sekarang sudah berubah menjadi Torino, Italia). Beliau lahir pada tanggal 9 Agustus 1776 dan wafat pada tanggal 9 Juli 1856.

1. Awal Karir

Avogadro mengawali karirnya sebagai ilmuan dengan mejabat sebagai tenaga pendidik atau guru di salah satu sekolah menengah atas bernama Vericelli. Barulah di tahun 1820, beliau diangkat menjadi pimpinan bidang Fisika Matematis di Universitas Turin.

Tidak hanya sampai di situ saja, Avogadro juga pernah mejabat sebagai anggota komisi berat dan pengkuran di sektor pembangunan bagi pemerintah Italia. Jabatan tersebut sekaligus mengukuhkannya sebagai seorang anggota Royal Superior Council on Public Instruction.

Jasa Avogadro dalam bidang keilmuan Fisika dan Kimia juga sangat banyak. Namun salah satu yang paling populer adalah Hukum Avogadro. Hukum tersebut mengkaji tentang hubungan antara volume gas dengan jumlah molekulnya.

2. Penemuan Lainnya

Selain Hukum Avogadro, beliau juga merumuskan Teori Molekular yang menyatakan jika partikel-partikel dapat tersusun atas kumpulan molekul. Sedangkan Molekul sendiri tersusun atas kumpulan unit Atom yang lebih sederhana.

Karena hadirnya teori tersebut, maka kita mengenal Bilangan atau Konstanta Avogadro = 6.02214X1023mol-1. Bilangan atau Konstanta tersebut biasanya digunakan guna menyatakan sejumlah partikel yang ada di dalam suatu mol zat.

Bunyi Hukum Avogadro

Bunyi Hukum Avogadro

Setelah mengetahui segala hal tentang ilmuwan bernama Avogadro, maka bagaimana sebenarnya bunyi dari hukum yang dicetuskannya? Tentu saja hal ini membuat kita penasaran mengingat Hukum Avogadro tersebut akhirnya digunakan oleh seluruh masyarakat.

Berikut bunyi dari Hukum Avogadro.

Berikut bunyi dari Hukum Avogadro

Rumus Hukum Avogadro

Rumus Hukum Avogadro

Mungkin teka-teki mengenai tambal ban tadi sudah sedikit ada gambaran setelah mendengar bunyi hukum di atas. Selain bunyi dari Hukum tersebut, ada juga beberapa rumus yang nantinya akan digunakan dalam contoh soal.

Berikut rumus sistematis dalam perhitungan Hukum Avogadro.

Berikut rumus sistematis dalam perhitungan Hukum Avogadro

Keterangan:

V = Volume Gas (m3)

n = Banyaknya mol pada suatu gas (mol)

Contoh Penerapan Hukum Avogadro dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Penerapan Hukum Avogadro dalam Kehidupan Sehari hari

Sebelumnya sudah disinggung bahwa tanpa kita sadari, Hukum Avogadro sudah ada di sekitar masyarakat. Ada beberapa contoh kegiatan untuk menggambarkan bagaimana penerapan Hukum Avogadro dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh penarapan Hukum Avogadro dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kegiatan Memompa Ban

Ketika seseorang memompa sebuah ban kempes, maka secara otomatis ban akan mengembang serta kembali ke wujud semula. Hal tersebut terjadi lantaran adanya peningkatan Volume molekul udara di dalam ban yang kemudian diikuti dengan peningkatan Volume setara.

2. Kegiatan Bernapas

Pada saat menghirup oksigen ke dalam tubuh, maka paru-paru akan mengembang serta diikuti dengan kenaikan dada. Setelah dihembuskan, maka akan terasa jika paru-paru kembali menyusut seperti semula.

Hal tersebut juga terjadi lantaran adanya peningkatan Volume molekul udara di dalam paru-paru yang kemudian diikuti dengan peningkatan Volume setara.

Contoh Soal Hukum Avogadro Terlengkap

Contoh Soal Hukum Avogadro Terlengkap

Tibalah saatnya untuk membahas beberapa contoh soal dari Hukum Avogadro tersebut. Tentunya semua contoh soal dalam pembahasan ini bisa kalian jadikan sebagai sarana latihan dan belajar. Jadi ketika diajarkan kembali di sekolah, maka kita sudah memiliki bekal ilmunya.

Berikut beberapa contoh Soal Hukum Avogadro.

1. Contoh Soal Hukum Avogadro 1

1,2 kg gas ideal disimpan dalam suatu silinder. Pada saat dilakukan pengukuran,ternyata tekanannya 2×105 Pa dan suhu 270 C . Ketika sejumlah gas sejenis ditambahkan lagi, ternyata suhunya berubah menjadi 870 C dan tekanan menjadi 3×103 Pa. Berdasarkan aktivitas tersebut, berapakah massa gas yang ditambahkan?

Jawaban ada di Contoh Soal Format PDF.

2. Contoh Soal Hukum Avogadro 2

Sebuah balon gas awalnya berisi gas 1 liter. Ketika ditambahkan gas yang sama, volume balon berubah menjadi 1,2 liter dan massa gas di dalam balon menjadi satu setengah kalinya. Apabila suhu gas tetap, maka rasio pertambahan tekanan awalnya adalah

Jawaban ada di Contoh Soal Format PDF.

Download Contoh Soal Hukum Avogadro PDF

Beberapa contoh soal di atas hanya sedikit review dari file PDF yang sudah kami buatkan. Silahkan unduh Contoh Soal dengan format PDF dari kami agar kegiatan belajar jadi lebih mudah dipahami. Berikut Contoh Soal Hukum Avogadro dalam format PDF.

KESIMPULAN

Kini kita sudah bisa belajar melalui Contoh Soal Hukum Avogadro berserta materi dan jawabannya. Setelah ini coba kembangkan diri dengan mengerjakan contoh soal lainnya sehingga kita jadi lebih paham mengenai perhitungan sistematis Hukum tersebut.

Sekian pembahasan mengenai Hukum Avogadro dari Inspired2Write. Nantikan pembahasan contoh soal serta materi lainnya yang akan kami upload setiap hari. Semoga pembahasan ini bisa membantu kalian dalam memahami Hukum Avogadro.

Sumber Gambar: Admin Inspired2Write, Pinterest.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.