21 Cara Gadai Emas di Pegadaian 2021 : Syarat, Bunga & Tabel Angsuran

Cara Gadai Emas di Pegadaian – Gadai barang berharga seperti perhiasan memang paling aman dan terpercaya dilakukan di Pegadaian. Pasalnya Pegadaian telah terdaftar sekaligus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Republik Indonesia.

Banyak masyarakat Indonesia sering mengadaikan logam mulia di Pegadaian. Bukan saja karena Pegadaian aman serta terpercaya, namun juga karena cara pengajuannya mudah serta barang jaminan aman sekaligus diasuransikan.

Gadai emas menjadi cara paling tepat mendapatkan uang lebih cepat. Selain itu, barang gadai juga tidak akan hilang serta membantu mendapatkan dana dadakan dalam jumlah besar. Lantas, bagaimana cara gadai emas di Pegadaian ?

Cara gadai logam mulia di Pegadaian sendiri mudah. Hanya perlu mengunjungi kantor Pegadaian terdekat dengan membaca bentuk fisik emas sekaligus persyaratan gadai dibutuhkan. Adapun informasi lebih jelasnya yakni sebagai berikut.

Syarat Gadai Emas Pegadaian

Syarat Gadai Emas Pegadaian
Advertisements

Sebelum gadai logam mulia di Pegadaian ada beberapa syarat menggadai. Syarat syarat mengadai emas terbilang ringan. Anda hanya perlu menyiapkan syarat seperti identitas diri serta dokumen pendukung lainnya. Adapun syarat syarat yang dibutuhkan untuk gadai emas yaitu.

  • Kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor).
  • Menyerahkan bentuk fisik emas.
  • Surat-surat emas yang digadaikan (sertifikat dan nota pembelian emas).
  • Menandatangani Surat Bukti Gadai (SBG).

Itulah syarat syarat yang harus disiapakan untuk mengadaikan emas di Pegadaian.

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara Gadai Emas di Pegadaian
Advertisements

Setelah semua syarat di atas telah disiapkan. Gadai logam mulia bisa dilakukan di kantor Pegadaian terdekat. Cara menggadaikan emas di kantor Pegadaian sangat mudah. Adapun cara gadainya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi kantor pegadaian terdekat dengan membawa syarat syarat di atas.
  2. Kemudian, ambil nomor antrian dan tunggulah hingga giliran Anda dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, sampaikan maksud serta tujuan Anda ingin menggadaikan emas kepada petugas.
  4. Selanjutnya, serahkan KTP, emas beserta surat-suratnya.
  5. Nantinya petugas memberikan Anda formulir untuk diisi. Silahkan isi formulir tersebut, jika sudah serahkan kembali ke petugas Pegadaian.
  6. Lalu, petugas menaksir nilai dari logam mulia emas Anda serta hasil taksiran maksimal dari emas tersebut sekaligus menjadi plafon pinjaman disampaikan kepada nasabah.
  7. Jika, tawaran plafon disetujui, maka petugas memproses permohonan lebih lanjut.
  8. Petugas Pegadaian, akan membuatkan Surat Bukti Gadai (SBG) kurang lebih selama 15 menit.
  9. Setelah itu, petugas kasir menjelaskan batas jatuh tempo serta waktu pelelangan barang jaminan, bila angsuran tidak dilunasi sesuai jangka waktu toleransi yang ditentukan.
  10. Langkah berikutnya, Anda dimintai untuk menandatangani SBG sekaligus membayar biaya admin sebesar 10% dari plafon gadai. Biaya admin dapat dibayar secara tunai ataupun dipotong dari plafon pinjaman.
  11. Selesai, silahkan pulang dengan membawa uang tunai serta meninggalkan emas beserta surat-suratnya di kantor Pegadaian.

Bunga Gadai Emas Pegadaian

Bunga Gadai Emas Pegadaian
Advertisements

Perlu diketahui, bahwasanya mengggadai emas di Pegadaian dikenai bunga. Suku bunga gadai emas terbilang ringan. Bunga tersebut dihitung per 15 hari dalam persentase. Lantas, berapakan suku bunga gadai perhiasan Pegadaian? Sewa modal (bunga) yang diberikan mulai dari 0,75% per 15 hari.

Misalkan, Anda menyetujui plafon sebesar Rp. 2.760.000 dengan jangka waktu 4 bulan. Maka bunga yang harus dibayar sebesar 0,75% per 15 hari. Maka bunga yang harus di bayar yaitu sebagai berikut :

  • 4 bulan (120 hari : 15 hari) = 8
  • 8 x 0,75% = 6%
  • 6% x Rp. 2.760.000 = Rp. 165.600
  • Maka bunga yang harus dibayarkan selama 4 bulan yaitu sebesar Rp. 165.600

Tabel Angsuran Gadai Emas Pegadaian

Setelah mengetahui besaran bunga, berikutnya maka perlu juga mengetahui tabel angsuran gadai emas. Ini akan membantu Anda menentukan berapa besar angsuran per bulannya. Nah, berikut adalah contoh tabel angsuran gadai logam mulia di Pegadaian.

Tabel Angsuran Gadai Emas Pegadaian
Advertisements

FAQ

Apakah Bisa Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian?

Tidak bisa, surat-surat berupa sertifikat dan nota pembelian agar Pegadaian tidak menerima emas bermasalah

Berapa Lama Proses Gadai Emas?

Kurang lebih sekitar 15 menit.

Bisakah Gadai Emas Perhiasan di Pegadaian?

Bisa, baik emas perhiasan atau logam mulia bisa digadaikan di Pegadaian asalkan surat suratny lengkap.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara gadai emas di Pegadaian beserta syarat, bunga dan tabel angsuran dari inspired2write.com sajikan. Pada dasarnya cara gadai emas, hampir sama seperti GADAI BPKB DI PEGADAIAN, cukup kunjungi kantor Pegadaian, lengkapi semua syarat menggadai, dana langsung cair. Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.