√ Apa itu SMS Banking : Kegunaan, Kelebihan & Kekurangan

Apa itu SMS Banking – Di zaman yang semakin modern ini, membuat teknologi komunikasi sudah semakin berkembang dengan hadirnya banyak smartphone di Indonesia. Salah satu alasan mengapa smartphone begitu digandrungi oleh mansyarakat yaitu karena selain sebagai alat komunikasi, tetapi juga bisa digunakan sebagai media transaksi layanan perbankan.

Saat ini hampir setiap orang menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan, seperti chatting, mengakses media sosial, Youtube dan lain sebagainya. Dengan smartphone kita dapat melakukan berbagai aktivitas secara online kapanpun dan dimanapun dan bahkan tanpa perlu keluar rumah, sehingga menjadi lebih praktis, simpel dan tentunya lebih mudah.

Kebutuhan smartphone yang terus meningkat setiap waktunya, menjadi peluang bagi pihak perbankan untuk memberikan layanan melalui smartphone nasabah. Layanan yang dihadirkan oleh perbankan berbasis aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk bertransaksi, baik transaksi finansial maupun non-finansial yaitu aplikasi e-banking seperti SMS Banking.

Hampir setiap BANK TERBAIK DI INDONESIA, menyediakan layanan SMS Banking untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi tanpa harus pergi ke ATM ataupun bank langsung. Tentunya hal ini akan membuat transaksi menjadi lebih simpel dan cepat. Lalu, apa itu SMS Banking? Adapun informasi lebih jelasnya sebagai berikut.

Apa itu SMS Banking beserta Kegunaan, Kelebihan & Kekurangannya

Apa itu SMS Banking beserta Kegunaan Kelebihan Kekurangannya
Advertisements

Dengan SMS Banking, anda bisa melakukan berbagai transaksi seperti, transfer, bayar tagihan, isi pulsa dan lain sebagainya. Meskipun terdengar ketinggalan zaman, tapi fitur SMS Banking ini memberikan kemudahan, sehingga banyak orang yang menggunakan layanan perbankan yang satu ini. Meskipun banyak orang yang menggunakannya, namun banyak juga dari mereka yang belum tahu apa itu SMS Banking? Adapun definisi lengkap SMS Banking sebagai berikut.

Apa itu SMS Banking

SMS banking adalah fasilitas perbankan yang dapat diakses lewat smartphone yang memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi seperti transfer, CEK SALDO, cek mutasi, bayar tagihan, isi pulsa dan lain sebagainya. SMS Banking ini bisa diakses tanpa harus terhubung ke jaringan Internet. Ada dua cara untuk mengakses SMS Banking yaitu sebagai berikut.

  • SMS Banking dapat diakses dengan cara mengetikan pesan berupa format SMS tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan.
  • SMS Banking juga dapat diakses melalui SMS Tolkit, dimana nasabah dapat menggunakan SMS Banking menggunakan SIM Card, tergantu provider yang digunakan.

Kegunaan SMS Banking

Kegunaan SMS Banking
Advertisements

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa SMS Banking memiliki kegunaan yang sangat banyak. Adapun kegunaan dan manfaat SMS Banking yaitu sebagai berikut.

  • Transfer, baik sesama maupun antar bank.
  • Cek saldo rekening.
  • Cek mutasi 3 transaksi terakhir dan inqury kartu kredit.
  • Bayar tagihan.
  • Isi pulsa.
  • Beli token listrik.
  • Dapat digunakan untuk mengganti PIN.
  • Mengganti rekening yang ingin menjadi sumber dana.

Kelebihan SMS Banking

Kelebihan SMS Banking
Advertisements

Sama halnya dengan layanan e-banking bank lainnya, SMS Banking juga memiliki keunggulan. Adapun keunggulan menggunakan SMS Banking yaitu sebagai berikut.

  • Tidak membutuhkan jaringan internet.
  • Dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, praktis dan cepat dimanapun dan kapanpun anda mau.
  • Transaksi menggunakan SMS Banking lebih terjaga keamanannya karena data-data bisa dihapus dengan mudah.
  • Transaksi bebas ganguan eksternal seperti mati listrik dan koneksi internet.

Kekurangan SMS Banking

Kekurangan SMS Banking
Advertisements

Selain memiliki kelebihan, SMS Banking juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan SMS Banking yaitu sebagai berikut.

  • Kurang fleksibel, karena terbatasnya pengelolaan transaksi keuangan, sehingga tidak bisa membuat transaksi keuangan yang banyak dalam 1 waktu sekaligus.
  • Relatif sedikit lebih mahal, karena saat melakukan beberapa transaksi tertentu ada biaya tambahan lainnya sebesar Rp. 500

Risiko Menggunakan SMS Banking

Risiko Menggunakan SMS Banking
Advertisements

Selain memiliki kelebihan dan keurangan, menggunakan SMS Banking juga memiliki beberapa risiko. Adapun risiko menggunakan SMS Banking yaitu sebagai berikut.

  • Risiko Penyadapan dan Data Terekam

Setelah melakukan transaksi menggunakan SMS banking, PIN yang digunakan untuk melakukan transaksi terkadang masih tersimpan dalam kontak keluar SMS. Sehingga jika ada orang yang meminjam smartphone anda, bisa saja ia melihat atau mengetahui PIN yang sudah pernah digunakan.

  • Tidak ada Respon ketika Memberikan Perintah SMS Banking

Beberapa orang pernah mengalami situasi ini. Terkadang setelah melakukan transaksi, tidak ada respon SMS apakah transaksi yang dilakukan berhasil atau tidak. Untuk mengetahui transaksi berhasil atau tidak anda perlu menghubungi call center. Namun, banyak pengguna yang memilih melakukan transaksi kembali, sehingga seringkali terjadi dobel bayar.

  • Lupa Nomor Kode

Seperti yang sudah kita ketahu, bahwa untuk melakukan transaksi menggunakan SMS Banking harus memasukan kode sesuai dengan transaksi yang akan dilakukan. Setiap transaksi yang dilakukan memiliki kode yang berbeda-beda. Maka dari itu, jika lupa dengan kode yang dibutuhkan, maka nasabah tidak dapat melakukan transaksi yang diinginkan.

Itulah informasi lengkap yang dapat inspired2write.com terkait apa itu SMS Banking. Meskipun memiliki sejumlah kekurangan dan risiko, namun layanan SMS Banking menjadi solusi untuk memudahkan para nasabah bank. Jadi layanan ini sangat cocok digunakan untuk melakukan berbagai transaksi tanpa harus ke ATM atau Teller.

Tinggalkan komentar