√ 8 Harga Madu Klanceng 2022 : Kandungan Nutrisi & Manfaat

Harga Madu Klanceng – Madu klanceng merupakan jenis madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng atau Apis Trigona. Trigona Sapies atau Trigona Clypearis merupakan spesies lebah yang bertahan hidup dengan cara menggigit, bukan menyengat. Hal inilah yang membuat Klanceng, menghasilkan madu dengan cita rasa yang berbeda dengan madu pada umumnya.

Madu Klanceng memiliki rasa yang lebih asam di bandingkan madu biasa. Madu Klanceng memiliki kadar keasaman hingga mencapai 3,05 sampai 4, 55. Tekstur madu ini juga lebih encer dari madu biasa, pasalnya kadar air dalam madu ini lebih banyak yaitu sekitar 30-35%. Untuk warna sendiri, madu trigona memiliki warna cokelat amber, lebih pekat dibandingkan madu biasa.

Citayam

Dari segi manfaat sendiri, madu klanceng ini tak kalah dengan madu biasa. Madu klanceng dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti untuk MAAG, mencegah stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah, membunuh bakteri, dan lain sebagainya. Hal tersebut tak terlepas dari banyaknya kadungan nutrisi pada madu klanceng.

Hal tersebut yang membuat madu klanceng dicap sebagi jenis MADU TERBAIK. Sedangkan dari sisi harga sendiri, madu klanceng memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan madu biasa. Mengapa demikian? Pasalnya lebah klanceng tidak menghasilkan madu yang berlimpah, yaitu hanya sekitar 100-200 ml saja dalam 3 bulan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Harga Madu Klanceng Beserta Kadungan Nutrisi dan Manfaatnya

Harga Madu Klanceng Beserta Kadungan Nutrisi dan Manfaatnya

Harga Madu Klanceng sendiri terbilang sangat bervariasi yaitu kisaran Rp. 50.000 hingga Rp. 70.000 untuk 100 ml madu. Harga tersebut terbilang cukup mahal, namun mengingat manfaat dan kandungan nutrisinya yang melimpah maka harga sekian tidak terlalu memberatkan. Terlebih lagi madu klanceng sangat ampun dalam mengatasi berbagai penyakit.

Nah, madu klanceng sendiri biasanya dijual dalam bentuk per botol. Untuk satu botol madu klanceng biasanya memiliki kapasitas 100, 250, hingga 500 ml. Nah, bagi anda yang tertarik untuk membeli madu klanceng, berikut ini inspired2write akan menyajikan daftar harga madu klanceng beserta dengan kandungan nutrisi dan khasiat dari madu ini. Adapun informasinya sebagai berikut.

Daftar Harga Madu Klanceng

Daftar Harga Madu Klanceng

Harga madu klanceng sendiri tidak menentu. Harganya bisa saja naik bisa saja turun, tergantung kondisi pasar dan jumlah madu yang dihasilkan ataupun permintaan konsumen. Jika lebah klanceng mampu menghasilkan madu yang melimpah, maka bisa saja harganya kemungkinan akan lebih terjangkau. Adapun kisaran harga madu klanceng saat ini kurang lebihnya sebagai berikut.

Varian Madu KlancengHarga
Madu Klanceng 100 mlRp. 70.000
Madu Klanceng 150 mlRp. 90.000
Madu Klanceng 250 mlRp. 120.000
Madu Klanceng 350 mlRp. 165.000
Madu Klanceng 500 mlRp. 210.000
Madu Klanceng 600 mlRp. 300.000
Madu Klanceng 850 mlRp. 375.000
Madu Klanceng 1 literRp. 440.000
Dari daftar harga di atas, bahwa harga madu klanceng mengalami kenaikan yang cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun sebelumnya 100 ml hanya sekitar Rp. 60.000. Sedikit tambahan, bahwa harga di atas masih kisaran yang sewaktu-waktu dapat berubah.

Kandungan Nutrisi Madu Klanceng

Kandungan Nutrisi Madu Klanceng

Meskipun dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal, namun kandungan nutrisi pada madu klanceng setara dengan harganya. Pasalnya madu klanceng mengandung sangat banyak nutrisi yang baik pada tubuh. Kadungan nutrisi pada madu klanceng diantaranya seperti vitamin, mineral dan enzim-enzim utama.

Kandungan vitamin madu klanceng meliputi Thetamin (B1), Asam Askorbat (C) Riboflavin (B2) & (B3), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Biotin, Asam Folat, Asam Pantotenat dan Vitamin K. Sedangkan untuk kandungan mineral meliputi Kalsium, Natrium, Magnesium, Aluminium, Zat Besi, Kalium, Fosfor, Pottassium, Sodium Klorin dan Sulfur.

Untuk kandung enzim-enzim utama meliputi Diatase, Invertasem Glukosa Oksidase, Fruktosa, Peroksidase, Lipase dan juga mengandung sejumlah hormon kecil seperti Tembaga, Iodium dan Zinc. Selain itu, madu klanceng juga mengandung Hidrogen, Flavonoid, Senyawa Fenolik, Peptida Antibakterial dan juga senyawa antioksidan bernama Protacatechuic Acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan Serumen.

Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia seperti sebagai antioksidan, antibakteri dan antiperadangan. Untuk manfaat lainnya, silahkah simak di bawah ini.

Manfaat Madu Klanceng

Manfaat Madu Klanceng

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa madu klanceng ini sangat bermanfaat. Berbagai khasiat bisa anda rasakan jika mengkonsumsi madu klanceng. Adapun khasiat dari madu klanceng yaitu sebagai berikut.

  • Mengobati penyakit maag akut.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mencegah stroke.
  • Memperlancar peredaran darah.
  • Membantu pembentukan darah.
  • Meningkatkan hormon.
  • Memperkuat fungsi otak dan hormon.
  • Memperbaiki sel tubuh yang rusak.
  • Melembabkan kulit.
  • Menyembuhkan Infeksi.
  • Membunuh bakteri jahat.
  • Mempercepat penyembuhan luka

Meskipun memiliki banyak manfaat namun, jangan menggunakan madu sebagai terapi utama dalam mengobati masalah kesehatan anda. Apabila anda ingin menggunakan madu untuk pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Madu ini sebenarnya sebagai alternatif obat alami saja.

Selain dapat dikonsumsi langsung, madu klanceng juga dapat dicampurkan ke minuman kesehatan sebagai pengganti gula. Itulah informasi yang dapat inspired2write.com sajikan untuk anda. Mungkin hanya itu saja informasi yang dapat kami sajikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.