18 Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI 2022: Syarat & Admin

Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI – Bagi mahasiswa, tentu sudah tidak asing dengan apa itu UKT. Di mana UKT atau Uang Kuliah Tunggal adalah uang yang harus dibayarkan oleh mahasiswa setiap masuk semester baru.

Dalam pembayaran UKT tersebut ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan yang paling mudah adalah transfer dari layanan bank seperti ATM dan Mobile Banking. Jadi ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sudah memiliki rekening.

Membahas mengenai bayar UKT, kali ini kami akan sajikan informasi mengenai cara bayar UKT Universitas Jambi (UNJA) lewat ATM BRI. Bagi mahasiswa UNJA yang merupakan nasabah bank BRI, bisa manfaatkan layanan ATM untuk pembayaran UKT setiap masuk semester baru.

Mungkin bagi sebagian sudah ada yang mengetahui atau pernah melakukan pembayaran UKT di ATM BRI. Namun bagi yang pertama kali, pastinya akan bertanya bagaimana cara bayarnya. Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan sampaikan secara lengkap.

Citayam
Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Syarat Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar UKT Universitas Jambi di ATM BRI, lebih baik mengetahui apa saja syarat ketentuan yang diperlukan agar proses bisa berjalan lancar. Adapun syarat ketentuan tersebut seperti misalnya:

  • Kartu ATM atau kartu debet BRI.
  • Mengetahui 6 digit PIN ATM BRI.
  • Saldo di rekening / ATM BRI cukup guna bayar UKT.
  • Kode institusi / Universitas Jambi yaitu 28262.
  • Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  • Kode bayar atau kode BRIVA.

Terkait kode BRIVA adalah perpaduan kode universitas + Nomor Induk Mahasiswa UNJA. Dengan begitu, dua hal yaitu kode universitas dan Nomor Induk Mahasiswa perlu dan sangat diperhatikan sebelum melakukan transaksi bayar UKT di ATM BRI.

Cara Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Setelah tahu apa saja syarat ketentuan untuk bisa melakukan bayar UKT UNJA melalui ATM BRI di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara membayarnya. Untuk yang belum tahu bisa simak di bawah ini.

1. Masukkan Kartu

Silakan kunjungi ATM BRI terdekat. Jika sudah, silakan masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM BRI dan jangan sampai terbalik.

1. Masukkan Kartu

2. Pilih Bahasa Indonesia

Setelah itu Anda akan diminta memilih bahasa yang digunakan, ada bahasa Indonesia dan English. Silakan pilih bahasa Indonesia agar mudah dimengerti.

2. Pilih Bahasa Indonesia

3. Masukkan PIN ATM BRI

Kemudian baru Anda diminta memasukkan 6 digit PIN ATM BRI, silakan masukkan dan jangan sampai salah agar tidak terblokir.

3. Masukkan PIN ATM BRI

4. Klik Menu Lainnya

Pada layar akan memunculkan beberapa pilihan menu, disini silakan memilih dan klik “Menu Lainnya”.

4. Klik Menu Lainnya

5. Klik Pembayaran/Pembelian

Kemudian ada beberapa pilihan menu baru lagi pada layar, di sini silakan klik “Pembayaran/Pembelian”.

5. Klik Pembayaran Pembelian

6. Klik Pembayaran/Pembelian Lain

Silakan cari menu BRIVA, jika tidak ada maka klik menu “Pembayaran/Pembelian”.

6. Klik Pembayaran Pembelian Lain

7. Klik BRIVA

Dengan begitu, layar memunculkan beberapa pilihan menu baru dan untuk bayar UKT UNJA silakan klik menu “BRIVA”.

7. Klik BRIVA

8. Masukkan Nomor BRIVA

Setelah itu Anda akan diminta input nomor BRIVA yaitu kode universitas + NIM dan klik “Benar” jika sudah input.

8. Masukkan Nomor BRIVA

9. Konfirmasi Transaksi

Langkah berikutnya layar akan memunculkan informasi mengenai keterangan transaksi yang dimaksud. Cek dan pastikan sudah benar semua, jika sudah maka klik “Tekan Jika Benar”.

9. Konfirmasi Transaksi

10. Klik Rekening Tabungan

Dengan begitu Anda akan diminta untuk memilih jenis rekening sebagai sumber dana membayar UKT. Silakan memilih “Dari Rekening Tabungan”.

10. Klik Rekening Tabungan

11. Membayar UKT UNJA di ATM BRI Berhasil

Setelah itu mesin ATM BRI akan memproses pembayaran UKT UNJA Anda. Selanjutnya Anda tinggal tunggu mesin selesai memproses dan akan mengeluarkan resi pembayaran.

Jangan lupa ambil dan simpan struk / resi, kemudian selesaikan transaksi dengan mengeluarkan kartu ATM BRI dari mesin.

11. Membayar UKT UNJA di ATM BRI Berhasil

Mungkin cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang belum aktifkan layanan m Banking BRI atau BRImo. Namun jika sudah maka Anda bisa manfaatkan cara bayar UKT UNJA lewat BRImo seperti yang sudah pernah kami sampaikan.

Biaya Admin Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Mengenai cara pembayaran UKT UNJA lewat ATM BRI di atas, nasabah atau mahasiswa akan dikenai sebuah biaya admin atau biaya layanan. Lantas berapa biaya admin bayar UKT Universitas Jambi lewat ATM BRI?

Mengenai besaran biaya admin atau biaya layanan sendiri adalah sebesar Rp 2.500. Dengan begitu, pastikan jika saldo di rekening BRI Anda cukup untuk membayar besaran nominal UKT dan biaya layanan yang diberikan.

Keuntungan Bayar UKT UNJA Lewat ATM BRI

Dengan melihat cara bayar di atas, Anda juga pastinya penasaran apa saja keuntungan yang didapat. Di mana antara lain keuntungan bayar UKT UNJA lewat ATM BRI seperti misalnya:

  • Proses pembayaran mudah.
  • Gerai ATM BRI ada di mana-mana.
  • Tinggal pilih menu dan memasukkan kode bayar.
  • Proses terjamin aman.
  • dan beberapa keuntungan lain.

Kesimpulan

Itulah cara bayar Uang Kuliah Tunggal Universitas Jambi lewat ATM BRI yang dapat inspired2write.com sajikan lengkap informasi lainnya. Adanya cara bayar UKT UNJA di atas semoga bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan, terutama bagi yang belum mengetahui langkahnya.

Sumber Gambar : finansial.bisnis.com, YouTube ROYAL Bank

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.