3 Cara Bayar SM UNY Lewat Mandiri 2022: Teller, ATM, m Banking

Cara Bayar SM UNY Lewat Mandiri – Kemudahan transaksi keuangan kini dapat dirasakan oleh semua nasabah bank di Indonesia, tidak terkecuali para pemilik rekening bank Mandiri. Bahkan Mandiri telah memiliki layanan yang ditujukan kepada Institusi Pendidikan atau Perguruan Tinggi.

Hal itu bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan sistem penerimaan pembayaran biaya pendidikan yang terintegrasi dengan proses update data, pencocokan, serta pelaporan yang cepat dan akurat. Tentu ini akan sangat memudahkan calon atau mahasiswa yang ingin lakukan pembayaran.

Bagi yang merupakan calon atau mahasiswa baru, yang melakukan pendaftaran di Universitas di Indonesia termasuk di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) maka perlu membayar biaya seleksi seleksi mandiri (SM). Dengan adanya layanan pembayaran lewat bank Mandiri ini tentu akan memudahkan.

Namun bagaimana cara bayar SM UNY lewat Mandiri melalui beberapa layanan yang ada seperti ATM dan Mobile Banking? Mengenai hal itu, kami akan sampaikan informasi lengkapnya terkait bagaimana cara bayar uang seleksi mandiri (SM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lewat Mandiri.

Cara Bayar SM UNY Lewat Mandiri

Apa Itu SM (Seleksi Mandiri)?

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar uang SM UNY lewat Mandiri, pastinya banyak dari Anda yang baru pertama kali mendengar apa itu istilah seleksi mandiri. Dengan begitu, kami akan sampaikan dahulu apa itu sebenarnya seleksi mandiri atau SM.

Di mana Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia secara mandiri. Seleksi mandiri ini akan dilakukan setelah pengumuman hasil jalur SBMPTN keluar.

Nantinya seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN harus sudah selesai paling lambat pada akhir bulan Juli tahun berjalan, secara mandiri, dengan syarat dan mekanisme yang sudah disesuaikan dengan ketentuan masing-masing perguruan tinggi.

Nantinya dalam proses seleksi mandiri, beberapa perguruan tinggi dapat menggunakan tes khusus, menggunakan nilai UTBK, nilai rapot, maupun prestasi baik akademik dan non-akademik sebagai poin tambahan agar bisa lolos.

Untuk kuota seleksi ini ditetapkan paling banyak 30% dari daya tampung SBMPTN UNY dengan melihat program studi. Jumlah kuota dapat bertambah dari pengalihan jumlah kuota SBMPTN jika tidak terpenuhi, dengan jumlah maksimal yaitu sebanyak 10%

Kemudian mengenai biaya untuk mengikuti ujian mandiri / seleksi mandiri bisa dikatakan lebih besar dibandingkan pendaftaran SBMPTN yaitu sebesar Rp 200.000. Selain itu, biaya pendidikan jalur seleksi mandiri akan mencakup UKT dan uang pangkal.

Syarat Bayar SM UNY Lewat Bank Mandiri

Jika sudah tahu apa itu seleksi mandiri di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui apa saja syarat dan ketentuan melakukan bayar SM / seleksi mandiri lewat bank Mandiri. Secara umum pendaftar yang merupakan nasabah bank Mandiri perlu lengkapi syarat berikut:

1. Memiliki Rekening Mandiri

Pertama, untuk bisa memulai bayar SM UNY lewat layanan Mandiri adalah memiliki rekening bank Mandiri. Mungkin jika tidak memiliki rekening Mandiri dan mempunyai rekening bank lain seperti BNI, bisa untuk bayar SM UNY lewat bank BNI ataupun rekening bank lainnya.

2. Saldo Rekening Mandiri Cukup

Kedua, memastikan jika saldo didalam rekening Mandiri Anda cukup untuk melakukan proses pembayaran uang seleksi Mandiri UNY. Jadi sebelum lakukan proses bayar, pastikan dahulu untuk cek saldo rekening Mandiri.

3. Memiliki Akses Login Layanan (Livin Mandiri)

Ketiga, jika Anda ingin bayar SM UNY lewat layanan Mobile Banking Mandiri (Livin Mandiri), maka harus memiliki akses login terlebih dahulu. Akses login bisa didapatkan setelah Anda registrasi dan aktivasi Livin Mandiri di kantor cabang.

4. Kode Pembayaran Seleksi Mandiri

Syarat terakhir dan wajib untuk lakukan bayar SM UNY adalah sudah mendapatkan kode bayar. Jika Anda telah mendapatkan kode bayar tersebut segera mungkin untuk lakukan pembayaran karena kuota terbatas, saat kuota habis maka Anda tidak dapat melakukan pembayaran.

Cara Bayar SM UNY Lewat Mandiri

Setelah berhasil lengkapi syarat ketentuan bayar seleksi mandiri / SM di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana proses ataupun langkah pembayarannya. Kami sudah rangkumkan tiga cara baik bayar di teller bank Mandiri, ATM atau Mobile Banking / Livin Mandiri.

1. Teller Bank

1. Teller Bank

Untuk cara pertama bayar SM UNY bisa dilakukan di teller bank Mandiri terdekat, Anda bisa lakukan pembayaran di kantor cabang bank Mandiri mana saja. Untuk langkahnya simak dibawah ini.

  • Siapkan semua syarat ketentuan seperti KTP, kartu ATM, buku tabungan, uang cash dan kode bayar SM UNY.
  • Setelah itu kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat dengan lokasi Anda saat ini.
  • Sesampainya di kantor, langsung saja ambil nomor antrean bagian teller dan tunggu sampai dipanggil.
  • Tiba giliran nomor antrean Anda, maka silakan temui teller dan sampaikan jika Anda ingin bayar seleksi mandiri (SM) Universitas Negeri Yogyakarta.
  • Dengan begitu, teller akan meminta syarat ketentuan tadi yang disampaikan.
  • Kemudian teller Mandiri akan memproses bayar SM UNY Anda, silakan tunggu sampai proses selesai.

Dengan begitu cara membayar SM UNY lewat teller Mandiri berhasil dan Anda akan diberikan bukti pembayaran. Silakan simpan bukti pembayaran tersebut.

2. ATM Mandiri

2. ATM Mandiri

Kemudian cara kedua bayar SM UNY yaitu lewat ATM Mandiri. Bahkan dengan cara bayar SM UNY ini, Anda nantinya tidak perlu antri panjang-panjang seperti saat membayar lewat teller di kantor bank Mandiri. Mengenai langkahnya bisa simak di bawah ini.

  • Silakan datangi gerai ATM Mandiri terdekat dengan lokasi Anda berada.
  • Setelah sampai, masukkan kartu ATM ke mesin ATM dan jangan terbalik.
  • Lanjut pilih bahasa, pilih saja bahasa Indonesia agar mudah dipahami.
  • Kemudian lanjut masukkan 6 digit PIN ATM, jangan sampai salah.
  • Lalu muncul tampilan halaman utama, pilih menu “Bayar”.
  • Layar akan menampilkan pilihan menu saja, disini klik menu “Pendidikan”.
  • Masukkan kode perusahaan/institusi Universitas Negeri Yogyakarta yaitu 10014. Bisa juga klik “Daftar Kode” dan cari “Universitas Negeri Yogyakarta”.
  • Setelah itu Anda diminta memasukkan nomor pendaftaran seleksi mandiri UNY dan klik “Benar”.
  • Muncul layar konfirmasi bayar SM UNY Anda, cek dan pastikan sesuai. Jika sudah klik “1” dan “Ya”.
  • Kemudian mesin akan memproses bayar SM UNY Anda dan otomatis mesin ATM keluarkan struk bukti pembayaran.
  • Silakan ambil dan simpan, karena didalam struk tersebut nantinya akan berisi PIN untuk login di web pengisian pendaftaran.

3. Mobile Banking (Livin Mandiri)

3. Mobile Banking Livin Mandiri

Cara ketiga bayar SM UNY yaitu melalui layanan m Banking Mandiri yang bernama Livin Mandiri. Dengan bayar SM UNY lewat Livin Mandiri, nantinya Anda bisa melakukan tanpa harus datang ke kantor ataupun gerai ATM Mandiri terdekat. Mengenai caranya seperti berikut:

  • Pertama silakan buka aplikasi Livin Mandiri dan lanjutkan dengan login.
  • Pada halaman awal, silakan pilih saja menu “Bayar”.
  • Kemudian lihat semua dan cari menu “Pendidikan”.
  • Lanjut pilih penyedia jasa yaitu “Universitas Negeri Yogyakarta.
  • Kemudian masukkan kode bayar SM UNY, setelah itu klik “Lanjutkan”.
  • Lalu Anda akan diarahkan ke layar yang menunjukan informasi pembayaran, klik saja “Lanjutkan”.
  • Kemudian muncul layar konfirmasi pembayaran, cek apakah sudah sesuai. Jika sudah klik “Lanjut Bayar”.
  • Setelah itu masukkan 6 digit PIN transaksi Livin Mandiri untuk selesaikan transaksi.
  • Dengan begitu, maka proses bayar seleksi mandiri UNY lewat Livin Mandiri berhasil.
  • Anda akan diberikan bukti pembayaran, disini ada keterangan nama, keterangan, nomor daftar dan PIN yang digunakan untuk login web pendaftaran.

Kesimpulan

Seperti itu saja kiranya pembahasan terkait cara bayar seleksi mandiri (SM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lewat bank Mandiri baik itu teller, ATM atau Mobile Banking (Livin Mandiri). Dengan adanya cara bayar SM UNY yang inspired2write.com sampaikan di atas semoga bisa bermanfaat.

Sumber Gambar : tirto.id, annualreport.id, infobanknews.com, tekno.sindonews.com

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.