Categories: Budidaya

25 Macam Macam Bunga Keladi Hias Lengkap Dengan Harga

Macam Macam Bunga Keladi – Keladi (Caladium) merupakan tumbuhan dari genus suku talas-talasan, Araceae. Ciri utama dari tanaman ini yaitu memiliki bentuk daun menyerupai hati atau jantung.

Daunnya biasanya licin, karena mengandung lapisan lilin. Daun pada tanaman keladi memiliki jernih warna dan corak unik. Bunga keladi termasuk tanaman hias yang cukup populer di Indonesia.

Tanaman hias asal Brazil ini memiliki tampilan indah nan cantik, sehingga sangat cocok untuk dekorasi interior dan hiasan di pekarangan rumah. Tak hanya warna dan corak, namun namanya juga unik.

Karena keunikannya, membuat bunga keladi semakin tren sebagai tanaman hias. Lantas apa saja macam macam bunga keladi hias tersebut? Adapun macam macam bunga keladi yaitu sebagai berikut.

Macam Macam Bunga Keladi Hias Lengkap Dengan Harga & Gambarnya

Advertisements

Keunikan dan keindahan bunga keladi memang sangat menarik, sehingga sangat cocok digunakan sebagai hiasan karena tampilannya sangat eksotis. Banyaknya macam macam bunga keladi, jadi Anda tidak akan kebingungan memilih bunga keladi yang cocok untuk hiasan.

1. Bunga Keladi Gingerland

Advertisements

Harga : Rp. 40.000 – Rp. 125.500

Caladium Girgerland merupakan salah satu macam tanaman keladi paling indah. Jenis ini memiliki daun berbentuk hati dengan ukuran kecil hingga sedang.

Warna daunnya putih lembut dengan pinggiran hijau tua serta memiliki corak bintik berwarna merah. Bunga ini sangat cocok sebagai dekorasi interior.

2. Bunga Keladi White Queen

Advertisements

Harga : Rp. 150.000 – Rp. 500.000

Jenis bunga keladi selanjutnya yaitu White Queen. Ciri khas dari bunga keladi ini yaitu memiliki daun berwana putih dengan warna hijau di tepi daun.

Warna putih daun dihiasi urat halus berwarna hijau dan tulang daun berwarna merah pekat sebagai akses yang kontras dengan daunnya.

3. Bunga Keladi Freckles

Advertisements

Harga : Rp. 250.000

Caladium Freckles memiliki bentuk daun menyerupai hati. Daunnya terdiri dari beberapa macam warna yang membuatnya makin eksotik dan indah.

Didominasi warna hijau dengan corak warna merah jambu di bagian batang daun dan corak warna putih yang menambah aksen keindahan dari tanaman keladi jenis ini.

4. Bunga Keladi Thai Beauty

Advertisements

Harga : Rp. 50.000 – Rp. 150.000

Thai Beauty atau Keladi Wayang atau Keladi Batik merupakan salah satu tanaman hias paling digandrungi. Memang ada berbagai macam sebutan dari Thai Beauty.

Namun, ciri khas dari Caladium Thai Beauty ini yaitu memiliki daun berbentuk hati, dengan aksen warna yang didominasi warna merah muda dan hijau dipinggiran daun.

5. Bunga Keladi Candidum

Advertisements

Harga : Rp. 150.000

Caladium Candidum terdiri dari beberapa macam yaitu putih dan hijau. Warnanya didominasi oleh warna putih salju dengan tulah daun berwarna hijau pekat.

Perpaduan dua warna tersebut, membuat Caladium Candidum terlihat elegan dan menawan, sehingga sangat cocok untuk hiasan di rumah.

6. Bunga Keladi Spring Fling

Advertisements

Harga : Rp. 1.200.000

Caladium Spring Fling menjadi salah satu macam tanaman keladi termahal di Indonesia. Meskipun demikian, namun bunga keladi ini sangat indah nan menawan.

Didominasi warna merah muda berpadu dengan corak hijau di bagian tulang dan pinggiran daun. Membuatnya semakin cocok sebagai dekorasi interior.

7. Bunga Keladi Carolyn Whorton

Advertisements

Harga : Rp. 100.000

Macam macam bunga keladi memang sangat banyak dan cantik, termasuk Caladium Corolyn Whorton. Jenis ini sangat digandrungi karena memiliki warna indah nan menawan.

Memiliki bentuk daun menyerupai hati berwarna pink dipadukan dengan warna hijau di bagian tepi daun lengkap dengan tulang daun berwarna merah cerah uang membuatnya masin mempesona.

8. Bunga Keladi Moonlight

Advertisements

Harga : Rp. 200.000 – Rp. 350.000

Berbeda dengan jenis lainnya, dimana didominasi dari berbagai macam warna, namun Caladium Moonlight didominasi warna putih bersih seperti cahaya rembulan.

Dominasi warna putih daunnya dipercantik lagi dengan aksen urat-urat halus berwarna hijau muda sekaligus ditepi daunnya.

9. Bunga Keladi White Christmas

Advertisements

Harga : Rp. 95.000

Bunga keladi lainnya yaitu White Christmas. Jenis ini memiliki daun yang didominasi dengan warna putih seperti Caladium Moonlight.

Namun bedanya jenis ini memiliki tulang dan tepi daun berwarna hijau pekat, sehingga tampil kontras lebih kuat dibandingkan warna putih pada daun.

10. Bunga Keladi Miss Muffet

Advertisements

Harga : Rp. 175.000 – Rp. 300.000

Ingin menghias pekarangan rumah dengan berbagai macam bunga keladi, mungkin jenis Caladium Muss Muffet ini sangat cocok.

Memiliki ciri khas daunya relatif kecil berwarna lime (hijau muda) serta dipercantik lagi dengan corak bintik berwarna merah cerah dan pada bagian batang daunnya.

11. Bunga Keladi Freida Hemple

Advertisements

Harga : Rp. 30.000 – Rp. 50.000

Mempunyai warna merah cerah dibagian tengah daun dan dikelilingi oleh warna hijau di bagian tepi itulah ciri khas dari Freida Hemple.

Kombinasi warna merah dan hijau menimbulkan gradasi warna orange kecoklat-coklatan di antara warna merah dan hijau membuat Freida Hempel semakin indah.

12. Bunga Keladi Radiance

Advertisements

Harga : Rp. 60.000

Hampir mirip dengan White Queen, dimana memiliki tulang daun berwarna merah pekat, namun bedanya ada dibagian daunnya itu sendiri.

Caladium Radiance memiliki daun berwarna putih dengan bercak merah muda dan dikelilingi warna hijau di bagian tepi daunnya.

13. Bunga Keladi Semangka

Advertisements

Harga : Rp. 50.000

Dilihat dari namanya memang terdengan cukup unik, namun nyatanya bunga keladi semangka memang mirip dengan semangka pada corak daunnya.

Dimana daunnya memiliki corak hijau dibagian tulang daun serta warna putih keabu-abuan dibagian daun membentuk corak memanjang seperti buah semangka.

14. Bunga Keladi Bicolor

Advertisements

Harga : Rp. 30.000 – Rp. 70.000

Dikenal juga dengan keladi merah, bentuk daunnya menyerupai hati dan warnanya cerah. Sesuai namanya, jenis bunga keladi ini memiliki dua warna yakni merah dan hijau.

Tulang daunnya berwarna merah, sementara warna hijau mendominasi semua bagian daun keladi.

15. Bunga Keladi Blackjack

Advertisements

Harga : Rp. 200.000 – Rp. 500.000

Macam macam bunga keladi lainnya yang memiliki sebutan unik yaitu Balckjack. Dinamai Blackjack bukan tanpa alasan, melainkan karena keladi ini memang unik.

Jenis tanaman keladi ini bisa tumbuh hingga 2 meter serta memiliki warna hijau gelap hingga hitam. Biasanya tulang daunnya tidak memiliki warna, namun beberapa memiliki warna merah tipis.

16. Bunga Keladi Tengkorak

Advertisements

Harga : Rp. 80.000

Meskipun namanya terdengar menyeramkan, namun nyatanya jenis keladi ini cukup unik. Disebut terngkorak, karena jenis tanaman keladi ini memiliki tulang daun menyerupai rusuk manusia.

Memiliki bentuk daun yang unik berwarna hijau tua dan tulang daunnya yang tegas dan tebal dibandingkan macam macam tanaman keladi lainnya.

17. Bunga Keladi Polka Green

Advertisements

Harga : Rp. 45.000

Keladi polka green merupakan jenis tanaman hias unik. Memiliki daun dengan kombinasi dua macam warna yakni merah dan putih.

Didominasi oleh daun berwarna hijau, dengan aksen bercak merah putih seperti terkenan percikan cat. Tanaman ini sebenarnya tanaman liar, namun sangat cocok untuk menghiasi pekarangan rumah.

18. Bunga Keladi Army Look

Advertisements

Harga : Rp. 30.000 – Rp. 75.000

Keladi Army Look merupakan jenis bunga keladi paling unik. Pasalnya keladi ini memiliki daun berwarna merah serta hijau.

Biasanya setengah daun akan berwana merah dan setengahnya lagi berwarna hijau. Daunnya dipercantik lagi dengan adanya bintik putih dibagian daun berwarna hijau.

19. Bunga Keladi Hitam

Advertisements

Harga : Rp. 50.000 – Rp. 80.000

Keladi hitam memiliki ciri khas daun dan batangnya berwarna hitam. Berbeda dengan Blackjack, dimana keladi hitam ini memiliki warna lebih gelap.

Keladi ini didominasi dengan warna hitam polos. Dibagian tulang daunnya juga memiliki warna yang sama dengan daunnya.

20. Bunga Keladi Amazon

Advertisements

Harga : Rp. 55.000

Macam macam bunga keladi berikutnya adalah Caladium Amazon. Memiliki tampilan mirip seperti keladi tengkorak, sehingga sangat digandrungi.

Daunnya berwarna hijau tua hingga hitam dengan akses tulang daunnya yang tebal. Ukuran tanaman ini juga relatif kecil, sehingga cocok untuk dekorasi interior.

21. Bunga Keladi Minyak

Advertisements

Harga : Rp. 100.000 – Rp. 750.000

Dinamakan sebagai keladi minyak, karena keladi hias ini memiliki daun yang mengkilap seperti minyak. Daunnya bermotif bercak-bercak yang estetis.

Keladi ini akan terlihat sangat cantik, jika ditanam di pekarangan rumah, taman maupun sebagai tanaman hias didalam pot.

22. Bunga Keladi Red Kujang

Advertisements

Harga : Rp. 3.000.000

Menjadi jenis tanaman keladi termahal di Indonesia, Red Kujang memiliki bentuk daun seperti senjata tradisional dari Jawa Barat.

Daunnya mempunyai jernih warna dan corak tak biasa, dimana didominasi merak cerah dengan corak merah tua (maroon) dibagian tulang daunnya.

23. Bunga Keladi Thailand

Advertisements

Harga : Rp. 1.000.000

Macam macam tanaman keladi termahal di Indonesia memang cukup banyak, salah satunya yaitu Caladium Thailand ini.

Jenis tanaman keladi ini memiliki tampilan memukau, karena memiliki daun berwarna merah cerah dengan bercak berwana putih.

24. Bunga Keladi Hibrida

Advertisements

Harga : Rp. 4.300.000

Jika Anda mencari jenis tanaman keladi termahal di Indonesia, maka Keladi Hibrida jawabannya. Dimana tanaman ini sangat langka sehingga harganya sangat mahal.

Memiliki bentuk daun memanjang berwarna hijau muda. Keladi Hibrida sangat cocok ditanam di dalam pot karena memiliki ukuran relatif kecil.

25. Bunga Keladi Corong

Advertisements

Harga : Rp. 55.000

Macam macam bunga keladi terakhir yaitu keladi corong. Tanaman ini sebenarnya tanaman liar, pasalnya sering ditemukan tumbuh di tepi rawa.

Daunnya didominasi hijau dengan corak bintik putih. Tingginya bisa mencapai 1,5 meter dengan tangkai daun berwarna cokelat kehitaman.

Cara Merawat Bunga Keladi

Tak bisa dipungkiri memang banyak macam macam bunga keladi yang cocok untuk hiasan rumah. Meskipun demikian, namun apapun macam bunga keladi Anda, cara merawatnya hampir sama.

Bagaimanapun, jika ingin mempertahankan keindahan dan kesegaran bunga keladi, perawatan harus dilakukan secara rutin. Adapun caranya merawat bunga keladi yaitu sebagai berikut.

1. Siram Tanaman Secara Rutin

Advertisements

Siramlah tanaman keladi sesuai kondisi iklim. Apabila sedang musim kemarau, pastikan untuk menyiram tanaman sehari sekali. Jika sedang musim penghujan, siramlah dua hari sekali.

Terlalu banyak air maka akan membuat tanaman mengalami kebusukan, terlalu sedikit, maka akan membuat tanaman menjadi layu.

2. Media Tanam Harus Steril

Advertisements

Untuk menanam bunga keladi, penggunaan media tanam paling cocok yaitu irisan daun bambu, sekam serta sekam bakar.

Sebelum menggunakan media tanam tersebut, silahkan sterilkan terlebih dahulu dengan cara dikukus untuk membunuh bakteri. Setelah itu, tingga masukkan media tanam kedalam pot dengan perbandingan 1:1:1.

3. Jaga Keperluan Sinar Matahari

Advertisements

Kebutuhan sinar matahari juga sangat penting. Namun, pemberian sinar matahari juga harus disesuaikan dengan jenis keladi Anda.

Bila, Anda memiliki genus caladium, maka perlu sinar matahari cukup, pasalnya tanaman ini tergolong jenis butuh sinar matahari yang cukup.

4. Pemberian Nutrisi dari Pupuk

Advertisements

Selain media tanam, pupuk juga sangat diperlukan. Pupuk adalah nutrisi penting bagi kesehatan tanaman. Berilah pupuk saat usia bunga keladi memasuki 5 minggu.

Disarankan untuk menggunakan pupuk organik seperti pelet udang, pupuk kompos, pupuk gandasil D, pupuk dekastar, pupuk vitamin B1 dan pupuk growmore, karena pupuk ini sangat cocok untuk tanaman keladi.

5. Hindarkan Tanaman dari Hama

Advertisements

Pastikan tanaman keladi Anda terbebas dari hama, seperti hama ulat bulu dan belalang. Pasalnya kedua binatang ini akan menggerogoti tanaman keladi Anda.

Apabila hama ini muncul, gunakan pestisida seminggu sekali untuk mengusir hama tersebut yang dapat merusak keindahan bunga keladi.

Itulah macam macam bunga keladi hias lengkap dengan harga yang dapat inspired2write.com sajikan. Menanam atau merawat bunga keladi memang tak segambang MENANAM PAKCOY, perlu perawatan yang baik dan benar agar tanaman keladi tetap sehat dan segar. Sekian informasi yang dapat inspired2write sajikan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar