Categories: Pendidikan

9 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

Ciri Ciri Zaman Paleozoikum – Secara Bahasa, Paleozoikum berasal dari Bahasa Yunani, kata “palaios” artinya tua, sedangkan “zoe” berarti hidup. Kesimpulannya Paleozoikum berarti “Kehidupan Purba”. Secara umum, zaman Paleozoikum adalah tingkat perubahan iklim, geologi, evolusi secara signifikan yang berlangsung sekitar 542 hingga 251 juta tahun yang lalu.

Zaman Paleozoikum muncul pada saat dimulainya perpisahan induk benua atau biasa disebut dengan “Pangea” serta perkembangan keanekaragaman tumbuhan dan dominasi hewan vertebrata atau bertulang belakang. Zaman Paleozoikum merupakan zaman paling tua dan menjadi era pertama Eon Fanerozoikum.

Zaman Paleozoikum terbagi menjadi 6 periode seperti Periode Kambrium, Periode Ordovisium, Periode Silur, Periode Devonian, Periode Karbon dan Periode Permian. Di zaman ini merupakan munculnya evolusi perkembangan Arthropoda, Molusca, Ikan, Amfibi, Sinapsida dan evolusi lainnya di Zaman Paleozoikum.

Dari sini kita sudah dapat melihat ciri ciri dari Zaman Paleozoikum. Zaman Paleozoikum memiliki ciri ciri yang berbeda dengan ciri ciri zaman Mesozoikum. Lantas apa saja ciri ciri dari zaman tertua satu ini ? Berikut ini kami telah merangkum informasi tentang Zaman Paleozoikum, yang akan kami sajikan secara jelas di bawah ini.

Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

Advertisements

Periodesasi Geologis Zaman Paleozoikum

1. Periode Kambrium

Periode Kambrium merupakan periode paling awal pada Zaman Paleozoikum kira-kira terjadi pada 541 hingga 485 juta tahun yang lalu. Kemunculan periode ini ditandai dengan kemunculan Arthropoda berlapis baja

2. Periode Ordovisium

Periode Ordovisium merupakan periode dimana banyak dijumpai makhluk primitif. Periode ini terjadi pada 485-443 juta tahun yang lalu. Pada periode ini juga terjadinya kepunahan masal, dimana sekitar 60% invertebrata laut punah akibat penurunan permukaan laut.

3. Periode Silur

Periode silur menjadi periode perkembangan setelah kepunahan masal. Perkembangan berupa evolusi ikan tanpa rahang serta munculnya ikan air tawar pertama. Selain itu, di periode ini juga muncul “Cooksonia” yang menjadi cikal bakal tanaman di zaman sekarang. Pada periode ini juga terdapat 4 benua, antara lain Laurentia (Amerika Utara), Baltica (Eropa Utara), Gondwana (Afrika, Amerika Selatan, Australia, Antartika, Siberia), dan Avalonia (Eropa Barat).

4. Periode Devonian

Terjadi sekitar 416-359 juta tahun lalu, menjadi periode puncak perkembangan ikan. Pada periode ini ditandai dengan munculnya ikan lapis baja (Dunkleosteus) dan ikan bersirip lobus yang berevolusi menjadi arthropoda pertama dan tanaman sudah memiliki lignin yang berguna untuk tumbuh lebih tinggi dan mempunyai jaringan lainnya. Pada periode ini juga terjadi kepunahan dimana sekitar 70% spesies punah.

5. Periode Karbon

Terjadi sekitar 359-299 juta tahun lalu. Pada saat periode ini banyak ditemukan rawa-rawa tropis dan tumbuhan yang memiliki lignin sudah tersebar luas. Di sebut periode karbon karena berasal dari bakteri atau jamur yang memakan lignin tumbuhan setelah mati terkubur sehingga menciptakan karbon yang menjadi batubara.

6. Periode Permian

Terjadi sekitar 299-252 juta tahun yang lalu dan menjadikan periode ini menjadi periode akhir zaman Peleozoikum. Pada periode ini terjadi kepunahan masal yang sangat besar karena disebabkan oleh bencana yang melanda seluruh penjuru bumi. Pada saat periode Permian terjadi pembentukan induk benua atau Pangea dan dikelilingi oleh satu samudera yang biasa disebut dengan istilah Panhalassa.

Ciri Ciri Zaman Paleozoikum

Advertisements
  1. Terjadi Pembentukan Induk Benua atau Pangea.
  2. Menjadi Kemunculan Hewan Vertebrata Pertama.
  3. Spesies Hewan Yang Paling Mendominasi Yaitu Artropoda.
  4. Tumbuhan Sudah Memiliki Jaringan Lignin.
  5. Kondisi Iklim Masih Belum Stabil.
  6. Aktivitas Tektonik Akibat Pergeseran Benua Masih Sangat Tinggi.
  7. Munculnya Ikan Tanpa Rahang Pertama.
  8. Sering Terjadi Kepunahan Masal.
  9. Munculnya Cooksonia Sebagai Cikal Bakal Tanaman Di Zaman Sekarang.

Itulah ciri ciri dari zaman Paleozoikum yang dapat kami sajikan. Dilihat dari ciri ciri di atas ciri ciri yang paling menonjol yang menggambarkan tentang zaman ini yaitu munculnya hewan vertebrata atau bertulang belakang. Pada zaman Paleozoikum menjadi zaman dengan kepunahan terbesar sepanjang sejarah.

9 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

Tinggalkan komentar