Ciri Ciri Zaman Mesozoikum : Era Trias, Era Jurasik dan Era Kapur

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum – Kami yakin diantara kalian semua sudah banyak tahu akan cerita pada zaman Mesozoikum, dimana pada zaman itu terdapat tiga era yakni Trias, Jurasik dan kapur. Bahkan banyak yang menyebutkan jika zaman Mesozoikum menjadi akhir dari kekuasaan dari dinosaurus, dimana terjadi kepunahan hampir 95%.

Jika diceritakan di zaman sekarang banyak orang beranggapan semua itu hanyalah omong kosong, namun sejatinya terdapat kebenarannya. Dimana banyak ilmuan menemukan sejumlah fosil dari hewan berukuran besar yakni dinosaurus yang hidup pada zaman Mesozoikum yang terjadi sekitar 252 sampai 65 juta tahun lalu.

Jika bercerita akan zaman Mesozoikum telah terdapat tiga era dimana era Trias merupakan terjadinya kepunahan, lalu Jurasik yang mana memiliki iklmim sangat lembab. Kemudian untuk era ketiga Kapur dan era ini merupakan penurunan dari kepunahan dan kembalinya mahluk hidup.

Bukan tidak mungkin jika pada zaman Mesozoikum menjadi zaman kepunahan dari binatang besar atau lebih dikenal dengan nama dinosurus. Adapun beberapa ciri-ciri zaman Mesozoikum yang harus kalian ketahui, untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya maka simak informasi berikut ini.

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

Advertisements

Era Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum Trias

Sekitar 245-208 juta tahun lalu, Era periode Trias menjadi awal dari zaman Mesozoikum dan awal dari kehidupan hewan berukuran besar atau dinosaurus. Meskipun sekarang ini sudah termakan waktu, namun kalian bisa melihat beberapa peninggalan dari zaman tersebut seperti pohon cemara, batu bara yang sampai saat ini masih ada.

Zaman Mesozoikum Jurasik

245-208 juta tahun lalu pada era Juarasik menjadi eranya dari jutaan hewam buas dan beberapa hewan berukuran besar menjadi sang penguasa. Adapun beberapa hewan yang hidup pada era tersebut seperti Allosaurus, Plesiosaurus, Stegosaurus dan banyak lagi lainnya.

Zaman Mesozoikum Kapur

145-65 juta tahun lalu era ketiga atau yang terakhir yakni era Kapur, dimana pada era ini merupakan titik awal dari kepunahan beberapa hewan berukuran besar serta beberapa tumbuhan. Era Kapur menjadi era kepunahan bagi beberapa kehidupan, hal tersebut dikarenakan terjadinya gunung merapi meletus dan tabrakan meteroit besar kebumi.

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum

1. Berlangsung sekitar 252 sampai 85 juta tahun

2. Perkembangan reptil mencapai puncaknya

3. Puncak evolusi dinosaurus

4. Terdapat aktivitas tektonik, iklim, dan evolusi

5. Banyak terjadinya aktivitas vulkanik dan tektonik

6. Benua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain

7. Pemisahan Pangaea/induk benua

8. Iklim bumi mulai hangat

9. Terjadi kenaikan air laut

10. Merupakan dasar dari kehidupan modern

11. Zaman dimana dinosaurus punah

12. Tumbuhan darat didominasi oleh Konifer (gymnospermae)

Seperti dari ciri-ciri dari zaman Mesozoikum, dimana menjadi awal atau dasar dari kehadiran zaman modern seperti waktu sekarang ini. Sampai sekarangpun kita bisa menikmati beberapa peninggalan zaman Mesozoikum berupa fosil maupun tumbuhan yang sampai saat ini masih tumbuh besar. Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua, semgao informasi tersebut dapat menambah ilmu pengetahuan akan sejarah dunia.

Tinggalkan komentar