Categories: Pendidikan

9 Ciri Ciri Fiksi : Definisi dan Jenis Terlengkap

Ciri Ciri Fiksi – Setelah membahas sejarah mengenai ciri ciri zaman mesozoikum. maka di kesempatan kali ini inspired2write.com mencoba menambah wawasan ke ilmu bahasa Indonesia yang berkaitan dengan fiksi.

Pastinya ada semuanya pernah mendengar kata fiksi. Sebenarnya fiksi itu apa sih ? nah untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya anda simak ulasan berikut ini. Fiksi dalam bahasa inggris atau Fiction yang berarti khayalan.

Dengan kata lain fiksi adalah sebuah prosa naratif yang bersifat imajinasi atau khayalan yang dibuat oleh pengarang. Berbicara mengenai fiksi, hal yang akan inspired2write.com bahas kali ini yaitu ciri ciri fiksi.

Ciri ciri fiksi sendiri sangat beragam. Salah satu ciri yang paling utama yakni bersifat khayalan atau imajinasi. Selain itu fiksi juga memiliki beberapa jenis. Penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

Definisi, Jenis dan Ciri Ciri Fiksi Terlengkap

Advertisements

Sebagai pengenalan mengenai fiksi, pertama anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu fiksi. Definisi fiksi sendiri sangatlah beragam, dimana ada beberapa ahli karya sastra yang ikut menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian fiksi. Untuk lebih jelasnya berikut informasinya.

Definisi Fiksi

Advertisements

Pengertian Fiksi Menurut KBI

Fiksi adalah sebuah karya sastra. Menurut kamus besar Indonesia (KBI) fiksi yaitu cerita rekaan, khayalan, imajinasi, tidak berdasarkan kenyataan serta pernyataan yang muncul hanya khayalan atau pikiran. Dengan kata lain, fiksi adalah sebuah prosa naratif bersifat imajinasi atau karangan non ilmiah dari pengarang dan bukan berdasarkan kenyataan atau fakta.

Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli

  • Rocky Gerung berpendapat bahwa Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos bersifat fiksi. fiksi yakni fiction dan itu berbeda dengan fiktif. dalam agama fiksi berarti keyakinan, sedangkan dalam literatur fiksi yaitu energi untuk berimajinasi.
  • Nurgiantoro menyatakan bahwa Fiksi adalah prosa naratif yang bersifat imajinasi akan tetapi tetap rasional dan mengadung khayalan  yang ada hubungan antar makhluk hidup.
  • Semi berpendapat bahwa Fiksi adalah jenis narasi literer berupa rekaan atau khayalan.
  • Krismarsanti menyatakan bahwa Fiksi merupakan sebuah karangan yang berisi kisah atau cerita berdasarkan khayalan atau imajinasi penulis.

Ciri Ciri Fiksi

Advertisements
  1. Bersifat Khayalan Atau Imajinasi Oleh Pengarang
  2. Memiliki Kebenaran Yang Relatif
  3. Bahasa Yang Digunakan Bersifat Konotatif
  4. Sistematika Yang Dimilikinya Tidak Baku
  5. Sasaran Fiksi Mengacu Pada Emosi Atau Perasaan Pembaca
  6. Biasanya Memiliki Amanat Atau Pesan Moral Tertentu
  7. Terdapat Bagian Lakon
  8. Berisi Kejadian Yang Dilakonkan
  9. Kumpulan Kejadian Terangkai Dengan Berurutan

Jenis dan Contoh Fiksi

Advertisements

1. Cerpen

Cerita suatu kejadian dalam hidup manusia secara sekilas tanpa ada penyelesaian di akhir cerita. contoh cerpen : Cinta Tak Kunjung Tiba, Oh Mama Oh Papa Dan Cinta Laki Laki

2. Dongeng

Bentuk cerita bersifat khayalan dan ajaib yang berasa dari mulut ke mulut yang biasanya diceritakan dari generasi ke generasi. contoh dongeng : Si Kancil Pencuri Timun

3. Novel

Suatu karangan fiksi yang berisi cerita seorang tokoh dengan pro dan kontra dalam setiap alur ceritanya. Novel umumnya memiliki jumlah kata sekitar 50.000. Contoh Novel : Siti Nurbaya, Ketika Cinta Bertasbih dan Koala Kumal.

4. Roman

Suatu cerita yang berisi kisah percintaan. contohnya : Gadis Empat Zaman Dan Katak Hendak Jadi Lembu.

Itulah definisi, jenis dan ciri ciri fiksi yang dapat inspired2write.com sampaikan. Dengan adanya artikel ini kami mengharapkan agar wawasan ada seputar fiksi bertambah. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

9 Ciri Ciri Fiksi : Definisi dan Jenis Terlengkap

Tinggalkan komentar