Categories: Perbankan

30 Cara Transfer BNI ke BCA 2021 : Kode Bank, Biaya & Limit

Cara Transfer BNI ke BCA – Transfer antar bank menjadi hal umum yang biasa dilakukan. Transfer biasanya dilakukan melalui ATM, Teller dan lewat HP melalui layanan e-Banking.

Hampir setiap bank di Indonesia, memberikan kemudahkan kepada nasabahnya yang ingin melakukan transfer ke bank lain. Salah satu bank tersebut yaitu BNI.

BNI memberikan kemudahan transaksi antar bank seperti transfer ke BCA, agar nasabah bisa melakukan transaksi transfer ke berbeda bank dengan cepat dan lebih aman.

Meskipun berbeda bank, namun BNI telah terhubung dengan BCA, sehingga transfer akan tetap berhasil. Adapun cara transfer BNI ke BCA, simak selengkapnya di bawah ini.

Kode Bank BCA

Advertisements

Nah, untuk melakukan transfer ke berbeda bank, memerlukan kode bank atau kode transfer agar transfer berhasil, termasuk transfer BNI ke BCA. Mengapa transfer BNI ke BCA membutuhkan kode bank?

Kode transfer berguna untuk memudahkan melakukan transaksi antara penjual dan pembeli secara online dengan melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking ataupun Mobile Banking.

Nantinya, kode ini akan digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank, agar pihak bank mengetahui hak dan kewajibannya saat terjadinya transaksi transfer.

Kode ini biasanya berupa 3 digit angka, dimana setiap bank memiliki kode berbeda-beda. Fungsi dari kode ini yaitu sebagai identifikasi bank terkait dengan tujuan untuk memudahkan transaksi serta komunikasi antar sesama bank.

Sesuai judul di atas, karena kita akan melakukan transfer dari BNI ke BCA, maka kita memerlukan kode transfer yang akan dituju yaitu BCA. Ketika melakukan transfer antar bank diharuskan memasukan kode bank tujuan.

Jadi, berapa kode bank BCA? Nah, untuk kode bank BCA sendiri yaitu 014. Jadi, agar transfer BNI ke BCA sukses, maka Anda harus memasukan kode transfer BCA yaitu 014.

Biaya Transfer BNI ke BCA

Advertisements

Selain memerlukan kode transfer, transfer BNI ke BCA juga memerlukan biaya. Biaya transfer BNI ke BCA yaitu sebesar Rp. 6.500 per transaksi. Biaya tersebut berlaku untuk melakukan transfer lewat ATM, Teller BNI, Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking BNI.

Limit Transfer BNI ke BCA

Advertisements

Selain dikenai biaya, transfer antar bank juga dikenai limit. Dimana transfer dalam sehari memiliki batasan tertentu. Batas limit yang ditentukan disesuaikan berdasarkan jenis kartu ATM Anda. Setiap jenis kartu memiliki limit berbeda-beda. Untuk batas maksimal limit transfer BNI ke BCA dalam sehari, silahkan simak tabel di bawah ini.

Jenis KartuLimit (per hari)
BNI SilverMaksimal Rp. 5.000.000 per hari
BNI GoldMaksimal Rp. 15.000.000 per hari
BNI PlatinumMaksimal Rp. 25.000.000 per hari
Setelah mengetahui kode bank, biaya dan limit transfer dari BNI ke BCA, selanjutnya tinggal cara melakukankan transfer BNI ke BCA. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, dimana cara transfer bisa dilakukan melalui ATM, Teller, Internet, Mobile dan SMS Banking. Adapun cara transfernya yaitu sebagai berikut.
Advertisements

Cara Transfer BNI ke BCA Lewat ATM

Cara pertama dan paling umum dilakukan oleh nasabah BNI yaitu transfer lewat ATM. Cara transfer BNI ke BCA dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas mesin ATM yang disediakan oleh BNI.

Cara transfernya sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu ke ATM saja. Adapun untuk lebih jelasnya, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masukkan Kartu ATM

Advertisements

Langkah pertama, masukkan kartu ATM ke mesin ATM BNI dengan posisi yang benar, jangan sampai terbalik agar transaksi berhasil.

2. Pilih Bahasa

Advertisements

Kemudian, akan tampil 2 pilihan bahasa yaitu bahasa “Indonesia” dan “English“. Agar mudah dipahami, pililah bahasa “Indonesia“.

3. Masukkan PIN ATM

Advertisements

Selanjutnya, silahkan masukkan 6 digit PIN ATM BNI Anda. Pastikan untuk memasukan PIN dengan benar, karena jika sampai salah memasukan PIN ATM sebanyak 3 kali, kartu ATM Anda akan terblokir.

4. Pilih Menu Lainnya

Advertisements

Setelah masuk ke menu utama ATM, akan tampil beberapa pilihan menu. Pilihlah “Menu Lainnya“.

5. Pilih Transfer

Advertisements

Untuk melakukan transfer, selanjutnya silahkan pilih menu “Transfer“.

6. Pilih Jenis Rekening Sumber Dana

Advertisements

Lalu, pilih jenis rekening sumber dana yang akan Anda gunakan untuk melakukan transfer. Tersedia 2 opsi yaitu “Dari Rekening Giro” dan “Dari Rekening Tabungan“. Silahkan Anda pilih “Dari Rekening Tabungan“.

7. Pilih Tujuan Transfer

Advertisements

Langkah berikutnya, karena akan melakukan transfer BNI ke BCA, maka silahkan pilih menu “ke Rekening Bank Lain“.

8. Masukkan Kode Bank + Nomor Rekening Tujuan

Advertisements

Lalu, masukkan kode BCA yakni 014 serta diikuti dengan nomor rekening tujuan. (contoh : 014300045627883974), bila telah memasukan kode bank dan nomor rekening tujuan, tekan jika benar.

9. Masukkan Nominal Transfer

Advertisements

Kemudian, masukkan nominal uang yang ingin Anda transfer. Pastikan saldo ATM mencukupi agar tidak terjadi kegagalan dalam melakukan transaksi.

10. Masukkan Nomor Referensi

Advertisements

Setelah itu, silahkan masukkan nomor referensi, jika punya. Jika tidak nomor referensi ini bisa dikosongkan. Langsung saja tekan jika benar.

11. Konfirmasi Transfer ATM

Advertisements

Berikutnya, silahkan konfirmasi transfer ATM Anda. Pastikan data dilayar semuanya sudah benar. Jika sudah, tekan jika ya.

12. Transaksi Berhasil Dilakukan

Advertisements

Transaksi berhasil, silahkan ambil struk ATM sebagai bukti bahwa transfer telah berhasil. Jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dari mesin ATM.

Cara Transfer BNI ke BCA Lewat Teller BNI

Advertisements

Untuk cara transfer selanjutnya yaitu melalui teller BNI. Cara ini biasa dilakukan, bagi nasabah yang masih kesulitan menggunakan kartu ATM. Jadi, bagi Anda yang masing bingung cara melakukan transfer menggunakan fasilitas ATM, maka bisa meminta bantuan teller untuk melakukan transfer antar bank dengan cara seperti di bawah ini.

Persyaratan

Sebelum melakukan transfer melalui teller BNI di kantor cabang, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan. Persyaratan tersebut meliputi :

  • Buku rekening tabungan BNI
  • Kartu ATM BNI
  • Kartu identitas : KTP/SIM
  • Uang tunai
  • Mengisi form transaksi

Cara Transfer Antar Bank di Teller BNI

Setelah semua syarat di atas telah siap, selanjutnya silahkan tinggal lakukan transfer dengan cara di di bawah ini.

  1. Pertama, kunjungi kantor cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan di atas.
  2. Kemudian, silahkan ambil nomor antrian serta tunggu hingga gilirannya di panggil.
  3. Setelah giliran Anda, silahkan sampikan bahwa anda ingin melakukan transfer kepada teller BNI.
  4. Nantinya, teller akan meminta anda untuk mengisi form terlebih dahulu.
  5. Silahkan isi form tersebut, dengan memasukan nama penerima, nomor rekening tujuan dan nominal hingga bank tujuan.
  6. Jika sudah, serahkan form transfer, berkas persyaratan dan uang tunai sesuai jumlah yang akan ditransfer.
  7. Setelah itu, maka teller akan mengirim uang ke rekening tujuan.
  8. Jika sudah, nantinya Anda akan diberi struk bukti bahwa transaksi berhasil.

Cara Transfer BNI ke BCA Lewat SMS Banking

Selain cara di atas, cara transfer BNI ke BCA juga bisa dilakukan lewat HP. Salah satunya yakni melalui SMS Banking BNI. Cara ini menjadi cara paling simpel dan praktis, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa pergi ke ATM atau Bank.

Namun, untuk melakukan transfer SMS Banking, pastikan Anda telah mendaftarkan nomor HP ke layanan SMS Banking BNI. Jika belum silahkan DAFTAR SMS BANKING BNI terlebih dahulu di ATM atau kantor cabang BNI. Adapun untuk melakukan transfer BNI ke BCA lewat HP, silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Format SMS Banking BNI

Advertisements

Cara pertama, Anda bisa melakukan transfer SMS Banking dengan mengirim format transfer SMS Banking BNI antar bank. Untuk melakukan transfer silahkan kirim format berikut ini.

TRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>Kode Bank+No Rek Tujuan<spasi>Nominal##

Contoh : TRANSFER ANTARBANK 014300045627883974 500000##

Lalu, kirim ke 3346

Nantinya Anda akan mendapat SMS balasan dari 3346 berisi konfirmasi bahwa transaksi berhasil. Nah, untuk informasi lebih jelasnya, silahkan cek artikel dari inspired2write tentang CARA TRANSFER SMS BANKING BNI.

Aplikasi BNI SMS Banking

Untuk cara kedua, Anda juga bisa menggunakan aplikasi BNI SMS Banking untuk melakukan transfer. Aplikasi ini bisa didownload melalui App Store atau Google Play. Adapun cara transfer BNI ke BCA menggunakan aplikasi BNI SMS Banking yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi BNI SMS Banking.
  2. Kemudian, pilih menu “Transfer“.
  3. Lalu, pilih “Tfr Antar Bank“.
  4. Selanjutnya, masukkan bank tujuan dengan BCA, nomor rekening tujuan, jumlah transfer. Jika sudah klik “Proses“.
  5. Nantinya, BNI akan mengirim pesan ke 3346, tekan “Kirim” untuk melanjutkan.
  6. Setelah itu, Anda akan menerima SMS balasan dari 3346 berupa permintaan untuk memasukan 2 digit PIN SMS Banking sesuai yang diminta.
  7. Jika sudah tekan “Kirim“, maka akan ada SMS kembali berisi pemberitahuan bahwa transfer telah berhasil.

Cara Transfer BNI ke BCA Lewat Mobile Banking

Cara lainnya, bisa menggunakan aplikasi Mobile Banking BNI. Adapun cara transfer BNI ke BCA lewat BNI Mobile Banking, silahkan ikuti cara di bawah ini.

1. Buka Aplikasi BNI Mobile Banking

Advertisements

Untuk langkah pertama, bukalah aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone.

2. Login BNI Mobile Banking

Advertisements

Kemudian, silahkan lakukan login dengan memasukan user ID dan MPIN BNI Mobile Banking.

3. Pilih Menu Transfer

Advertisements

Selanjutnya, pililah menu “Transfer“.

4. Pilih Antar Bank

Advertisements

Lalu, pilih menu “Antar Bank“.

5. Masukkan Informasi Tujuan Transfer

Advertisements

Setelah itu, silahkan tekan “Input Baru“. Lalu, masukan nama bank tujuan dengan BCA. Masukkan nomor rekening tujuan transfer dan nama singkat penerima. Masukkan jumlah nominal transfer. Jika sudah tekan “Lanjut“.

6. Masukkan Password Transaksi

Advertisements

Setelah itu, silahkan periksa kembali data transfer. Pastikan semuanya seudah benar. Jika sudah, silahkan masukkan password transaksi. Lalu, tekan “Lanjut“.

7. Transaksi Berhasil

Advertisements

Transaksi berhasil, akan muncul bukti transfer telah berhasil dilakukan dilayar smartphone.

Cara Transfer BNI ke BCA Lewat Internet Banking

Cara terakhir, Anda juga bisa melakukan transfer melalui Internet Banking BNI. Adapun caranya, langsung simak saja langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Masuk ke Internet Banking BNI

Advertisements

Pertama, silahkan kunjungi situs Internet Banking BNI di ibank.bni.co.id. Lalu, silahkan logi dengan memasukan User ID, Password dan karakter yang tertera. Jika sudah klik “Login“.

2. Pilih Menu Transaksi

Advertisements

Setelah berhasil masuk ke menu beranda Internet Banking BNI, silahkan pilih menu “Transaksi“.

3. Pilih Info & Administrasi Transfer

Advertisements

Setelah itu, silahkan masuk ke menu “Info & Administrasi Transfer” untuk mengatur tujuan transfer terlebih dahulu.

4. Atur Rekening Tujuan

Advertisements

Selanjutnya, pilih menu “Atur Tujuan Transfer“. Lalu, silahkan masukkan informasi seperti di bawah ini.

  • Nama Singkat
  • Kode Network : Transfer Online Antar Bank
  • Kode transfer : BCA 014
  • Nomor Rekening Tujuan
  • Nama penerima pemilik nomor rekening tujuan
  • Masukkan status residen : YA
  • Pilih kewarganegaraan : WNI
  • Pilih jenis mata uang : IDR
  • Jika sudah klik “Lanjutkan“.
  • Setelah itu, konfirmasi kembali nomor rekening tujuan.
  • Masukkan token BNI. Lalu klik “Proses“.
Advertisements

5. Pilih Transfer Online Antar Bank

Advertisements

Setelah menambahkan penerima, silahkan kembali ke menu “Transaksi“. Lalu, pilih menu “Transfer Online Antar Bank“.

6. Masukkan Data Transfer

Advertisements

Kemudian, silahkan masukkan data transfer, mulai dari rekening yang akan digunakan untuk mengirim uang. Pilih rekening tujuan yang sebelumnya telah Anda atur. Masukkan nominal transfer. Jika sudah klik “Lanjutkan“.

7. Konfirmasi Transaksi

Advertisements

Setelah itu akan muncul detai informasi data transfer. Pastikan semua data sudah benar dan sesuai. Jika sudah tinggal masukkan angka konfirmasi token BNI. Lalu, klik “Proses“.

8. Transaksi Telah Berhasil

Advertisements

Transaksi berhasil. Kemudia bukti transfer akan ditampilkan, silahkan download bukti transfer tersebut.

FAQ

Berapa Lama Transfer BNI ke BCA?

Langsung sampai, jika tidak ada kesalahan sistem.

Kenapa Transfer BNI ke BCA Gagal?

Mungkin saja Anda salah memasukan kode bank atau nomor rekening tujuan. Namun juga bisa karena kesalahan sistem atau saldo Anda tidak mencukupi.

Itulah beberapa cara transfer BNI ke BCA dari inspired2write.com. Dengan banyaknya cara di atas, maka Anda akan dengan mudah melakukan transfer. Namun, perlu diingat, perhatikan saat memasukan kode transfer dan nomor rekening tujuan, jangan sampai salah agar transaksi tidak gagal.

Tinggalkan komentar