Categories: Perbankan

10 Cara Bayar BPJS Kesehatan di Mandiri Online : Biaya & Jatuh Tempo

Cara Bayar BPJS Kesehatan di Mandiri Online – Sebagai peserta program BPJS Kesehatan tentu kalian wajib melunasi tagihan atau iuran setiap bulannya. Jumlah iuran pada masing-masing peserta juga berbeda-beda, sesuai dengan jenis kelas yang digunakan.

Berbicara mengenai tagihan BPJS Kesehatan, sekarang telah tersedia berbagai cara mudah untuk membayarkan tagihan tersebut, salah satunya adalah lewat Mandiri Online. Layanan ini bisa digunakan oleh kalian yang memiliki rekening Mandiri dan sudah melakukan aktivasi mBanking.

Dengan adanya fasilitas Mandiri Online, sekarang bayar premi BPJS Kesehatan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Cukup melalui smartphone maka transaksi tersebut akan sukses. Namun dengan catatan kalian memiliki saldo di rekening Mandiri.

Selain itu, untuk melunasi tagihan BPJS Kesehatan di Mandiri Online ada ketentuan mengenai biaya admin. Kemudian BPJS juga memiliki ketentuan terkait batas waktu pembayaran dan sanksi bagi peserta yang telat bayar. Penjelasan lengkap mengenai semua hal tersebut telah kami siapkan dibawah ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan di Mandiri Online

Advertisements

Waktu yang dibutuhkan: 4 menit.

Mandiri Online merupakan fasilitas Digital Perbankan yang disediakan oleh Bank Mandiri. Melalui fasilitas tersebut kalian bisa melakukan berbagai macam transaksi, termasuk bayar iuran BPJS Kesehatan dengan cara lebih praktis. Nah, bagi kalian nasabah Mandiri yang sudah memiliki akses ke Mandiri Online, silahkan ikuti tata cara berikut ini untuk bayar premi BPJS Kesehatan :

  1. Jalankan Aplikasi Mandiri Online

    Pertama-tama silahkan buka aplikasi Mandiri Online di smartphone.

  2. Login Mandiri Online

    Selanjutnya masukkan UserID dan Password Mobile Banking Mandiri lalu tap Login.

  3. Pilih Menu Bayar

    Pada tampilan berikutnya silahkan klik menu Bayar -> Buat Pembayaran Baru.

  4. Klik Asuransi

    Kemudian untuk jenis pembayarannya langsung saja pilih Asuransi.

  5. Pilih Penyedia Jasa

    Pada kolom Penyedia Jasa kalian pilih BPJS KESEHATAN KELUARGA.

  6. Masukkan Nomor BPJS

    Lalu masukkan No VA yaitu Kode Perusahaan + Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Contoh : 8988801234567890

  7. Tuliskan Nama Pembayaran

    Setelah itu buatlah nama pembayaran (bebas). Jika sudah, tap Konfirmasi -> Lanjut.

  8. Tentukan Jumlah Periode

    Kemudian tentukan periode premi BPJS Kesehatan yang akan dibayarkan.

  9. Konfirmasi Pembayaran

    Sekarang pada layar akan muncul tampilan Konfirmasi Pembayaran. Pastikan semua data telah sesuai. Kemudian klin Konfirmasi.

  10. Input MPIN Mandiri Online

    Selanjutnya masukkan MPIN Mandiri Online untuk menyelesaikan transaksi.

  11. Transaksi Sukses

    Sampai disini proses bayar BPJS Kesehatan di Mandiri Online telah berhasil. Silahkan unduh tampilan bukti pembayaran dengan cara menekan ikon Download di pojok kanan bawah.

Catatan : Nomor BPJS Kesehatan yang dimasukkan adalah 11 digit terakhir ( dua angka 0 dibagian depan tidak dimasukkan). Misal, nomor BPJS Kesehatan kalian adalah 0001234567890, maka no VA peserta adalah: 89888+01234567890

Biaya Transaksi Bayar BPJS Kesehatan Melalui Mobile Banking Mandiri

Advertisements

Kemudian seperti kami singgung diatas bahwa ada ketentuan seputar biaya admin untuk bayar BPJS melalui Mandiri Online. Jadi, setiap peserta yang melunasi iuran BPJS Kesehatan via Mandiri Online TIDAK DIKENAI BIAYA ADMIN DALAM BENTUK APAPUN

. Ketentuan serupa juga berlaku untuk BAYAR BPJS LEWAT BRIMO, BNI Mobile, BCA Mobile dan layanan mBanking dari Bank lainnya.

Batas Waktu Pembayaran BPJS Kesehatan Setiap Bulan

Advertisements

Kemudian BPJS juga menghimbau pada seluruh peserta agar selalu tepat waktu dalam membayarkan iuran setiap bulannya. Jika demikian, kapan sih batas waktu atau tanggal jatuh tempo bayar BPJS Kesehatan? Sesuai dengan prosedur yang berlaku, setiap peserta wajib melunasi premi paling lambat pada tanggal 10 setiap bulan.

Denda Telat Bayar BPJS Kesehatan

Advertisements

Lalu apa yang terjadi jika telat membayar tagihan BPJS Kesehatan? Jika melanggar batas waktu yang telah ditentukan maka status kepesertaan kalian akan di non-aktifkan sementara. Jika kalian telah bayar tunggakan iuran maka layanan BPJS Kesehatan bisa digunakan kembali.

Kemudian jika dalam waktu 45 hari setelah diaktifkan kembali status kepesertaan nya kalian mengalami masalah kesehatan dan harus menjalani rawat inap, maka ada denda sebesar 5% dari jumlah diagnosis dan dikalikan dengan jumlah tertunggak.

KESIMPULAN

Seperti itulah informasi dari Inspired2Write.com mengenai cara bayar BPJS Kesehatan di Mandiri Online. Kemudian kami ingatkan sekali lagi bahwa jumlah iuran setiap peserta berbeda-beda, tergantung jenis KELAS BPJS yang digunakan. Sebab, setiap kelas juga memiliki fasilitas dan pelayanannya masing-masing.

Semoga dengan adanya cara pembayaran yang lebih mudah, sebagai peserta BPJS Kesehatan kalian bisa selalu tepat waktu melunasi tagihan bulanan. Sebab, BPJS memiliki sanksi bagi siapa saja yang terlambat membayar premi bulanan.

Tinggalkan komentar