Categories: Perbankan

√ Bunga Shopee Paylater 2021 : Per Bulan & Cara Menghitung

Bunga Shopee Paylater – Sekarang ini belanja di Shopee bisa beli sekarang bayar nanti menggunakan layanan Shopee Paylater. Namun, untuk dapat belanja menggunakan Shopee Paylater, Anda mesti MENGAKTIFKAN SHOPEE PAYLATER terlebih dahulu.

Shopee Paylater menawarkan program beli sekarang bayar nanti dengan suku bunga kecil. Bunga ini dibebankan untuk penggunaan belanja menggunakan fitur cicilan 2, 3 hingga 6 bulan. Lantas berapa besar bunga Shopee Paylater untuk cicilan per bulan?

Penting bagi pengguna SPaylater untuk mengetahui besaran bunga cicilan per bulan. Dengan mengetahui besaran bunga per bulan, maka Anda bisa menganalisis berapa banyak angsuran atau cicilan yang mestinya Anda bayarkan selama jangka waktu cicilan.

Disisi lain untuk mengetahui besaran bunga yang dibayarkan, perlu perhitungan yang benar agar total pembayaran dan jangka waktu sesuai dengan ketentuan dari pihak SPaylater. Adapun untuk informasi bunga dan cara menghitung bunga SPaylater, simak di bawah ini.

Bunga Shopee Paylater

Advertisements

Sebelum menghitung bunga yang harus di bayar, Anda mesti tahu terlebih dahulu besaran bunga per bulan yang ditetapkan oleh pihak SPaylater. Shopee Paylater memberikan suku bunga cukup ringan. Pemberian keringan bunga ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, transaksi menggunakan Spaylater akan dikenai bunga sekecil-kecilnya 2,95% untuk program beli sekarang bayarnya nanti diselesaikan dalam jangka waktu 1 bulan dan cicilan dalam jangka waktu 2, 3, dan 6 bulan.

Jadi bunga Shopee Paylater yaitu sebesar 2,95%. Selain itu, Spaylater juga memberikan biaya penanganan sebesar 1% untuk setiap transaksi. Sementara itu, jika terjadi keterlambatan dalam hal pembayaran cicilan akan dikenakan denda sebesar 5%.

Dengan asumsi jika bunga sebesar 2,95%. Lantas berapakah total pembayaran yang harus dibayar? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, simak cara menghitung bunga Spalater di bawah ini.

Cara Menghitung Bunga Shopee Paylater

Advertisements

Setelah mengetahui besaran bunga SPaylater, sekarang kita coba menghitung berapa bunga yang harus di bayar. Sebenarnya menghitung bunga tidaklah sulit, asal tahu rumusnya saja. Nah, berikut ini inspired2write, akan mencontohkan cara menghitung lengkap dengan rumusnya.

Jadi, Anda tinggal ikuti saja perhitungan di bawah ini dan sesuaikan saja biaya serta jangka waktunya.

Sebagai contoh :

Advertisements
  • Bunga SPaylater : 2,95%
  • Pada contoh gambar di atas jumlah telah dibayarkan yaitu sebesar Rp. 194.021
  • Biaya transaksi sebesar Rp. 17.171
  • Jangka waktu 3 bulan

Sekarang, tentukan terlebih dahulu nominal bunga per bulan. Karena pihak SPaylater telah menentukan besaran bunga per bulan itu sebesar 2,95%. Tentu saja cara menghitungnya sangat mudah. Adapun cara menghitung bunganya kurang lebih seperti ini.

Rumus : Bunga × Jumlah yang telah dibayar

  • Dengan asumsi gambar di atas, maka : 2,95% × 194.021 = Rp. 5.723,61 per bulan.
  • Karena jangka waktu yang dipilih adalah 3 bulan, maka : Rp. 5.723,61 × 3 = Rp. 17.170,85 selama 3 bulan, sehinga diakumulasikan menjadi Rp. 17.171.
  • Namun, jika selama 2 bulan maka : Rp. 5.723,61 × 2 = Rp.11.447
  • Sedangkan, jika selama 6 bulan maka : Rp. 5.723,61 × 6 = Rp. 34.341

Lantas apakah contoh gambar di atas telah mendapatkan bunga yang sesuai. Nah, untuk menentukan apakah bunga yang diberikan sudah sesuai atau belum, berikut cara menghitung bunganya.

Dari contoh gambar di atas :

Rumus : Biaya Transaksi ÷ Jumlah yang telah dibayar

Maka perhitungannya :

  • 17.171 ÷ 194.021 = 0,0885
  • 0,0885 × 100 = 8,85%
  • 8,85 ÷ 3 = 2,95%

Jadi pada gambar di atas pengenaan bunga di atas sudah sesuai dengan ketentuan bunga yang diberikan oleh Shopee Paylater.

Cukup mudah bukan cara menghitung bunga SPaylater. Silahkan sesuaikan cara menghitung di atas dengan nominal tagihan Anda. Apakah bunganya sudah sesuai atau belum.

FAQ

Apakah Shopee Paylater Menyediakan Bunga 0%?

Ya, benar sekali, namun hanya untuk pembayaran jangka waktu 1 bulan.

Bunga Shopee Paylater Minimal Berapa?

Minimal 2,95%

Apakah Transaksi Menggunakan Shopee Paylate

Ya, Anda akan dikenai biaya penanganan sebesar 1% per transaksi.

Kesimpulan

Itulah informasi terkait bunga Shopee Paylater per bulan dan cara menghitung bunganya yang dapat inspired2write.com sajikan. Intinya, saat melakukan perhitungan, Anda harus tahu berapa jumlah pembayaran dan berapa lama jangka waktu serta biaya transaksinya. Jika ketiga nominal tersebut, sudah Anda ketahui, maka menghitung bunga akan lebih mudah.

Tinggalkan komentar