Categories: Perbankan

√ Biaya Deposito BCA 2021 : Setoran Awal, Syarat & Cara

Biaya Deposito BCA – Bank BCA menwarkan produk deposito perjangka diperuntukan bagi Anda yang berniat menyisihkan sebagian tabungan investasi. Tersedia pilihan produk deposito bank BCA yang bisa dibuka oleh nasabah BCA yaitu deposito rupiah dan deposito valas.

Dengan pilihan jangka waktu fleksibel mulai dari 1, 3, 6, 12 bulan serta suku bunga kompetitif, deposito BCA jadi pilihan investasi paling tepat. BCA sebagai salah satu BANK TERBAIK DI INDONESIA hadirkan produk deposito berjangka dengan beragam keuntungan.

Agar mendapatkan produk deposito, maka Anda harus membuka rekening deposito di kantor unit kerja BCA. Cara buka deposito BCA sangat mudah, cukup memenuhi syarat pembukaan rekening maka Anda sudah memiliki simpanan berjangka di bank BCA.

Namun tahukah Anda, bahwasanya produk deposito ini akan membebankan sejumlah biaya, meliputi biaya penempatan awal, biaya materai, tarif pajak dan lain sebagainya. Lantas berapa biaya deposito BCA? Simak selengkapnya pada artikel lengkap berikut ini.

Biaya Deposito BCA

Advertisements

Biaya administrasi deposito BCA dibebankan kepada setiap nasabah pemilik deposito. Besaran biaya yang dibebankan telah ditentukan oleh pihak bank BCA itu sendiri. Adapun informasi biaya deposito BCA lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Setoran Awal Deposito BCA

Advertisements

Biaya pertama berupa setoran awal minimum penempatan dana deposito. Adapun setoran awal deposito BCA yaitu sebagai berikut.

Deposito Rupiah

Minimum penempatan dana deposito rupiah yaitu sebesar Rp. 8.000.000,- baik perorangan, maupun yayasan.

Deposito Valas

Mata UangMinimal Penempatan
USD1.000
SGD2.000
HKD8.000
EUR1.000
GBP1.000
AUD2.000
JPY150.000
CNY7.000
Advertisements

Biaya Materai

Advertisements

Selain setoran awal, pembukaan deposiito juga akan dikenai biaya materai. Biaya materai biasanya dibebankan saat pembuatan bilyet deposito. Sekarang ini, nasabah BCA sebagai deposan diharuskan membayar materai Rp. 10.000,- per satu lembar bilyet deposito.

Perubahan tarif bea materai dari 6 ribu ke 10 ribu merupakan regulasi biaya materai terbaru. Biaya bea materai dalam UU No.10 Tahun 2020 hanya berlaku satu tarif sebesar Rp. 10.000 dan batasan nilai dokumen yang memuat uang di atas Rp. 5.000.000.-

Kebijakan baru ini merupakan bentuk pemihakan pemerintah, termasuk kepada UMKM. Artinya, jika minimum setoran awal deposito di atas Rp. 5.000.000 maka akan dikenakan biaya materai sebesar Rp. 10.000,-

Suku Bunga Deposito BCA

Advertisements

Seperti telah kami singgung sebelumnya, dimana deposito BCA menawarkan suku bunga kompetitif. Besaran bunga deposito BCA sekitar 3% – 6%. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan cek artikel inspired2write sebelumnya tentang BUNGA DEPOSITO BCA.

Tarif Pajak Deposito BCA

Advertisements

Atas penghasilan berupa bunga deposito dan tabungan serta diskonto Sertifikat Bank Indonesia akan dipotong Pajak Penghasilan (PPh) bersifat final. Besaran pajak yang dibebankan yaitu sebesar 20%. Tarif pajak tersebut dibebankan, jika dana deposito melebihi Rp. 7.500.000,-

Biaya Penalti Penarikan Dana Deposito Sebelum Jatuh Tempo

Advertisements

Bank BCA tidak membebankan biaya penalti untuk penarikan dana deposito sebelum batas waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. Pembebasan biaya ini diberikan demi kenyamanan investasi kepada nasabah, jadi jika ada keperluan khusus dana bisa ditarik kapanpun.

Syarat Pembukaan Deposito BCA

Advertisements

Pembukaan deposito BCA memerlukan beberapa syarat. Syarat syarat yang dibutuhkan buat membuka deposito tak jauh berbeda seperti persyaratan pembukaan rekening tabungan. Adapun syarat syarat yang diperlukan untuk membuka deposito BCA yaitu sebagai berikut.

  1. Melengkapi sekaligus menandatangani formulir permohonan.
  2. Membawa serta melampirkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku.
    • WNI : KTP/ Paspor serta NPWP.
    • WNA : KITAS/ Paspor.
  3. Memenuhi setoran awal.

Itulah syarat pembukaan rekening deposito BCA. Setelah mengetahui syarat pembukaannya, selanjutnya Anda bisa membuka deposito di kantor unit kerja BCA. Adapun cara bukanya yaitu sebagai berikut.

Cara Buka Deposito BCA

Advertisements

Cara buka deposito bank BCA, pada dasarnya sama seperti pembukaan rekening tabungan. Anda bisa mengunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk membuka simpanan berjangka. Nah, bagi Anda yang ingin membuka deposito BCA, silahkan simak cara di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi kantor cabang BCA terdekat.
  2. Kemudian, ambil nomor antrian dan tunggu hingga giliran.
  3. Setelah giliran Anda dipanggil, sampaikan kepada CS BCA bahwa ingin membuka deposito.
  4. Selanjutnya, serahkan persyaratan pembukaan deposito kepada CS BCA.
  5. Nantinya CS akan meminta Anda buat mengisi formulir dan menandatanganinya.
  6. Setelah itu, lakukan setoran awal minimum Rp. 8.000.000,-
  7. Nantinya, Anda akan dimintai tanda tangan di atas materai untuk penerbitan bilyet deposito.
  8. Selanjutnya, tinggal ikuti saja panduan dari CS, hingga proses pembukaan deposito selesai.

Itulah informasi terkait biaya deposito BCA beserta setoran awal, syarat dan cara membuka deposito yang dapat inspired2write.com sajikan. Dengan deposito, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat serta keuntungan lebih dibandingkan produk tabungan BCA. Mungkin hanya itu saja informasi dari inspired2write, semoga artikel di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar